Review Router

ASUS BRT-AC828, Pas untuk Pemilik Kafe

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 30 Aug 2018 14:17 WIB
asusreview peripheral
ASUS BRT-AC828, Pas untuk Pemilik Kafe
ASUS BRT-AC828.

Jakarta: Kebutuhan koneksi internet yang cepat meksipun terhubung dengan banyak perangkat sekaligus menggambarkan kebutuhan kemampuan dari sebuah perangkat router, khususnya di segmen bisnis.

ASUS cukup jeli. Setelah merilis router canggih RT-AC5300 untuk gamer, kini hadir router yang ditujukan kepada kebutuhan bisnis, ASUS BRT-AC828. Menurut Medcom.id, produk ini sangat pas digunakan tidak hanya di perkantoran skala kecil seperti startup tapi juga cafe.

Pertama, dari sisi desain router ASUS BRT-AC828 memang memiliki desain yang sangat kuat mengesankan bahwa router ini termasuk dari segmen yang paling tinggi, mungkin termasuk harganya yakni sekitar Rp8 juta berdasarkan informasi di internet.

ASUS BRT-AC828 hadir dengan dimensi bodi 200 x 300 mm serta ketebalan 49,5 mm dan memiliki empat antena eksternal detachable. Perangkat ini juga menyediakan lubang di bagian bawahnya untuk dipasang mounting atau posisi vertikal menempal di dinding.



Router ini hadir dengan teknologi transmisi 4x4 MIMO fitur Dual Band (2,4GHz dan 5GHz) yang mendukung standar koneksi jaringan AC2600, artinya router ini mampu menyediakan bandwith koneksi hingga 2.600Mbps atau setara 2,6Gbps.

Hal ini koneksi internet yang diterima dan disalurkan lewat ASUS BRT-AC828 tetap cepat, meskipun terhubung ke beberapa perangkat dalam jumlah yang sangat banyak, mencegah terjadinya bottleneck.

ASUS BRT-AC828 juga menyediakan dua port WAN atau yang disebut DUAL WAN. Jadi router ini mampu menerima dua sumber internet untuk menunjang fitur load balancing saat perangkat yang terhubung ke WiFi router sangat banyak. Router bisa menyediakan bandwidth yang lebih besar.



Ditambah fitur Dual WAN ASUS BRT-AC828 juga mendukng fitur failover. Router bisa terhubung dua sumber internet dari ISP yang berbeda. Saat salah satu sumber koneksi internet kualitasnya buruk maka secara otomatis ASUS BRT-AC828 akan mengandalkan koneksi WAN satu lagi.

ASUS BRT-AC828 memiliki delapan port LAN sehingga bisa diperluas lagi jangkauan koneksinya bahkan ASUS mengklaim router ini mendukung koneksi Wi-Fi hingga 250 koneksi secara simultan.

Produk ini juga memiliki port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk dipasang dongle modem 4G LTE sebagai sumber koneksi internet.



Berdasarkan pengalaman Medcom.idm router ini sangat mudah proses pemasangannya dengan tampilan antarmuka ASUSWRT yang sederhana, tapi lengkap dengan penjelasan setiap opsi konfigurasinya.

Medcom.id memasangnya di ruang kerja Medcom Tekno yang berada di lantai lima. Berdasarkan pantauan kami kualitas sinyalnya masih sangat kuat untuk hingga dua lantai dalam kondisi bahwa ruangan kantor kami memiliki banyak perangkat komputer temasuk jaringan WiFi dari router lainnya.

Pada lantai dua dan satu, kualitas kekuatan sinyalnya mulai melemah dengan menyisakan dua bar atau garis dan jangkauannya tidak lagi luas. Satu fitur tambahan yang paling menarik dan sangat membantu adalah ASUS BRT-AC828 menyediakan fitur untuk menyediakan koneksi WiFi gratis dengan landing page yang bisa dikustomisasi.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi penggunanya yang memiliki bisnis cafe. Jadi Anda bisa menentukan durasi serta kecepatan koneksi yang disediakan serta mendesain tampilan landing page atau wajah situs untuk terhubung ke WiFi gratis yang kafe Anda sediakan.

Proses kustomisasinya juga tidak cukup sulit. Di dalam antarmuka ASUSWRT disediakan demo singkat pengaturan koneksi serta alat untuk mendesain halaman landing page atau situs WiFi gratis kafe Anda.



Karena ASUS BRT-AC828 mampu menyediakan koneksi WiFi untuk perangkat yang sangta banyak termasuk penggunaan sebagai penyedia WiFi di cafe maka ASUS tidak lupa menyediakan fitur keamanan dan pemantau lalu lintas penggunaan yang sangat lengkap didukung teknologi perusahaan keamanan Trend Micro.

Tidak ketinggalan, router sekelas ASUS BRT-AC828 juga tentunya menyediakan opsi penyimpanan data yang memudahkan untuk setiap perangkat berbagai data lewat koneksi WiFi, misalnya dalam kasus penggunaan di perkantoran.



ASUS BRT-AC828 menyediakan slot M.2 SSD yang bisa menyajikan kecepetan akses data lebih cepat ketimbang menggunakan perangkat penyimpanan data yang dihubungkan lewat port USB.

Kesimpulan
Melihat seluruh fitur dan performa yang disajikan Medcom.id sulit untuk menyatakan bahwa router ASUS BRT-AC828 adalah produk yang buruk. Produk ini sudah sangat menjawab kebutuhan koneksi internet di kalangan bisnis seperti perusahaan dan kafe.

ASUS BRT-AC828 tampak sangat cocok bagi kafe yang ingin menyediakan koneksi internet bagi pengunjung mengingat sata ini konsumen sebuah kafe biasanya akan menilai kualitas layanan cafe slaah satunya dari ketersediaan koneksi WiFi gratis serta kecepatan WiFi tersebut.
 
 
ASUS BRT-AC828
Plus
  • Fitur Dual WAN dan Dual Band Gigabit
  • Tersedia 8 port LAN Gigabit
  • Antarmuka mudah dimengerti
  • Fitur desain halaman layanan WiFi gratis
  • Kualitas koneksi memuaskan
Minus
  • Harga






 


(MMI)

Nokia 6.1 Plus, Pilihan Pemburu Android One
Review Smartphone

Nokia 6.1 Plus, Pilihan Pemburu Android One

6 hours Ago

Nokia 6.1 Plus jadi smartphone Android One yang layak menjadi pilihan di antara merek lainnya.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.