Review Motherboard

AORUS Z270X-GAMING 9, Kualitas yang Sepadan dengan Harga

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 07 Aug 2017 23:45 WIB
gigabytereview motherboardaorus
AORUS Z270X-GAMING 9, Kualitas yang Sepadan dengan Harga
AORUS Z270X-GAMING 9 (foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemarin kami sudah mengulas berbagai motherboard dari platform AMD AM4 dan kini saatnya kami mengulas kembali motherboard untuk prosesor Intel Kaby Lake, yaitu AORUS Z270X-GAMING 9.

Sesuai dengan namanya, ia merupakan motherboard gaming dari GIGABYTE yang masuk ke dalam jajaran produk gaming AORUS. Motherboard ini juga merupakan seri tertinggi dari jajaran motherboard AORUS yang menggunakan chipset Intel Z270.

Hal pertama yang membuat kami cukup terkesima saat melihat motherboard ini adalah fiturnya yang sangat melimpah. Z270X-GAMING 9 juga memiliki tampilan yang sangat menarik. Hampir di setiap bagian komponen pentingnya dilengkapi dengan RGB LED dan ia juga tampil dengan desain heatsink yang sangat modern.



Meski demikian, heatsink tersebut tidak didesain sembarangan. Jika dilihat lebih dekat, Anda bisa melihat bahwa terdapat katup khusus di bagian ujung heatsink VRM-nya. Katup tersebut merupakan jalur untuk sistem pendingin cair agar proses pendinginan komponen VRM dan sekitarnya bisa berjalan lebih baik.

Z270X-GAMING 9 memiliki empat slot PCIe x16 dan DDR4 DIMM dengan kapasitas RAM maksimal 64GB yang telah didukung dengan teknologi dual channel. Semua slot tersebut juga sudah dilengkapi oleh lapisan pelindung khusus agar tidak mudah rusak.



Motherboard ini juga dilengkapi dengan LED penunjuk status motherboard yang sangat berguna ketika Anda mengalami masalah saat booting. Tiga buah tombol tambahan juga disediakan di motherboard ini dengan fungsi yaitu boot, restart, dan OC. Khusus tombol OC, motherboard ini akan mengkonfigurasi sistem secara otomatis agar bisa berjalan di mode overclock ketika ditekan.

Sayangnya, opsi koneksi menggunakan USB pada panel belakang tergolong minim di motherboard ini. Z270X-GAMING 9 hanya memiliki 7 port USB dengan campuran antara USB 3.0 dan 3.1. Terdapat juga satu port USB Type-C, dua port ethernet, dan port khusus untuk antena WiFi. Ya, motherboard ini sudah dilengkapi dengan fungsi WiFi  802.11 a/b/g/n/ac dual-band sehingga Anda bisa mengkoneksikannya dengan router wireless di rumah.

Bagaimana dengan performanya?

Kami sangat mengerti bahwa Z270X-GAMING 9 merupakan motherboard yang kaya dengan fitur. Namun sebuah motherboard masih harus mutlak dinilai dari performanya dan hal tersebut juga bisa dihadirkan oleh motherboard ini. 



Dikombinasikan dengan prosesor Intel Core i7-7700K, RAM Corsair Vengance 16GB 3200MHz, dan Kartu grafis MSI GTX 1080 GAMING 8G, Z270X-GAMING 9 berhasil meraih skor 5775 poin di PCMark 8, 16656 poin di 3DMark Fire Strike, 194 poin di Cinebench singlethreading, serta 981 poin di cinebench multithreading. Angka tersebut sedikit di atas salah satu pesaingnya, yaitu ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6.



Dari sisi gaming juga serupa. Motherboard ini memang sangat cocok dipasangkan dengan komponen kelas atas lainnya. Di pengujian menggunakan Ghost Recon Wildlands, The Witcher 3, dan Ashes of The Singularity, semuanya dapat dilalui dengan rata-rata framerate di atas 60fps.

Kesimpulan

Mewah, tampilan menarik, kaya fitur, dan performa tinggi. Hal tersebut membuat AORUS Gaming K6 tampak seperti motherboard yang sempurna. Ia memang sangat cocok bagi Anda yang ingin memamerkan jeroan PC beserta performanya, namun semua keunggulan tersebut tidak dibayar murah. Anda harus menebusnya seharga Rp8,9 juta.
 

AORUS Z270X-GAMING 9

  • Tampilan menarik
  • Kaya fitur
  • Performa bagus
  • Mahal



(MMI)

Video /