Review Laptop

Satu Bulan Memakai ASUS ZenBook UX390

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 08 Jan 2017 15:23 WIB
asusreview laptop
Satu Bulan Memakai ASUS ZenBook UX390
ASUS ZenBook UX390.

Metrotvnews.com: ASUS bukanlah pemain baru dalam ranah teknologi berkat kehadiran berbagai perangkat yang ditawarkannya, baik dalam hal komputasi maupun komunikasi.

Tidak hanya menghadirkan perangkat dengan spesifikasi unggulan, ASUS juga mengklaim selalu berupaya menawarkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen.

Gaya hidup masyarakat dengan mobilitas tinggi menjadikan kebutuhan akan perangkat dengan desain kompak dan berbobot ringan semakin meningkat. Dan ASUS mencoba memenuhi hal tersebut melalui ZenBook UX390.

Desain
Dijuluki pesaing MacBook, ASUS ZenBook UX390 hadir dengan desain tipis, berketebalan 11,9mm pada bagian tertebalnya. Notebook ini juga hadir dalam balutan bahan metal bertekstur, menimbulkan kesan sederhana namun elegan saat pertama kali memandangnya.

Mengusung desain tipis, ASUS tetap mampu membenamkan layar seluas 12 inci dengan resolusi 2.304 x 1.440 piksel. Selain itu, Anda juga dapat menemukan lubang yang menghiasi di sepanjang bagian atas keyboard.

Di antara lubang tersebut terdapat lubang dengan pola membulat yang berfungsi sebagai speaker, sementara lubang lain sebagai pendukung estetika semata. Selain speaker yang juga menjadi pendukung estetika, ASUS juga menyematkan keunikan lain pada perangkat ini.

ASUS UX390

Keunikan lain tersebut terlihat pada penyematan tombol daya yang sejajar dengan tombol pada keyboard lainnya. Tombol itu terdapat pada ruang yang umumnya menjadi lokasi tombol Delete.

Di bagian bawah keyboard yang hadir dengan ketinggian tergolong dangkal, Anda dapat menemukan touchpad yang tergolong luas. Namun, akibat ukurannya tersebut, kami sering kali secara tidak sengaja menyentuhnya dengan telapak tangan saat sedang mengetik.
 
Demi hadir dengan dimensi tipis, ASUS menghilangkan sebagian besar port konektivitas seperti port USB, HDMI, ataupun LAN. Sebagai gantinya, ASUS menyediakan adapter USB Type-C yang mendukungnya di sisi kanan perangkat, berisi satu port USB, port HDMI, dan port daya, serta jack audio 3,5mm di sisi kiri.

ASUS UX390

Namun, dihilangkannya port LAN dapat dimaklumi mengingat perangkat ini ditujukan untuk pengguna bermobilitas tinggi dan lebih sering memanfaatkan konektivitas internet melalui Wi-Fi ketimbang via kabel.

Keunikan lain yang dihadirkan oleh ASUS pada ZenBook UX390 adalah melalui lampu indikator. Untuk indikator daya, Anda dapat menemukannya pada tombol daya, serta tepat di sebelah port USB Type-C. Sementara itu lampu indikator baterai berdampingan dengan indikator daya di sebelah USB Type-C.

Performa
Pada laptop ini, ASUS menanamkan dukungan prosesor Intel Core M i7-7500U 2,7GHz yang mengunggulkan konsumsi daya rendah, dengan RAM 16GB dan memori SSD PCIe 512GB, serta grafis Intel HD 520.

Perangkat ini juga berbekal layar 12,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, yang mampu menampilkan suguhan tampilan dengan kecerahan warna, ketajaman, dan detail yang baik. Tingkat kecerahan layar perangkat ini juga tergolong baik dan cerah untuk digunakan di luar ruangan.

Berbekal prosesor Intel i7, performa yang disuguhkan laptop ini tergolong cepat dan mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang memuaskan. Selama menggunakannya untuk melakukan aktivitas komputasi harian, tidak terasa gangguan lag. Ia berjalan dengan lancar saat beberapa aplikasi digunakan secara bersamaan seperti Notepad, Paint dan peramban secara bersamaan.



Performa yang baik ini juga terlihat dari skor hasil uji benchmark 3DMark Cloud Gate, yang berhasil meraih perolehan nilai sebesar 6219. Performa baik lainnya juga ditampilkan pada hasil uji benchmark PCMark dengan perolehan nilai sebesar 2490.



Sementara itu, hadir dengan desain tipis seolah mengharuskan ASUS membekali perangkat ini dengan keyboard berketinggian dangkal. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mengurangi kenyamanan saat menggunakan laptop ini.

Mengetik dengan keyboard ini terasa kurang nyaman akibat umpan balik dan pantulan kurang empuk yang disuguhkannya. Rasa nyaman saat menggunakan keyboard ini baru kami dapati setelah menggunakannya selama beberapa minggu.

Meskipun demikian, tombol pada keyboard ini hadir dengan ukuran cukup besar dan jarak yang sesuai. Ukuran dan jarak antara tombol pada keyboard tersebut turut membantu mengurangi kesempatan salah menekan tombol.

Tidak berbekal layar sentuh, ASUS juga menghadirkan sejumlah fungsi pada touchpad UX390. Misalnya, gerakan cubit (pinch) untuk melakukan zoom, serta menggeser dari sisi kiri ke kanan pada peramban untuk kembali ke halaman sebelumnya, dan dari sisi kanan ke kiri untuk mengakses halaman setelahnya.

Touchpad pada laptop ini tergolong responsif dan nyaman, berkat bahan yang cukup kesat dan berbekal kemampuan gestur dua dan tiga jari. Tombol klik kanan dan kiri juga cukup nyaman saat ditekan, meski ASUS tidak memberikan tanda tertentu untuk mewakilinya.



Sayangnya, pengalaman penggunaan yang menyenangkan ini kurang terdukung oleh performa baterai yang baik. Sebab pada pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark, ZenBook UX390 hanya mampu bertahan selama 2 jam 30 menit. Sedangkan pada penggunaan sehari-hari, perangkat ini mampu bertahan selama hampir 4 jam.

Fitur
Hadir dengan dimensi tipis tidak menghalangi ASUS membenamkan perangkat penyimpanan internal berkapasitas besar. Namun, ASUS tetap membekali laptop ini dengan aplikasi penyimpanan awan miliknya, yaitu WebStorage.



Diklaim berbekal sistem pendingin kipas liquid-crystal polimer berketebalan 0,3mm dan hotpipes tembaga berdinding 0,1 mm, perangkat ini tergolong cepat panas, terutama di bagian keyboard pada sisi kanan lokasi port USB Type-C berada.

Sementara itu, ASUS juga membekali laptop ini dengan dukungan audio karya Harman Kardon serta ASUS SonicMaster Premium Technology. Dukungan tersebut mampu menyuguhkan keluaran suara yang baik dan menyenangkan saat menikmati konten multimedia pada perangkat ini.

ASUS juga membekali laptop ini dengan teknologi Fast Charging, memungkinkan waktu pengisian baterai perangkat lebih cepat. Baterai ASUS ZenBook UX390 dapat terisi hingga penuh dalam kurun waktu selama sekitar 45 menit dari kondisi daya baterai kurang dari 5 persen.

Kesimpulan
ASUS ZenBook UX390 hadir dengan tampilan memanjakan mata berkat desain tipis yang diusungnya serta performa baik berkat dukungan prosesor Intel Core i7. Namun, ketidaknyamanan menggunakan perangkat ini dihadirkan oleh keyboard yang tergolong dangkal, serta daya tahan baterai yang tergolong singkat dari perangkat berharga cukup tinggi ini.

                                                                                                                                                 
  Asus ZenBook UX390
Ukuran Layar  12,5 inci (1920 x 1080 piksel)
Prosesor Intel Core i7 7500U 2,7GHz
GPU Intel HD Graphics 520
RAM 16GB
Penyimpanan  512GB SSD
Dimensi 296 x 191,2 x 11,9 mm
Bobot 900 gram
Baterai 6 Cell, 45WH
Harga Rp24.299.000
 

Asus ZenBook UX390

 

8

  • Desain elegan dan tipis
  • Bobot ringan
  • Performa baik
  • Harga mahal
  • Keyboard dangkal, kurang empuk
  • Baterai kurang tahan lama



(MMI)