Review HDD

Seagate IronWolf 12TB, Kencang dan Banyak Fitur Untuk NAS

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 30 May 2018 14:43 WIB
seagatereview peripheral
Seagate IronWolf 12TB, Kencang dan Banyak Fitur Untuk NAS
Seagate IronWolf 12TB HDD.

Jakarta: Seagate memiliki rangkaian produk perangkat penyimpanan data yang cukup lengkap.  Seri IronWolf dihadirkan oleh Seagate untuk digunakan perangkat seperti NAS maupun PC.

Seri IronWolf 12TB HDD kali ini memang masih berada di bawah versi yang lebih tingginya, yakni IronWolf Pro. Ini juga merupakan seri terbaru yang disebut sebagai NAS HDD seri entry level yang menawarkan ketahanan lebih baik.

Seagate IronWolf 12TB HDD hadir mengusung form factor HDD 3,5 inci dengan ukuran standar seperti HDD milik Seagate lainnya dengan dimensi cukup tebal. Meskipun begitu, ukuran dimensinya hanya agak lebih tebal dari Barracuda Pro 10TB HDD yang semapt kami ulas.

Perangkat ini hadir dengan interface SATA 6Gbps kepecapatan putar keping disk late di dalamnya mencapai 720-RPM dengan laju data terus menerus maksimal 210MBps, serta memiliki cache kapasitas 256MB.

Seagate IronWolf 12TB HDD memdukung penggunaan NAS dengan jumlah satu hingga delapan bay yang tiap unitnya mendukung beban kerja hingga 180TB per tahun.



Mengingat pengunaan perangkat ini untuk NAS yang beroperasi selama 24 jam dalam tujuh hari, Seagate IronWolf 12TB HDD dirancang dengan memiliki daya operasi yang cukup rendah, rata-rata 7,8W dan dalam kondisi idle menjadi 5W.

Pihak Seagate mengklaim bahwa perangkat tersebut memiliki waktu rata-rata sebelum kerusakan mencapai satu juta jam yang didukung garansi tiga tahun.

Berdasarkan pengujian menggunakan software CrystalDiskMark dengan skenario menggunakan file berukuran 1GB yang dibagi dalam lima segmen, diperoleh hasil bahwa Seagate IronWolf 12TB HDD mampu menyajikan kecepatan baca sequential hingga 269MBps dan kecepatan tulis sequential hingga 267,3MBps.



 
  Read (MB/s) Write (MB/s)
Seq Q32T1 269.6 267.3
4KiB Q8T8 2.676 3.234
4KiB Q32T1 2.840 3.264
4KiBQ1T1 0.908 3.084

Beralih ke pengujian kompresi dan ekstraksi file berukuran 1GB yang terdiri beragam jenis konten atau file, perangkat ini mencatat waktu kompresi yang dibutuhkan hanya 40 detik, sementara waktu yang dibutuhkan ekstraksi hanya 13 detik. Catatan waktu ini tergolong singkat dan bagus.

Sebagai tambahan, mengingat penggunaan Seagate IronWolf 12TB HDD ditujukan untuk NAS, Seagate mengoptimalkan perangkat ini mendukung teknologi AgileArray yang memungkinkan penyeimbangan bidang ganda dan optimisasi RAID. Selain itu juga terdapat sensor Getaran Rotasi yang menjamin performanya tetap optimal meski terjadi guncangan.

Karena pengguna NAS sangat detil dalam memperhatikan kondisi perangkat storage yang terpasang, Seagate IronWolf 12TB HDD juga dilengkapi software IronWolf Health Management yang menyediakan fitur pemulihan serta pemantauan kondisi kesehatan perangkat.

Kesimpulan
Seagate IronWolf 12TB HDD yang dibanderol dengan harga Rp6 juta, jelas bisa menjadi alternatif pilihan HDD berkapasitas besar untuk digunakan pada NAS. Berdasarkan hasil pengujian Medcom.id hasil kecepatan tulis dan bacanya tergolong cepat selain itu catatan waktu kompresi dan ekstraksinya juga menunjukkan performanya yang tergolong baik.

Beban kerja yang hanya mampu mencapai 180TB per tahun tergolong kurang lama mengingat perangkat ini digunakan pada NAS yang aktif bekerja 24 jam selama tujuh hari nonstop.

Meskipun begitu, dari sisi fitur pendukung Seagate IronWolf 12TB HDD masih memiliki dukungan teknologi pemulihan serta software pemantau kondisi kesehatan yang serupa seperti seri yang lebih tingginya yakni IronWolf Pro.
 
 
 
Seagate IronWolf 12TB HDD
Plus
  • Performanya cukup baik
  • Kapasitas besar dengan harga yang masih tergolong wajar
  • Tersedia fitur untuk menjamin kondisi kesehatan perangkat
Minus
  • Beban kerja atau lifecycle yang kurang panjang



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.