Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 22 Apr 2018 08:04 WIB
opporeview gadget
Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Oppo F7

Jakarta: Oppo belum lama ini meluncurkan smartphone terbarunya, Oppo F7, dengan mengunggulkan kemampuan kameranya, terutama kamera depan. Tidak sekadar mengunggulkan kamera depan telah menjadi daya tarik utama pada produk pendahulunya, pada F7, Oppo membekalinya dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Teknologi diklaim Oppo mampu menyuguhkan hasil foto terbaik bagi Anda, pengguna perangkat, namun terlihat lebih alami. Tidak hanya teknologi AI, Oppo juga mengunggulkan performa yang baik pada ponsel cerdas ini. Lantas apa lagi yang dihadirkan Oppo F7? Simak lebih lanjut ulasan berikut untuk mengetahuinya.

 

Desain

Elegan menjadi kesan yang kami dapati saat pertama kali melihat Oppo F7, berkat balutan bahan mengkilat yang mendominasi bodi, terutama di bagian belakang. Menggunakan bahan plastik dan bukan metal seperti produk sebelumnya, Oppo F7 mampu menghadirkan kesan ringan saat smartphone digenggam dengan satu tangan.

Selain bagian belakang, kesan elegan juga disuguhkan oleh bagian depan yang didominasi oleh layar dan mengusung desain poni yang kini tengah menjadi tren. Berukuran lebih kecil jika dibandingkan produk berdesain serupa, poni Oppo F7 ini mampu menampung sejumlah komponen, seperti speaker telepon, kamera depan, dan sejumlah sensor.



Bodi Oppo F7 ini juga hadir dengan desain minim tombol fisik, hanya berbekal tombol daya di sisi kanan dan tombol volumen di sisi kiri. Untuk slot SIM dan kartu memori eksternal, Anda dapat menemukannya di sisi kanan, terletak di atas tombol daya.

Sementara itu, sisi atas bodi F7 dibiarkan bersih tanpa sematan jack audo 3,5mm yang dapat ditemukan di sisi bawah, mendampingi port USB Type-A dan speaker.

Untuk bagian belakang, Oppo menyematkan sensor pemindai sidik jari di bagian tengah atas, serta satu kamera di area sudut kanan atas yang didampingi oleh lampu flash.



Menyuguhkan kesan elegan, sayangnya bahan plastik mengkilat yang digunakan Oppo F7 ini mudah kotor akibat noda sidik jari yang mengurangi kesan cantik pada bodinya. Selain itu, bahan ini juga sedikit licin saat digenggam oleh tangan berkeringat, meski nyaman akibat sisi perangkat yang sedikit berlekuk dan cukup pas di tangan.

Selain itu, mendukung layar penuh yang diusungnya, Oppo turut menghilangkan tombol tiga menu utama di bagian bezel, dan menempatkannya di bagian layar. Bezel yang lebih tipis jika dibandingkan perangkat pendahulunya ini turut mendukung kesan elegan yang ditampilkan perangkat secara keseluruhan.



 

Software & Antarmuka

Oppo F7 sudah menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo, yang dilapisi antarmuka pengguna Oppo ColorOS 5. Antarmuka pengguna ini menampilkan ikon sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan perangkat lain dengan sistem operasi yang sama.

Kehadiran ikon aplikasi berukuran sedikit lebih besar selaras dengan layar penuh yang diusung Oppo F7 ini. Selain itu, antarmuka pengguna ini juga dibekali sejumlah perubahan dan gestur, salah satunya untuk mendukung pengalaman layar penuh yang menjadi salah satu faktor unggulan ponsel cerdas ini.



Salah satu pengaturan gestur ini memungkinkan Anda untuk mengubah cara menavigasikan tombol tiga menu utama. Pengaturan tersebut menghadirkan opsi memungkinkan Anda menyembunyikan tombol dan menggantinya dengan opsi gestur seperti usapan ke arah atas di bagian tertentu untuk menggantikan fungsi tombol.

Mendukung pengalaman saat menikmati konten pada layar luas tanpa khawatir ruang penampil terpangkas tombol, Anda akan membutuhkan waktu untuk dapat menghapal dan membiasakan diri dalam memanfaatkan gestur. Selain itu, perangkat ini juga didukung fitur Multitasking, yang disebut Oppo sebagai App-in-App.

Fitur ini berbeda dari model split-screen yang diusung perangkat sebelumnya, memungkinkan Anda mengakses dan berinteraksi pada aplikasi pesan instan, saat menyaksikan konten multimedia seperti YouTube atau Netflix, tanpa memaksa tampilan konten berkurang dari satu layar penuh menjadi setengah layar.

Dengan kata lain, aplikasi pesan instan akan tampil melayang di atas konten multimedia yang sedang disaksikan, sehingga Anda tidak perlu keluar dari konten untuk dapat membalas pesan dan berinteraksi dengan aplikasi pesan instan. Selain sensor pemindai sidik jari, Oppo F7 juga berbekal fitur keamanan Face Unlock, yang turut dibantu teknologi Artificial Intelligence.

 

Kamera & Video

Tidak hanya kamera depan, Oppo F7 juga mengunggulkan kamera belakang yang turut didukung oleh teknologi Artificiall Intelligence (AI). Kehadiran teknologi ini memungkinkan kamera menyuguhkan hasil foto dengan sentuhan fitur beautify yang lebih alami.

Selain mendeteksi wajah untuk fitur Beautify, teknologi AI pada kamera belakang Oppo F7 juga mampu mendeteksi obyek foto sebagai makanan, orang, pemandangan berupa pantai, langit dan lainnya, kemudian melakukan penyesuaian pada tingkat kecerahan, kontras warna, dan lainnya untuk menampilkan foto yang baik dengan tampilan natural.





Uniknya, teknologi AI pada kamera Oppo F7 ini mampu mendeteksi dan mengenali gender obyek yang tertangkap kamera, sehingga menampilkan hasil foto dengan penyesuaian yang tepat untuk masing-masing individu.

Meski tidak mengusung kamera ganda pada kamera belakang, Oppo F7 tetap mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh.



Anda juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan efek tersebut melalui pengaturan di bagian atas layar aplikasi kamera. Oppo juga menyuguhkan fitur HDR dan efek warna lebih cerah atau vivid, yang juga dapat diakses di bagian atas layar aplikasi kamera, dan dapat diaktifkan secara bersamaan.

Guna menambah kesenangan pecinta selfie, Oppo juga membekali fitur filter berisi gambar lucu, yang dapat diaplikasikan pada kamera depan maupun kamera belakang. Menariknya, berkat dukungan teknologi AI, filter lucu tersebut dapat diaplikasikan pada seluruh obyek dengan wajah yang terdeteksi oleh kamera.



Soal kualitas gambar, hasil foto kamera depan dan Oppo F7 tergolong baik, dengan kecerahan warna dan ketajaman yang juga baik, pada kondisi pencahayaan cukup. Namun, pada kondisi pencahayaan redup, noise sedikit terlihat pada hasil foto, terutama jika Anda melakukan zoom saat memotret.









Dengan Vivid Aktif



Dengan Vivid Nonaktif



 

Performa

Untuk urusan performa, bekal prosesor MediaTek Helio P60 pada Oppo F7 memungkinkannya menghadirkan pengalaman penggunaan tanpa banyak gangguan lag, selama menguji ponsel cerdas ini. Pergantian satu satu aplikasi ke aplikasi lain juga ditampilkan tanpa permasalahan berarti.

Meski digunakan dengan kondisi aktif, bodi belakang Oppo F7 tetap terasa sejuk, berkat bahan plastik yang membalut bodinya. Pengalaman memainkan game pada ponsel cerdas ini juga tergolong menyenangkan, terlihat dari suguhan gambar dengan detil tajam dan berfungsi tanpa gangguan lag selama memainkan game Ashpalt 8: Airborne.

Kesenangan memainkan game ini kian terdukung berkat penggunaan layar yang lebar. Sayangnya, beberapa kali layar ini kurang responsif. MediaTek Helio P60 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB juga memungkinkan perolehan nilai cukup baik pada hasil pengujian via aplikasi benchmark.



Dalam hasil pengujian benchmark menggunakan aplikasi 3DMark Slingshot, Oppo F7 memperoleh nilai 1702, sedangkan pada pengujian 3DMark Slingshot Extreme Open GL, perangkat ini memperoleh nilai 1079. Pada pengujian benchmark menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0, Oppo F7 memperoleh nilai sebesar 7421.

Menyoal baterai, Oppo membekali F7 dengan 3.400 mAh, yang mampu bertahan selama jangka waktu tergolong lama saat digunakan dalam keseharian. Pada aktvitas sehari-hari dengan kondisi penggunaan tergolong aktif melalui aplikasi whatsapp, Google Maps, kamera, dan lainnya, Oppo F7 mampu bertahan selama sekitar delapan hingga sembilan jam.



Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery Life, baterai Oppo F7 mampu bertahan selama kurang dari enam jam. Perangkat ini juga tidak dibekali dengan dukunga fitur Quick Charge, meski tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengisi perangkat dari kondisi daya baterai tersisa sekitar dua persen hingga penuh.


Kesimpulan
Secara keseluruhan, pengalaman penggunaan yang disuguhkan Oppo F7 menyenangkan, terlebih berkat dukungan teknologi AI yang secara otomatis mengaplikasikan tampilan lebih baik, baik pada hasil kamera depan maupun pada kamera belakang, serta dukungan sejumlah fitur seperti AI, HDR, dan Vivid pada kamera yang dapat diaktifkan secara bersamaan.

Tidak hanya itu, dukungan layar Full Screen turut menambah kesenangan saat menggunakan ponsel, terutama saat digunakan untuk menyaksikan konten video atau memainkan game. Layar beberapa kali kurang resposif, meski bukan saat menggunakan aplikasi game atau aktivitas berarti lainnya, sehingga tidak mengganggu keasikan bermain game.
 
  OPPO F7
Prosesor MediaTek Helio P60
RAM 4GB
OS Android 8.1 + ColorOS 5.0
GPU Mali-G72 MP3
Memori Internal 64GB
Kamera 16MP (belakang), 25MP (depan)
Dimensi 156 x 75.3 x 7.8 mm
Bobot 158 gram
Baterai 3.400 mAh
Layar 6,2 inci 1080 x 2280 pixel
Harga Rp4.199.000
 
 
8
Oppo F7
 
  • Hasil kamera baik, akibat dukungan teknologi AI
  • Layar Full Screen menyenangkan saat menikmati konten multimedia
Minus
  • Bodi belakang mengkilat mudah kotor oleh noda sidik jari



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.