Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 24 Apr 2017 17:47 WIB
hpreview peripheral
In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Tampilan HP In-Ear Headset H2310. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Walau tidak memiliki suara atau sistem peredam suara sebaik headphone, earphone memiliki kelebihan tersendiri. Utamanya karena ia jauh lebih kecil sehingga ia mudah untuk dibawah pergi. Ia bahkan bisa dimasukkan ke dalam kantong. Selain itu, jika dibandingkan dengan headphone, earphone biasanya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Sebelum ini, saya pernah membahas earphone buatan HP, perusahaan yang dikenal dengan berbagai produk korporasinya, HP In-Ear Headset 150. Dengan harga sekitar Rp270 ribu, earphone tersebut sudah menawarkan suara yang cukup baik. 

Kali ini, HP punya penawaran lain, yaitu HP In-Ear Headset H2310. Sama seperti Headset 150, H2310 juga merupakan sebuah earphone in-ear dengan sistem penamaan yang sama kreatifnya. Satu hal yang membedakan keduanya adalah desain dari earbud-nya. 



Jika Headset 150 memiliki bantalan yang bersayap, H2310 memiliki earbud yang terpasang pada kotak berwarna putih dan pink dengan logo HP pada salah satu sudutnya. Meskipun memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari earphone kebanyakan, tapi jangan samakan H2310 dengan earphone murahan. 

Sama seperti saudaranya, H2310 terasa nyaman saat dikenakan. Selain itu, ia tidak mudah lepas dari telinga ketika dikenakan. Saya sering menggunakannya sambil berjalan dan tidak sekalipun ia lepas dari telinga. Terkait suara, ia menghasilkan suara yang cukup jelas. Suara bass yang ada pada musik masih terdengar, meski tidak terlalu kuat. 

Namun, saat saya mendengarkan musik dengan volume hingga maksimal, terkadang suara terdengar agak pecah. Untungnya, dengan harga USD20 (Rp260 ribu), kualitas suaranya tetap lebih bagus dari earphone yang biasa dijajaki di pinggir jalan. 

H2310 memiliki mikrofon yang juga dilengkapi dengan kendali suara, berupa slider. Dengan kendali ini, Anda bisa membesarkan atau mengecilkan suara musik atau panggilan telepon tanpa harus menekan tombol volume pada ponsel. Sayangnya, ia tidak dilengkapi dengan tombol untuk menutup panggilan, yang bisa sangat membantu ketika Anda sedang berpergian. 



Ketika mencoba H2310 untuk melakukan panggilan telepon, suara teman saya terdengar dengan jelas., meski suara di sekitar saya juga tidak teredam dengan terlalu baik. Setidaknya, suara saya tetap terdengar dengan jelas walau mikrofon saya biarkan menggantung dan tidak mendekatkannya ke mulut.

Kendali volume juga tetap bisa digunakan sehingga saya bisa mengatur suara panggilan melalui earphone, meski rasa-rasanya, tombol untuk menutup/menjawab panggilan terasa lebih berguna. 

Headset H2310 memiliki kabel yang pipih. Biasanya, kabel pipih identik dengan kabel yang tidak mudah terbelit. Tapi saya menemukan bahwa kabel H2310 masih cukup sering terbelit walau untungnya, ia masih cukup mudah untuk diurai.



Panjang kabel dari satu telinga ke telingan lain juga berbeda. Bagi saya, hal ini bukan masalah besar. Namun, jika Anda tidak suka dengan tipe earphone seperti ini, mungkin ia bisa jadi salah satu faktor yang diperhitungkan. 

Sama seperti In-Ear Headset 150, dengan H2310, tampaknya HP berusaha untuk menawarkan earphone dengan kualitas suara yang baik dengan harga yang relatif terjangkau.


(MMI)

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3
Review Smartphone

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3

3 days Ago

Sama seperti ponsel Oppo sebelumnya, F3 mengunggulkan kamera depan. Ponsel ini dilengkapi denga…

BERITA LAINNYA
Video /