Review Laptop

MSI GS73VR 7RF, Potensi Besar untuk Terus Dikembangkan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 28 Aug 2017 23:53 WIB
msireview laptop
MSI GS73VR 7RF, Potensi Besar untuk Terus Dikembangkan
MSI GS73VR 7RF

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobilitas atau performa, bagaimana jika hadirkan keduanya? Mungkin itulah yang ada di kepala para desainer dan teknisi laptop MSI. Kurang puas bisa menghadirkan keduanya, mereka akhirnya menjejalkan layar 4K berukuran besar dan jadilah sebuah laptop bernama MSI GS73VR 7RF. Laptop gaming in memang tergolong tipis dan cukup bertenaga. Tidak hanya itu, ukuran layarnya juga termasuk besar dan memiliki resolusi yang sangat tinggi.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumya, setidaknya ada tiga keunggulan pada laptop ini. Pertama adalah bentuknya yang tergolong tipis dibandingkan laptop gaming lain. Ya, GS73VR 7RF memiliki ketebalan hanya 19,6mm. Untuk sebuah laptop gaming, ukuran tersebut memang sangat tipis. Hal tersebut juga yang membuat laptop gaming ini ringkas dan lebih mudah dibawa bepergian.



Meski tipis, MSI masih bisa menghadirkan sejumlah fasilitas ke dalam laptop gaming ini. GS73VR 7RF tampil dengan empat port USB 3.0, satu port ethernet, satu port HDMI, satu port Thunderbolt 3, dan satu MiniDisplay Port. Ia bahkan masih memiliki pembaca SD Card.

Hal lain yang menarik di laptop gaming ini adalah keyboard. Dirancang bersama produsen perangkat gaming SteelSeries, keyboard GS73VR 7RF memang sangat nyaman digunakan untuk bermain game. Satu hal yang saya suka adalah keyboard-nya memiliki traveling distance yang sangat nyaman untuk bermain game.

Meski demikian, keyboard ini juga justru menjadi faktor kekurangannya. Keyboard di GS73VR 7RF kurang nyaman digunakan untuk bekerja atau melakukan kegiatan produktif lainnya. Selain memiliki posisi tombol "Delete" yang agak jauh dari biasanya, keyboard laptop ini juga memiliki tombol "Windows" yang berada di sebelah kanan spasi.



Saya memang mengerti maksud baik MSI yaitu tidak ingin penggunanya terganggu dengan keberadaan tombol Windows saat bermain game. Di sisi lain, saya terbiasa menggunakan berbagai pintasan yang memanfaatkan tombol tersebut ketika bekerja sehingga bagi saya ini sangat mengganggu produktivitas.

Keunggulan lain pada laptop ini terletak di layarnya yang ukurannya tergolong besar, yaitu 17,3 inci. Anda memang akan sangat puas melihat film dan konten multimedia lainnya ketika dijalankan di laptop gaming ini. Apalagi film-nya beresolusi 4K UHD yang bisa ditampilkan secara maksimal di layar GS73VR 7RF.



Namun sekali lagi, penggunaan layar ini juga menjadi kelemahan di laptop gaming ini. Selain agak sulit untuk dimasukkan ke dalam tas biasa, layar beresolusi 4K di laptop ini ternyata kurang ramah untuk beberapa game.

Dari game yang kami uji, dua di antaranya yaitu Ashes of The Singularity dan Ghost Recon: Wildlands sering mengalami crash. Bahkan jika berjalan pun, game akan dipenuhi dengan artefak. Saya sudah mencoba berbagai hal mulai dari memperbarui driver dan sistim pendukung lainnya.

Performa?

MSI GS73VR 7RF ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-7700HQ dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan VRAM 6GB. Ia juga dilengkapi dengan RAM DDR4 sebesar 16GB dan memiliki penyimpanan menggunakan M.2 SSD sebesar 256GB dan HDD 1TB. 

Melirik dari spesifikasi tersebut, ia seharusnya bisa menjalankan game dengan sangat lancar di pengaturan grafis maksimal. Dan ya, hal tersebut terbukti ketika saya memainkan The Witcher 3 di laptop ini. Game tersebut berhasil dijalankan dengan rata-rata framerate 52fps. Namun, game tersebut saya jalankan di resolusi 1080p atau Full HD.



Di resolusi 4K, menjalankan game dengan pengaturan grafis maksimal bukanlah solusi yang tepat bagi laptop ini. GTX 1060 memang tidak dirancang untuk memainkan game di resolusi tersebut dengan pengaturan grafis maksimal, sehingga saya memang sengaja memainkan game hanya di resolusi Full HD karena penyajian pengalaman bermainnya masih lebih baik.

Kesimpulan

Dibanderol di kisaran Rp32 juta, MSI GS73VR 7RF memang terlihat menggiurkan ketika dilihat pertama kali. Tampil dengan bodi yang tipis dan ringkas, ia memang merupakan salah satu laptop gaming yang bisa diandalkan bagi Anda yang gemar bepergian. Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat nilainya turun (setidaknya dari sudut pandang saya sebagai penguji). 

Satu hal kekurangan berikutnya adalah beberapa game yang mudah crash. Semoga saja MSI bisa memperbaiki maslah teknis ini sehingga GS73VR 7RF bisa tampil sebagai laptop yang lebih bisa diandalkan. Karena jujur saja, saya melihat banyak potensi besar dari laptop ini.
 
  MSI GS73VR 7RF
Ukuran Layar  17,3 inci IPS (3840x2160 pixel)
Prosesor Intel Core i7-7700HQ
GPU NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB
RAM 16GB
Penyimpanan  M.2 SSD 256GB + HDD 1TB
Bobot 2,43 Kg
Harga Kisaran Rp32 juta
 
 

MSI GS73VR 6RF

 

7,8

  • Tipis dan ringkas
  • Layar besar beresolusi 4K
  • Keyboard nyaman untuk gaming
  • Beberapa game sering crash
  • Untuk gaming, resolusi layar tidak berbanding lurus dengan GPU yang dihadirkan



(MMI)