Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 24 Apr 2017 17:47 WIB
hpreview peripheral
In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Tampilan HP In-Ear Headset H2310. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Walau tidak memiliki suara atau sistem peredam suara sebaik headphone, earphone memiliki kelebihan tersendiri. Utamanya karena ia jauh lebih kecil sehingga ia mudah untuk dibawah pergi. Ia bahkan bisa dimasukkan ke dalam kantong. Selain itu, jika dibandingkan dengan headphone, earphone biasanya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Sebelum ini, saya pernah membahas earphone buatan HP, perusahaan yang dikenal dengan berbagai produk korporasinya, HP In-Ear Headset 150. Dengan harga sekitar Rp270 ribu, earphone tersebut sudah menawarkan suara yang cukup baik. 

Kali ini, HP punya penawaran lain, yaitu HP In-Ear Headset H2310. Sama seperti Headset 150, H2310 juga merupakan sebuah earphone in-ear dengan sistem penamaan yang sama kreatifnya. Satu hal yang membedakan keduanya adalah desain dari earbud-nya. 



Jika Headset 150 memiliki bantalan yang bersayap, H2310 memiliki earbud yang terpasang pada kotak berwarna putih dan pink dengan logo HP pada salah satu sudutnya. Meskipun memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari earphone kebanyakan, tapi jangan samakan H2310 dengan earphone murahan. 

Sama seperti saudaranya, H2310 terasa nyaman saat dikenakan. Selain itu, ia tidak mudah lepas dari telinga ketika dikenakan. Saya sering menggunakannya sambil berjalan dan tidak sekalipun ia lepas dari telinga. Terkait suara, ia menghasilkan suara yang cukup jelas. Suara bass yang ada pada musik masih terdengar, meski tidak terlalu kuat. 

Namun, saat saya mendengarkan musik dengan volume hingga maksimal, terkadang suara terdengar agak pecah. Untungnya, dengan harga USD20 (Rp260 ribu), kualitas suaranya tetap lebih bagus dari earphone yang biasa dijajaki di pinggir jalan. 

H2310 memiliki mikrofon yang juga dilengkapi dengan kendali suara, berupa slider. Dengan kendali ini, Anda bisa membesarkan atau mengecilkan suara musik atau panggilan telepon tanpa harus menekan tombol volume pada ponsel. Sayangnya, ia tidak dilengkapi dengan tombol untuk menutup panggilan, yang bisa sangat membantu ketika Anda sedang berpergian. 



Ketika mencoba H2310 untuk melakukan panggilan telepon, suara teman saya terdengar dengan jelas., meski suara di sekitar saya juga tidak teredam dengan terlalu baik. Setidaknya, suara saya tetap terdengar dengan jelas walau mikrofon saya biarkan menggantung dan tidak mendekatkannya ke mulut.

Kendali volume juga tetap bisa digunakan sehingga saya bisa mengatur suara panggilan melalui earphone, meski rasa-rasanya, tombol untuk menutup/menjawab panggilan terasa lebih berguna. 

Headset H2310 memiliki kabel yang pipih. Biasanya, kabel pipih identik dengan kabel yang tidak mudah terbelit. Tapi saya menemukan bahwa kabel H2310 masih cukup sering terbelit walau untungnya, ia masih cukup mudah untuk diurai.



Panjang kabel dari satu telinga ke telingan lain juga berbeda. Bagi saya, hal ini bukan masalah besar. Namun, jika Anda tidak suka dengan tipe earphone seperti ini, mungkin ia bisa jadi salah satu faktor yang diperhitungkan. 

Sama seperti In-Ear Headset 150, dengan H2310, tampaknya HP berusaha untuk menawarkan earphone dengan kualitas suara yang baik dengan harga yang relatif terjangkau.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

5 hours Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.