Review Laptop

ASUS X555QA, Harga Terjangkau dan Bisa Diandalkan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 27 Dec 2017 17:15 WIB
asusreview laptop
ASUS X555QA, Harga Terjangkau dan Bisa Diandalkan
Asus X555QA masuk di kelas laptop berlayar 15,6 inci dengan bobot ringan yang dibanderol Rp6 juta.

Jakarta: Di penghujung tahun 2017 ASUS masih gencar merilis laptop terbarunya di Indonesia. Pada 16 Desember 2017 lalu ASUS memboyong salah satu dari 4 laptop terbaru yang menggandeng AMD, ASUS X555QA.

Kerja sama Asus dengan AMD kali ini untuk menambah jajaran produk laptop dengan harga terjangkau dan kemampuan yang tidak buruk. ASUS X555QA diposisikan sebagai laptop dengan harga terjangkau di kelas pemula. 

Seberapa bisa diandalkan laptop ASUS X555QA dengan posisinya sebagai laptop pemula? Berikut ulasan Medcom.id.



 

Desain

Melihat desain ASUS X555QA sebetulnya tidak ada yang istimewa. Desain yang dimilikinya masih serupa dengan kebanyakan produk laptop ASUS seri X. Meskipun begitu, desain ini tidak jelek dan sudah cukup memuaskan, masih terlihat mewah mengingat harganya yang terjangkau.

Menggunakan material plastik finishing desainnya sangat bagus dan terlihat kokoh. Seperti biasa, ASUS memberikan desain metal brush pada setiap bagian laptop ini, baik di lapisan luar layar serta bagian dalam pada penampang keyboard.



Memiliki ukuran layar 15,6 inci serta terdapat optical disc drive tentu membuat laptop ini lebar dan tebal. ASUS tampak berhasil memangkasnya sehingga bobotnya cukup ringan. Dengan dimensi 328 x 256 x 25,8 mm bobotnya hanya 2,3kg.

ASUS menyertakan keyboard yang lengkap dengan tombol numpad di bagian kanan. Tersedia ruang yang cukup luas untuk penampang tangan serta trackpad ASUS X555QA cukup nyaman untuk mengetik.



 

Fitur

Berbekal panel layar LCD berukuran 15,6 inci, ASUS X555QA dibekali resolusi layar 1366 x 768. Selama penggunaannya, layarnya sangat nyaman dengan kualitas warna yang cerah. 

Seperti yang sudah dijelaskan, ASUS berhasil memangkas bobot dari X555QA menjadi cukup ringan untuk digenggam dengan satu tangan, tanpa menghilangkan beberapa fitur tambahan yang ada di tiap sisi laptop ini.

Port yang dimiliki ASUS X5555QA sangat lengkap, mulai dari LAN, 1 port USB  2.0, 2 port USB 3.0, HDMI, VGA, dan lubang card reader yang mendukung jenis kartu memori SD, SDXC, dan SDHC. Tidak ketinggalan optical disk drive berupa super multi DVD.



ASUS X555QA juga dibekali built-in Bluetooth 4.0 yang mendukung proses berbagai data jauh lebih cepat dan juga koneksi Wi-FI Intergrated 802.11 AC dan 902.11 b/g/n. Dari sisi audio ASUS membenamkan SonicMaster. Kualitas suara yang dihasilkan cukup jernih dan bulat alias tidak pecah saat volume dimaksimalkan. 

 

Performa

Menjalin kerja sama dengan AMD, ASUS X555QA hadir dengan prosesor seri A. Prosesor yang digunakaan di laptop ini adalah AMD A10-9620P dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430. Prosesor ini bukan tergolong yang terjuat di jajaran produk AMD.

Kapasitas RAM yang disediakan sebesar 4GB dan 8GB, tapi yang Medcom.id terima untuk pengujian kali ini adalah ASUS X555QA dengan RAM 4GB. Untuk kapasitas penytimpanannya sendiri sebesar 1TB dengan jenis perangkat HDD.

Kapasitas RAM yang tersedia memang sesuai dengan harga. Ruang penyimpanan 1TB adalah nilai lebih yang bagi sebuah laptop yang digolongkan sebagai laptop harga terjangkau.

Untuk kartu grafisnya, sangat disayangkan laptop ini hanya dibekali dengan kartu grafis terintegrasi AMD Radeon R5 430 dengan video RAM 2GB. Alhasil dalam pengujian memainkan game kelas AAA laptop ini tidak kuat. Grafis yang muncul di bagian menu awal saja sudah patah-patah.



Saat diuji untuk menjalankan game Assassin's Credd: Black Flag laptop Asus X555QA mengalami grafis patah-patah yang cukup menggangu di konfigurasi tampilan grafis normal. Menurunkannya ke tingkat konfigurasi rendah cukup membantu.

Akhirnya saya memutuskan menjajal game DOTA 2 dan Counter Strike: Global Offensive, hasilnya baru di kedua game btersebut Asus X555QA bisa memainkan game dengan konfigurasi grafis tertinggi.

Beralih ke kebutuhan rendering foto atau video, dengan software Cinebench laptop ASUS  X555QA mampu melakukan proses rendering cukup baik dan masih bisa ditoleransi.

ASUS mengklaim X555QA mampu bertahan hingga 10 jam. Berdasarkan pengujian menggunakan software PC Mark laptop ini hanya mampu bertahan untuk pemakaian selama 2 jam 18 menit. Berdasarkan penggunaan langsung, ASUS X555QA juga tidak mampu bertahan hingga 5 jam.


Kesimpulan
ASUS X555QA memang bukan laptop gaming maupun laptop mainstream superior. Ada dua hal yang patut diperhatikan yakni dari spesifikasi dan harganya. Prosesor yang dipergunakan AMD mampu menyediakan kemampuan yang tidak jelek tapi juga tidak terlalu kuat.

Hal ini terlihat saat digunakan untuk memainkan game. Game ini tidak mampu untuk memainkan game kelas AAA yang kini ramai dirilis. Anda harus rela memainkan game yang tidak terlalu berfokus pada grafis. Harganya pun terbilang terjangkau sehingga spesifikasi yang diberikan bukan kelas superior.

Bagi Anda yang menginginkan laptop dengan layar besar tapi bobot ringan, ASUS X555QA sangat tepat. Selain itu laptop ini membawa fitur seperti port dan optical disk drive yang lengkap di saat laptop lain yang dibuat tipis justru harus merelakan dua fitur tadi hilang atau jumlahnya sedikit.
 
  Asus X555QA
Ukuran Layar 15,6 inci (1366 x 768)
Prosesor  AMD A10-9620P
GPU AMD Radeon R5 430
RAM 4GB
Memori Penyimpanan 1TB HDD
Bobot 2,3 kg
Harga Rp6.099.000
 
 
7.8
Asus X555QA
Plus
  • Ukuran layar lebar
  • Bobot ringan 
  • Desain cukup memuaskan
  • Fitur lengkap dengan optical disk drive
  • Kapasitas memori penyimpanan sangat besar.
Minus
  • Tidak bisa mainkan game AAA konfigurasi rendah
  • Daya tahan baterai tak bagus



(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.