Menguji Kembali Huawei P9 Lite, Lebih Baik dari yang Kami Duga

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 16 Oct 2016 15:34 WIB
review gadget
Menguji Kembali Huawei P9 Lite, Lebih Baik dari yang Kami Duga
Huawei P9 Lite.

Metrotvnews.com: Beberapa waktu lalu, Metrotvnews.com sudah menguji Huawei P9 Lite, dan kami menyatakan agak kecewa karena merasa seharusnya produk ini bisa lebih baik lagi. Pasalnya, ketika itu, selama penggunaan, saya merasa performa P9 Lite sedikit mengecewakan jika dibandingkan dengan spesifikasinya.

Setelah hasil review itu terbit, Huawei merespons dengan baik. Mereka menduga, unit yang kami uji memiliki masalah alias cacat bawaan, dan ternyata memang benar. Karena itu, kami sepakat untuk menguji kembali ponsel ini .


Desain

Masalah yang ada pada Huawei P9 Lite yang sempat saya uji beberapa waktu lalu bersumber pada antarmukanya yang tidak uptodate. Tidak ada masalah pada fisik dari Huawei P9 Lite. Karena itu, pendapat saya tentang penampilan Huawei P9 Lite tidak berubah. Dengan kerangka besi dan bagian belakang yang terbuat dari polycarbonate, sekilas, Huawei P9 Lite terlihat cukup mewah. Bagian belakangnya tidak terlihat seperti plastik. Namun, jangan bandingkan dengan ponsel premium yang menggunakan bodi metal dan kaca.



Mengingat ukurannya sama dengan Huawei P9, P9 Lite memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari Huawei P9. Satu perbedaan besar antara Huawei P9 dan P9 Lite adalah pada kameranya. Huawei P9 memiliki dual kamera yang merupakan hasil kerja sama Huawei dengan Leica. 


Software & Antarmuka

Huawei P9 Lite menggunakan Android 6.0 Marshmallow dengan EMUI 4.1.1. Antarmuka dari Huawei ini tidak dilengkapi drawer. Sama seperti P9 Lite sebelumnya, tidak banyak aplikasi bloatware yang ada pada P9 Lite.

Salah satu aplikasi bawaannya adalah Health, yang berfungsi layaknya fitness tracker. Saat Anda membawa P9 Lite, ia akan secara otomatis menghitung langkah Anda. Selain itu, Anda juga dapat memasang target olahraga Anda. 



Setelah memasang target, apakah Anda hendak melakukan olahraga ringan, menengah atau berat, aplikasi Health akan menghitungkan kalori yang perlu Anda bakar dan kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori tersebut. 

Huawei juga melengkapi P9 Lite dengan beberapa fitur yang biasa Anda temui pada ponsel lain, seperti pengoperasian dengan satu tangan dan voice control.


Kamera & Video

Perbedaan lain yang saya sadari adalah dari segi kamera. Gambar yang dihasilkan P9 Lite yang kami uji kali ini terlihat lebih tajam. Mengingat Huawei memang menyasar penggemar fotografi ponsel, mereka menanamkan banyak mode dalam P9 Lite, salah satunya adalah mode Pro, yang memungkinkan Anda untuk mengatur berbagai hal secara manual, seperti shutter speed dan ISO.

ISO bisa Anda atur dari 100 hingga 1600, sedikit di bawah ASUS ZenFone 3 yang menawarkan ISO dari 50-3200. Sementara untuk shutter speed, Anda bisa memilih dari 1/4000 sampai 8 detik. Sebagai perbandingan, ZenFone 3 menawarkan shutter speed dari 1/50000 sampai 32 detik. Tentu saja, perbandingan ini memang tak setara karena harga P9 Lite lebih murah dibandingkan ZenFone 3.

Anda juga bisa menggunakan manual focus. Menariknya, meski kamera berada dalam mode auto, Anda bisa mengubah tingkat kecerahan foto. Jadi, saat Anda hendak mengambil foto di tempat yang gelap, Anda bisa membuat gambar tampil lebih terang. 

Huawei P9 Lite

Saat Anda mengambil foto dengan zoom maksimal, maka kamera akan memakan waktu beberapa detik untuk mengambil gambar. Jika tidak ingin gambar menjadi kabur, pastikan kamera dalam keadaan stabil. Gunakan tripod jika perlu.

Ini contoh gambar zoom.

Huawei P9 Lite

Dari sekian banyak mode kamera P9 Lite, salah satu yang paling berguna adalah Night Mode. Seperti namanya, fitur ini akan membantu Anda untuk mengambil foto di malam hari.

Anda memang bisa menggunakan mode Pro dan menyesuaikan pengaturan kamera sehingga tetap dapat mengambil foto dengan bagus, meski di tempat yang remang-remang. Namun, dengan Night Shot, Anda tidak perlu lagi memikirkan pengaturan terbaik yang harus Anda gunakan.

Dengan Night Shot, Huawei P9 Lite akan mengambil gambar selama 10 detik, karena itu, pastikan perangkat tidak bergoyang. Ini hasil gambar dengan Night Shot.

Huawei P9 Lite

Huawei P9 Lite juga akan memakan waktu beberapa detik saat mengambil gambar dengan zoom maksimal. Lagi-lagi, pastikan perangkat tidak bergoyang. 

Keberadaan mode Pro memungkinkan Anda untuk mengambil long exposure, yang sangat berguna saat Anda mengambil gambar di malam hari. Mode ini juga memungkinkan Anda untuk membuat light painting. Namun, jika tidak ingin repot, Anda bisa langsung menggunakan mode Light Painting.

Huawei P9 Lite

Saat menggunakan mode ini atau hendak mengambil foto long exposure, gunakan tripod, karena jika ponsel bergoyang, gambar akan menjadi kabur. 

Huawei bukan satu-satunya vendor yang menanamkan fitur seperti ini pada ponselnya. ASUS juga melakukan hal yang sama pada ZenFone 3. Sama seperti ponsel kebanyakan, kamera depan Huawei P9 Lite dilengkapi dengan fitur Beautify.

Huawei P9 Lite

Menariknya, ia memiliki fitur Beauty Video, yang seperti namanya, memungkinkan Anda merekam dengan kamera depan dengan fitur Beautify dalam keadaan aktif. Anda bahkan bisa menaikkan atau menurunkan level Beautify saat video sedang direkam. 

Sayangnya, Huawei P9 Lite yang bisa merekam video beresolusi Full HD belum dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization). Secara keseluruhan, dan mempertimbangkan harganya, saya cukup puas dengan performa kamera Huawei P9 Lite. Selain menyediakan fitur Pro, Huawei juga menawarkan berbagai mode, memudahkan pemula untuk mengambil foto dengan berbagai keadaan.


Performa & Baterai

Salah satu hal yang paling mengecewakan ketika mencoba Huawei P9 Lite beberapa waktu lalu adalah performanya. Meski memiliki RAM 3GB, proses berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya sering mengalami lag, terutama setelah dipakai selama beberapa waktu, ketika smartphone sudah mulai dipenuhi dengan berbagai aplikasi.

Masalah itu tampaknya disebabkan antarmuka Huawei yang kurang optimal. Kali ini, saya tidak lagi menemukan masalah tersebut. Selama 2 minggu pemakaian, saya tidak menemukan masalah yang sebelumnya saya temui.

Saat diuji dengan benchmark sintetis, terdapat sedikit peningkatan performa Huawei P9 Lite kali ini. Jika sebelumnya pada benchmark 3DMark Unlimited ia mendapatkan nilai 11.334, sekarang ia mendapatkan nilai 11.933. Begitu pula dengan skor 3DMark Extreme, nilainya naik dari 7.293 menjadi 7.721. 



Meskipun hasil benchmark hanya menunjukkan sedikit peningkatan, dari segi pengalaman penggunaan, Huawei P9 Lite kini terasa lebih nyaman digunakan. Saya dapat membuka banyak aplikasi dan dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan lancar tanpa terhambat, sesuai dengan performa yang bisa diharapkan dari ponsel dengan RAM 3GB.

Sekarang, PCMark juga dapat dipasang tanpa ada masalah. Di bawah ini adalah grafik perbandingan ketahanan baterai Huawei P9 Lite dengan para pesaing di kelasnya.

Sebelum ini, karena PCMark tidak dapat terpasang, kami menggunakan perkiraan durasi dari GSM Arena, yaitu 11 jam. Namun, setelah diuji dengan PCMark, terlihat bahwa Huawei P9 Lite hanya dapat bertahan selama 8 jam 9 menit. 



Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, daya tahan baterai Huawei P9 Lite tidak kalah jika dibandingkan dengan smartphone lainnya. Ia hanya kalah dari ASUS ZenFone 3. Meskipun begitu, selama penggunaan, baterainya dapat bertahan cukup lama. Dalam penggunaan sehari-hari, saya tidak perlu khawatir baterainya akan habis di tengah hari.


Kesimpulan 

Tanpa masalah di software, Huawei P9 Lite memberikan performa yang cukup memuaskan. Dengan RAM 3GB dan Kirin 650, ia dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas tanpa perlu khawatir lag. Hasil fotonya juga cukup baik. 

Memori internalnya memang tidak terlalu besar, tapi, jika Anda rela mengorbankan satu slot SIM card, Anda bisa menambahkan memori dengan microSD. 
 
  Huawei P9 Lite
Prosesor Kirin 650 octa-core 4 x 2.0GHz, 4 x 1,7GHz
RAM 3GB
OS Android 6.0 Marshmallow
GPU Adreno 306
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 8MP, belakang 13MP
Dimensi 146.8 x 72.6 x 7.5mm
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,2-inci (1920 x 1080 piksel)
Harga Rp3.799.000
 

Huawei P9 Lite

 

7,8

  • Kamera kaya fitur
  • Performa baik
  • +
  • +
  • Bodi polycarbonate, terlihat kurang mewah
  • Tidak ada fitur OIS
  • -
  • -



(ABE)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /