Review Monitor

ASUS ROG Swift PG348Q, Super Canggih untuk Kaum Konglomerat

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 10 Jul 2017 22:19 WIB
review peripheral
ASUS ROG Swift PG348Q, Super Canggih untuk Kaum Konglomerat
ASUS ROG Swift PG348Q

Metrotvnews.com, Jakarta: Memilih monitor kadang memang lebih sulit ketimbang memilih komponen PC lainnya. Apalagi jika Anda merupakan profesional di bidang desain atau video editing yang memerlukan monitor dengan akurasi warna yang tinggi, namun masih suka bermain game yang membutuhkan respon cepat dan refresh rate tinggi.

Jarang memang monitor yang mampu memenuhi kebutuhan profesional dan gaming sekaligus, namun ASUS bisa membuktikannya melalui ROG Swift PG348Q.

Sesuai dengan namanya, ROG Swift PG348Q merupakan salah satu monitor gaming yang merupakan bagian dari keluarga produk Republic of Gamers. Monitor ini memang ditujukan untuk bermain game, namun secara mengejutkan ia juga sangat mumpuni untuk digunakan sebagai monitor desain dan multimedia.



ROG Swift PG348Q juga merupakan monitor dengan layar lengkung (curve), namun tingkat kelengkungannya tidak terlalu ekstrem. Bodinya sangat kokoh dan ia disokong oleh sebuah penyangga khusus dengan tiga kaki berbahan metal. Bodinya juga menggunakan desain ala ROG yang sangat khas, dan di bagian bawah penyangga utamanya terdapat logo ROG yang diproyeksikan melalui LED.

Secara teknis, ROG Swift PG348Q menggunakan panel IPS ultra-wide screen dengan rasio 21:9. Monitor gaming ini memiliki ukuran layar 27 inci dengan resolusi 3440x1440 pixel. Spesifikasi tersebut sudah membuat monitor ini nyaman untuk digunakan di berbagai kegiatan, termasuk gaming dan multimedia. Terlebih lagi dengan adanya dukungan teknologi G-Sync dan refresh rate 100MHz, Anda akan disajikan dengan pengalaman visual yang sangat halus tanpa tearing dan stuttering.



Sementara di bidang profesional, ROG Swift PG348Q menggunakan panel dengan tingkat akurasi warna sRGB hingga 100 persen. Tidak heran jika warna yang dihasilkan sangat baik. Karena warnanya sangat tajam, Anda juga akan bisa melihat detail grafis yang lebih baik ketika bermain game menggunakan monitor ini.

Satu lagi yang menjadi kelebihan monitor ini (dan yang paling saya suka) adalah kontrol menunya yang menggunakan kontrol analog di bagian belakang layarnya. Kontrol tersebut memungkinkan saya untuk mengakses menu pengaturan monitor ini dengan lebih mudah, bahkan ketika sedang bermain game.

Kesimpulan

ASUS ROG Swift PG348Q merupakan monitor gaming yang hampir sempurna. Selain dapat menampilkan warna dengan sangat baik, ia juga memiliki desain yang sangat menarik, kokoh, serta memiliki performa gaming yang mumpuni. Fiturnya juga melimpah, terutama untuk kegiatan gaming.

Di balik semuanya, Anda harus rela mengeluarkan dana hingga hampir Rp21 juta untuk mendapatkan monitor ini saja. Jumlah tersebut sama dengan Anda membeli satu PC lengkap dengan monitor standar dan peripheral dengan spesifikasi yang cukup untuk bermain game di 1080p.
 

ASUS ROG Swift PG348Q

  • Fitur lengkap
  • Warna tajam
  • Performa gaming sangat baik
  • Desain menarik dan kokoh
  • Mahal



(MMI)

Video /