Review VGA

Sapphire Radeon RX480 Nitro+, Rasa Lama Performa Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 17 Nov 2016 21:15 WIB
review kartu grafis
Sapphire Radeon RX480 Nitro+, Rasa Lama Performa Baru
Sapphire Radeon RX480 Nitro+

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelumnya kami memang sudah cukup banyak mengulas kartu grafis AMD Radeon RX480, termasuk pengujian dengan mode Crossfire atau kartu grafis ganda. Hasilnya tergolong sangat memuaskan untuk sebuah kartu grafis dengan kisaran harga Rp3 juta. Namun, kartu grafis tersebut merupakan versi reference dan di pasar telah terdapat berbagai versi lain yang memiliki performa lebih kencang.

Sapphire Radeon RX480 Nitro+ adalah salah satunya. Kartu grafis ini hadir dengan peningkatan performa yang cukup signifikan dari versi reference. Hal tersebut tidak mengejutkan karena kartu grafis seri Nitro+ dari Sapphire memang dikenal dengan performanya yang lebih kencang.



Secara desain, bodi RX480 Nitro+ tidak berbeda jauh dengan kartu grafis seri nitro sebelumnya. Kartu grafis ini menggunakan bodi metal dengan dua kipas berdiameter 95mm. Bentuknya sangat mirip dengan saudaranya yang lain, seperti NITRO R7 370 4G atau Nitro R9 380 4G yang telah kami ulas sebelumnya. Ini membuat RX480 Nitro+ terkesan membosankan dari segi tampilan.

Meski demikian, bukan berarti RX480 Nitro+ tidak menawarkan sesuatu yang baru. Kartu grafis ini menggunakan sistem pendingin yang telah ditingkatkan performanya, meski secara kasat mata tidak memiliki perubahan tampilan. Sistem pendingin baru ini diklaim 10 persen lebih senyap dan memiliki aliran udara lebih baik dari pendahulunya.



Menariknya, kipas pada kartu grafis ini bisa dilepas dengan mudah berkat sistem Quick Connect. Sistem tersebut hanya membutuhkan satu sekrup saja untuk melepas kipas dari tempatnya. Ini memudahkan pengguna untuk membersihkan kipas kartu grafis yang merupakan salah satu sarang debu di PC. Kipas pada RX480 Nitro+ juga dapat menyesuaikan putarannya secara otomatis sesuai dengan suhu kartu grafis.

Bagaimana dengan performanya?

Sapphire Radeon RX480 Nitro+ hadir dengan GPU Polaris yang memiliki 2304 Stream Processors dan dibuat menggunakan arsitektur 14nm FinFET. Kartu grafis ini memiliki memory bus 256-bit dan total memori 8GB GDDR5. Sama seperti kartu grafis Radeon RX 480 lainnya, RX480 Nitro+ juga telah mendukung penggunaan teknologi virtual reality.



Bedanya, kartu grafis ini tampil lebih kencang dari versi reference. Ia hadir dengan boost clock hingga 1.342MHz, lebih kencang dari versi reference yang hanya memiliki boost clock sebesar 1.266MHz. Performa tersebut masih bisa ditingkatkan melalui overclocking yang bisa dilakukan secara langsung dari Radeon Software Crimson.

Performa yang lebih tinggi juga tidak ditunjukkan di atas kertas saja. Melalui beberapa pengujian, RX480 Nitro+ memang tergolong sebagai kartu grafis yang kencang. Di pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike, kartu grafis ini berhasil menghasilkan skor hingga 11.236 poin atau 763 poin lebih unggul dari RX 480 versi reference.



Meski demikian, pengujian game menunjukkan hasilnya tidak jauh dari RX 480 versi reference dan menunjukkan peningkatan beberapa frame per detik saja. Namun, secara garis besar, kartu grafis ini mampu melibas berbagai game terkini dengan pengaturan grafis maksimal di resolusi 1080p dengan sangat baik.

Kesimpulan

Sapphire Radeon RX480 Nitro+ memiliki performa yang sangat baik untuk kartu grafis di kelasnya. Kartu grafis ini juga telah mendukung teknologi VR dan hadir dengan harga yang sangat kompetitif. Sayangnya, bentuk bodinya terlihat agak membosankan dan lebih cocok untuk Anda yang tidak suka pamer komponen PC.
 
  Sapphire Radeon RX480 Nitro+
Chipset Polaris
Memori 8GB GDDR5
Boost Clock 1342 MHz
Memory Clock 2000 MHz
Interface 256-bit
Harga Rp3,7 juta


Sapphire Radeon RX480 Nitro+
  • Performa kencang
  • Harga bersaing
  • Pre-overclocked
  • Tampilan agak membosankan 



(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /