Review Keyboard

Viper V760, Keyboard Gaming Perdana Patriot

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:07 WIB
review peripheral
Viper V760, Keyboard Gaming Perdana Patriot
Keyboard gaming Viper V760

Metrotvnews.com, Jakarta: Produsen perangkat gaming berikutnya yang masuk pasar Indonesia adalah Viper. Namanya mungkin terdengar asing, tetapi ini adalah divisi perangkat gaming yang berada di bawah produsen memori Patriot.

Belum banyak varian yang hadir, Viper saat ini menyediakan mouse, keyboard, dan headset yang siap mengincar gamer kelas menengah. Perangkat Viper yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com kali ini adalah keyboard V760. Seperti apakah fitur dan performnya yang ditawarkan? Berikut ulasan lengkapnya.



Begitu melihat sekilas, Viper V760 langsung mengingatkan saya pada Armageddon MKA-IIR RGB-RAPTOR. Bagaimana tidak, dari desain bodi metal yang tidak membungkus tombol keyboard sepenunhya memang terlihat sangat mirip. Balutan warna perak pada bodi keyboard juga mempunyai tekstur yang sama persis. Kelebihan desain keyboard semacam ini terletak pada dimensi keseluruhan yang lebih tipis. Viper V760 juga mempunyai palm rest unik yang tidak memerlukan pengunci khusus. Palm rest ini bisa dipasang atau dilepas secara mudah karena menggunakan magnet sebagai penguncinya.

Viper V760 adalah keyboard mekanik yang mnyediakan satu port USB tambahan di bagian belakangnya. Oleh karena itu, keyobard ini memiliki kabel yang lebih tebal, dan menggunakan dua port USB untuk terhubung ke PC.

Tidak harus memasang keduanya karena satu port memang khusus memindahkan konektivitas USB dari motherboard ke keyboard saja. Satu hal yang cukup menarik dari desain keyboard ini adalah bentuk kaki yang berlawanan dengan desain keyboard standar. Di sisi lain, desain ini menyebabkan ketinggian keyboard menjadi tidak fleksibel.



Viper V760 menggunakan tombol mekanis Kailh switch Brown, salah satu switch yang cukup esensial untuk gaming. Penggunaan komponen yang sama dengan produk pesaingnya menyebabkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Jika demikian, pihak vendor harus menggunggulkan fitur lain, yang tertanam melalui software.

Cukup bagus, software khusus Viper V760 yang bisa diunduh melalui situs resminya menyediakan kustomisasi makro di seluruh tombol yang tersedia. Tentunya Viper V760 termasuk keyboard masa kini yang menanamkan lampu LED di seluruh tombolnya, dan kustomisasi pencahayaan juga dapat dilakukan via software yang sama.



Kekurangan software ini adalah antarmuka yang terlalu sederhana dan kurang interaktif. Untuk sebagian gamer, antarmuka ini mungkin justru memudahkan mereka dalam mengatur profil, tetapi itu juga setelah beradaptasi dalam waktu yang tidak sebentar.

Dengan harga sekitar Rp1,5 juta, Viper V760 adalah keyboard gaming mekanik yang kurang kompetitif. Pasalnya, ada produk pesaing dengan kualitas yang fitur sama, bahkan bisa lebih baik, yang dipatok dengan selisih harga Rp300 ribu lebih murah. Viper harus bisa menyediakan konsep yang lebih menarik atau tampil beda, seandainya mereka ingin menyita perhatian gamer Indonesia.
 
 

Viper V760

 

7

  • Pemasangan palm rest mudah
  • Kustomisasi tombol makro
  • Antarmuka software tidak interaktif
  • Harga kurang kompetitif



(MMI)