Review Prosesor

AMD FX-8370, Prosesor Lawas yang Masih Hebat

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 13 Oct 2016 22:57 WIB
review prosesor
AMD FX-8370, Prosesor Lawas yang Masih Hebat
AMD FX-8370

Metrotvnews.com, Jakarta: Hardware dengan teknologi lama memang akan selalu kalah oleh produk baru. Namun, bukan berarti hardware lawas selalu tidak bisa digunakan untuk berbagai penggunaan layaknya hardware berteknologi baru.

Prosesor AMD FX-8370 adalah contohnya. Meski masih menggunakan teknologi lama, prosesor ini masih mampu menghadirkan performa yang cukup mumpuni untuk kebutuhan saat ini.



AMD FX-8370 merupakan prosesor yang sudah cukup lama ada di pasar. Prosesor ini pertama kali dirilis tahun 2014, tetapi paket penjualannya diperbarui dengan hadirnya sistem pendingin Wraith. AMD FX-8370 masih menggunakan arsitektur Vishera 32nm. Tentu saja, secara teknologi prosesor ini kalah telak dengan berbagai prosesor terbaru yang sudah menyentuh arsitektur 14nm.

Prosesor dengan teknologi "jadul" ini tergolong hebat untuk zamannya. Selain memiliki 8 thread, AMD FX-8370 juga mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,3GHz. Ia juga memiliki L3 cache 8MB, dan telah mendukung penggunaan memori DDR3 hingga kecepatan 1866MHz. Ia masih menggunakan socket lama AMD AM3+.



Salah satu keunggulan prosesor ini adalah sistem pendinginnya yang kini telah dilengkapi dengan Wraith. Pendingin tersebut hadir dengan desain baru yang performanya jauh lebih baik daripada pendingin standar AMD sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan mengenai pendingin Wraith di artikel kami sebelumnya.

Bagaimana dengan performanya?

AMD FX-8370 memang boleh jadi merupakan prosesor lama yang masih menggunakan teknologi arsitektur 32nm, namun performanya masih cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan komputasi saat ini.

Hal tersebut bisa terlihat dari performanya ketika digunakan untuk memainkan berbagai macam game terkini, mulai dari GTA V, The Witcher 3, DOOM, hingga Deus Ex: Mankind Divided.



Diuji menggunkan motherboard MSI 970 Gaming, RAM DDR3 8GB, dan kartu grafis ASUS STRIX Radeon R9 390X, AMD FX-8370 terbukti masih bisa menemani kami bermain game tersebut dengan sangat lancar. Bahkan di game DOOM, kami sempat mencatat framerate hingga 90fps menggunakan API Vulkan. Tentunya untuk sebuah prosesor dengan teknologi lama, hal tersebbut tergolong memuaskan.

Performa AMD FX-8370 yang cukup kuat juga dibuktikan ketika diuji menggunakan Cinebench R15. Prosesor ini berhasil meraih 627 poin. Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dari hasil pengujian prosesor AMD Athlon X4-860K yang justru umurnya lebih muda dari prosesor ini.



Sementara pada pengujian menggunakan PCMark, FX-8370 mampu meraih skor 3.519 poin. Cukup tinggi, namun masih kalah telak oleh prosesor pesaing yang ada saat ini seperti Intel Core i7-6600K yang mampu menghasilkan hingga lebih dari 5.700 poin. Performa tersebut membuktikan prosesor ini masih kurang efektif jika digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti video editing.

Kesimpulan

Meski merupakan prosesor lama yang hanya diberi pemanis berupa sistem pendingin baru, AMD FX-8370 terbukti masih cukup mumpuni untuk menemani sesi bermain game Anda. Apalagi jika ia disandangkan dengan kartu grafis yang sepadan. Di sisi lain, Anda tidak bisa menggunakan berbagai teknologi baru pada platform prosesor ini, seperti penyimpanan via M.2 SSD.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /