Review Prosesor

AMD Athlon X4 870K, Ekonomis untuk Gamer

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 21 Sep 2016 23:49 WIB
review prosesor
AMD Athlon X4 870K, Ekonomis untuk Gamer
AMD Athlon X4 870K

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi gamer, performa prosesor termasuk hal utama yang paling diperhitungkan. Sayangnya, tidak semua gamer memiliki dana besar untuk membeli sebuah prosesor dengan performa tinggi. Solusinya adalah mencari prosesor harga terjangkau namun masih bisa menopang berbagai teknologi terkini.

Lini prosesor AMD memang sangat dikenal sebagai prosesor untuk gamer dengan dana terbatas. Sebelumnya, kami telah mengulas prosesor AMD Athlon X4 880K yang memiliki performa cukup kencang untuk keperluan gaming, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Kali ini kami akan mengulas saudaranya, yaitu Athlon X4 870K.



Sama seperti Athlon X4 880K, prosesor ini sama sekali tidak memiliki chip grafis terintegrasi, sehingga Anda harus menggunakan kartu grafis terpisah agar PC dapat berjalan. Hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda adalah seorang gamer, karena tentunya PC yang digunakan akan dipasangi kartu grafis.

Ketidakhadiran chip grafis terintegrasi juga memberikan kerugian dan keuntungan tersendiri bagi prosesor ini. Kerugiannya adalah PC akan selalu bergantung kepada kartu grafis agar bisa beroperasi. Dengan demikian, konsumsi daya akan tinggi karena semua proses grafis akan dijalankan oleh kartu grafis meskipun Anda tidak sedang bermain game.



Di sisi lain, Anda akan diuntungkan dari sisi performa. Prosesor yang tidak memiliki chip grafis terintegrasi memiliki kemampuan proses yang lebih baik dari prosesor AMD A-Series.

Athlon X4 870K bukan prosesor baru. Ia masih menggunakan arsitektur Kaveri 28nm atau satu generasi lebih rendah dari Athlon X4 835 dan 845 yang menggunakan arsitektur Carrizo. Prosesor ini memiliki kecepatan hingga 3,9GHz dengan turbo boost hingga 4,1GHz.



Athlon X4 870K juga menggunakan konfigurasi quad-core dan dapat digunakan bersama memori DDR3 dengan frekuensi maksimal di 1866MHz. Salah satu kekurangan lain di prosesor ini adalah konsumsi dayanya yang cukup besar, yaitu hingga 95W.

Untuk urusan gaming, prosesor ini sudah cukup mumpuni. Ketika disandangkan dengan kartu grafis Radeon R9 390X, prosesor ini mampu menjalankan berbagai game terkini dengan sangat lancar. Bahkan rata-rata framerate bisa mencapai 50 hingga 60 fps di pengaturan grafis tertinggi.



Sementara di pengujian menggunakan PCMark 8 dan Cinebench R15, prosesor ini terlihat memiliki performa hingga dua kali lipat lebih besar dari AMD A8-7670K yang merupakan prosesor A-Series yang memiliki chip grafis terintegrasi. Pengujian menggunakan SuperPi 32MB juga menunjukkan hasil yang serupa, sehingga dapat disimpulkan prosesor ini cukup baik untuk menemani sesi gaming Anda.

Namun bagaimana jika performanya dibandingkan dengan Athlon X4 880K yang masih merupakan satu saudara dengan prosesor ini? Dari hasil pengujian yang kami lakukan Athlon X4 870K memang masih belum mengungguli Athlon X4 880K. Meski demikian, selisih performanya juga sangat tipis. Bahkan bisa dikatakan hanya 0,02 persen menurut skor Cinebench R15.



Hal tersebut memang wajar karena Athlon X4 880K memiliki clock speed 100MHz lebih tinggi dan harganya sekitar Rp100 ribu lebih mahal. Satu hal yang membuat Athlon X4 880K lebih unggul dari Athlon X4 870K adalah ia telah hadir dengan pendingin Wraith yang performanya jauh lebih baik. Sementara prosesor ini (Athlon X4 870K) hanya dilengkapi dengan pendingin standar AMD.

Kesimpulan

AMD Athlon X4 870K memang merupakan prosesor yang bisa dijadikan pilihan untuk gamer dengan dana terbatas. Dengan kisaran harga di Rp1,1 juta ia terbukti cukup kuat untuk diajak bermain game-game terkini.

Meski demikian, kami masih tidak merekomendasikannya untuk Anda. Mengapa? Bagi kami akan sangat lebih baik jika Anda memilih menggunakan Athlon X4 880K. Selain mendukung RAM dengan frekuensi lebih tinggi, prosesor tersebut juga telah hadir dengan sistem pendingin yang jauh lebih baik. Harganya juga tidak jauh berbeda, hanya selisih Rp100 ribu.


(MMI)

Video /