Review Prosesor

Seberapa Hebat Prosesor AMD Ryzen 5?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 12 Apr 2017 23:15 WIB
amdreview prosesor
Seberapa Hebat Prosesor AMD Ryzen 5?
Ryzen 5 kini telah tersedia di pasar

Metrotvnews.com, Jakarta: Tren live streaming ternyata bukan hanya populer di kalangan sosialita. Para gamer sebenarnya telah lebih dulu mempopulerkan tren tersebut melalui berbagai platform seperti Twitch dan YouTube. Perkembangan tersebut pada akhirnya membuka pasar baru.

Streamer dengan kemampuan penyajian konten yang baik akhirnya terkenal, bahkan mereka bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut. Tidak heran jika banyak gamer yang juga mencoba untuk terjun ke pasar ini.

Menjadi seorang game streamer tentu tidak hanya harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengerti game dengan baik. Mereka juga harus memiliki PC yang memadai karena selain bermain game, mereka juga harus menyiarkannya secara langsung. AMD melihat peluang tersebut dan memasarkan prosesor Ryzen 5 terbarunya dengan menyasar para game streamer tersebut.



Ryzen 5 merupakan varian prosesor baru AMD yang tepat berada di bawah Ryzen 7 yang telah kami ulas beberapa waktu lalu. Prosesor ini masih menggunakan arsitektur Summit Ridge yang sama dan masih memiliki beragam fitur yang ada di Ryzen 7, mulai dari Simultaneous Multithreading, Precision Boost, dan fitur overclocking. Bedanya, Ryzen 5 memiliki konfigurasi core dan thread yang berbeda.

Ada dua prosesor yang kami uji kali ini, yiatu Ryzen 5 1600X dan Ryzen 5 1500X. Meski sama-sama menggunakan nama Ryzen 5, namun keduanya sangat berbeda. Ryzen 5 1600X hadir dengan konfigurasi enam core dan 12 thread, sementara Ryzen 5 1500X hanya memiliki 4 core dan 8 thread.

Mana yang lebih kencang?

Diuji menggunakan motherboard GIGABYTE AB350-GAMING 3, RAM DDR4 Gelid EVO X 16GB yang berjalan di konfigurasi dual channel dengan kecepatan 3200MHz dan kartu grafis MSI GTX 1080 GAMING X, kedua prosesor ini terbukti mampu menyaingi Intel Core i5-7600K dan i5-7500 dengan cukup baik. Bahkan di beberapa kasus, keduanya bisa mengungguli prosesor tersebut.



Ryzen 5 1600X misalnya. Prosesor ini sangat unggul dalam pemrosesan multi threading berkat konfigurasi core dan thread yang lebih banyak. Di pengujian menggunakan Cinebench R15, prosesor ini mampu memperoleh skor 1206 poin di mode multi threading dan 162 poin di mode single threading. Sementara pesaingnya yaitu Intel Core i5-7600K hanya mampu menghasilkan skor 662 poin di mode multi threading dan 179 poin di mode single threading.

Tidak jauh berbeda dengan saudaranya, Ryzen 5 1500X juga cukup mampu menyaingi prosesor pesaingnya yaitu Core i5-7500. Prosesor ini mampu memperoleh skor 803 poin di mode multi threading dan 153 poin di mode single threading.



Menariknya, dua prosesor Ryzen 5 yang kami uji kali ini mampu mengalahkan dua prosesor Intel Core i5 Kaby Lake secara telak di pengujian multithreading. Ini membuktikan jika AMD berhasil menempatkan prosesor ini di posisi yang tepat yaitu untuk para gamer yang gemar melakukan streaming karena melakukan live streaming sambil bermain game membutuhkan kemampuan multi threading yang mumpuni. Jika tidak, video hasil live streaming tidak akan memiliki kualitas yang baik.

Bagaimana dengan kemampuan gaming?

Meski dalam pengujian single threading dua prosesor Ryzen 5 yang kami uji kali ini masih kalah oleh dua pesaingnya dari Intel, namun perbedaan skornya tidak terlalu jauh. Menariknya lagi, prosesor Ryzen 5 sudah sangat mumpuni untuk bermain game.



Dari pengujian game yang kami lakukan menggunakan game Tom Clancy's Ghost Recon: Wildlands dan Ashes of The Singularity, dua prosesor Ryzen 5 ini ternyata mampu menjalankan game dengan baik. Ryzen 5 1600X dan 1500X mampu menjalankan dua game tersebut dengan rata-rata framerate di 57 dan 49 fps.



Yang harus diperhatikan pada hasil pengujian kali ini adalah antara Ryzen 5 1600X dan 1500X tidak banyak memiliki perbedaan dalam performa gaming. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan game masih belum terlalu memanfaatkan kemampuan multi threading dari sebuah prosesor. Dari segi performa gaming, mungkin prosesor ini bukan yang terbaik, tetapi dibekali kemampuan multi threading yang mumpuni, sehingga ia tidak hanya bisa diandalkan untuk bermain game.

Kelebihan lain?

Mengingat performa gaming dengan Core i5-7600K dan 7500 tidak berbeda jauh, AMD mengandalkan dua hal di Ryzen 5 kali ini. Pertama adalah kemampuan multi threading yang jauh lebih superior. Kemampuan tersebut membuat Ryzen 5 menjadi prosesor yang lebih multifungsi ketimbang Core i5-7600K atau 7500.

Satu lagi yang diandalkan oleh AMD di prosesornya kali ini adalah harga. Ryzen 5 1600X dipatok dengan harga Rp3,5 juta sementara Ryzen 5 1500X dipatok Rp2,7 juta. Harga tersebut sedikit lebih murah dari Core i5-7600K dan 7500 yang dipatok seharga Rp3,6 juta dan Rp2,7 juta. Anda masih bisa melakukan overclocking terhadap dua prosesor Ryzen 5 ini, meski hanya menggunakan motherboard kelas menengah seperti yang kami gunakan kali ini.
 

AMD Ryzen 5 1600X dan 1500X

  • Performa multi threading sangat bagus
  • Harga bersaing
  • Mendukung overclock
  • Performa gaming mumpuni, namun tidak istimewa



(MMI)