Review Peripheral

Huawei E5673, Ringkas dan Baterai Awet

Mohammad Mamduh    •    Senin, 10 Jul 2017 11:13 WIB
huaweireview peripheral
Huawei E5673, Ringkas dan Baterai Awet
Mobile Wifi Huawei E5673

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobile WiFi atau MiFi sat ini termasuk satu perangkat pendukung yang cukup penting, terutama untuk konsumen yang memerlukan jaringan seluler secara konstan setiap saat. Anda sendiri juga melihat beberapa vendor telekomunikasi yang layanan mereka dengan menyertakan paket di dalam MiFi ini.

Sementara dari produsen perangkat, mereka juga pada akhirnya menyediakan bermacam-macam jenis MiFi dengan harga yang terjangkau. Huawei adalah vendor perangkat jaringan yang cukup getol dalam merilis perangkat Mifi. Huawei E5673 misalnya, ini adalah MiFi yang dipasarkan dengan menggandeng perusahaan telekomunikasi Smartfren Telecom. Seperti apakah performa dan fitur yang ditawarkan?

Huawei E5673 adalah MiFi portabel dengan bentuk yang sederhana. Begitu sederhananya sampai ia tidak mengadopsi layar. Namun, ini bukanlah kekurangan, mengingat tidak hanya ia ini yang memancarkan jaringan WiFi dalam ruang lingkup terbatas. Sebagai gantinya, Huawei E5673 menyediakan indikator berupa lampu kecil, yang sesungguhnya mengurangi konsumsi baterai. Ini tentu menjadi keuntungan karena membuatnya beroperasi lebih lama. 

Untuk Anda yang belum mengetahui, Huawei E5673 adalah penerus seri pendahulunya, E5573, dengan ciri khas yang sama, yaitu pemasangan tombol operasional di tengah bodi. Bedanya, Huawei E5673 memiliki indikator yang lebih banyak. MiFi memiliki empat indikator, yaitu SMS, sinyal, baterai. Terkait paket penjualan, MiFi ini dilengkapi kabel USB untuk mengisi baterai, manual, kartu Smartfren, kartu garansi, dan baterai yang terpisah.

Seperti yang sudah dijelaskan, Huawei E5673 dijual dalam paket dengan kartu Smartfren. Untungnya, Mifi juga mendukung jaringan operator lainnya, sehingga Anda bisa saja menggunakan kartu lain jika ingin berganti layanan.



Bagaimana dengan fiturnya? Huawei E5673 bisa terhubung langsung dengan perangkat pengguna, baik laptop atau gadget, dengan memilih SSID dan memasukkan kata kunci yang tertera di bodi belakang. Cukup banyak, MiFi ringkas ini bisa terhubung dengan maksimal 10 perangkat sekaligus. Anda tidak akan bisa menghubungkan perangkat ke-11 ketika sudah ada 10 perangkat yang masuk, dan Anda harus memutuskan koneksi salah satu perangkat jika ingin menghubungkannya.

?Ketika Anda melakukan pengaturan lebih jauh via browser, ?Huawei E5673 bisa menjadi perangkat WiFi Extender, dan ini berguna untuk Anda yang sedang tidak ingin menggunakan konektivitas seluler. Daya jangkauannya memang tidak sebesar router WiFi rumahan, dan esensialnya memang Anda tidak perlu berada cukup jauh dari perangkat ini. Gelombang WiFi yang terpancar menggunakan frekuensi 2,4GHz, dan ini cocok untuk semua jenis perangkat.

Secara operasional, Huawei E5673 mampu bertahan selama 6 jam. Namun, ini tergantung berapa banyak perangkat yang terhubung, kualtias sinyal, dan besarnya transmisi data yang digunakan. Semakin besar arus lalu lintas data, daya tahan baterai juga akan cepat berkurang. Di sisi lain, operasional 6 jam termasuk cukup lama untuk Anda yang bekerja secara mobile

Harga yang cukup bersaing, yaitu antara sekitar Rp500 ribu, membuatnya sebagai salah satu MiFi yang bisa diperhitungkan. Huawei E5673 adalah perangkat yang tepat untuk mereka yang sangat sangat memerlukan jaringan yang stabil dan daya operasional yang cukup lama. 
 

Huawei E5673 MiFi

  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Mendukung koneksi sampai 10 perangkat
  • Pengaturan cukup mudah
  • Antarmuka pengaturan kurang interaktif



(MMI)