Review Motherboard

MSI X99A GAMING PRO CARBON, Fokus ke Gaming dan Overclocking

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 10 Sep 2016 07:42 WIB
review motherboard
MSI X99A GAMING PRO CARBON, Fokus ke Gaming dan Overclocking
MSI X99A GAMING PRO CARBON

Metrotvnews.com, Jakarta: Merakit PC memang banyak pilihan. Secara kasar, PC sendiri terbagi ke dalam beberapa kelas. Pertama adalah kelas pemula yang biasanya digunakan untuk keperluan standar dan hadir tanpa kartu grafis tambahan. Selanjutnya adalah kelas menengah yang biasanya hadir dengan prosesor dan kartu grafis yang sudha bisa memainkan game berat namun masih belum bisa bermain dengan lancar di detail maksimal.

Di atas kelas menengah tentu ada kelas atas yang hadir dengan prosesor dan kartu grafis yang mumpuni untuk memainkan game dengan lancar di detail paling tinggi. Apakah ada kelas lagi setelah itu? Ada, dan Intel memiliki platform khusus untuk mengakomodasi para pengguna elit tersebut yang dinamakan Extreme Platform.



Salah satu motherboard yang masuk ke dalam jajaran Intel Extreme Platform terbaru adalah MSI X99A GAMING PRO CARBON. Motherboard untuk para gamer kelas elit ini hadir dengan fitur yang sangat lengkap, mulai dari dukungan prosesor ekstrem terbaru Intel Broadwell-E, penggunaan RAM DDR4 hingga 128GB, serta dukungan fitur mewah lainnya.

Sebagai motherboard yang diciptakan khusus untuk para pengguna elit, X99A GAMING PRO CARBON hadir dengan tampilan yang tergolong sangat mewah. Ia hadir dengan RGB LED yang bisa diatur melalui software khusus. Selain itu, RGB LED pada motherboard ini juga memiliki berbagai mode tampilan yang bisa membuat PC Anda tampil lebih menarik.



Tampilan bukanlah satu-satunya yang menjadi andalan di motherboard ini. Fitur yang diusung oleh X99A GAMING PRO CARBON merupakan salah satu yang tertinggi yang ada di pasar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, X99A GAMING PRO CARBON telah mendukung penggunaan 8 slot RAM DDR4 dengan konfigurasi quad channel yang mampu menghadirkan kapasitas memori hingga 128GB.

X99A GAMING PRO CARBON juga memiliki empat buah slot PCIe x16 Gen3, yang artinya Anda bisa memasang empat buah kartu grafis dalam satu PC dengan menggunakan motherboard ini. Namun Anda harus menggunakan sistem pendingin cair (watercooling) jika ingin menggunakan empat kartu grafis karena jarak antara slot ketiga dan keempat sangat dekat.



Sementara untuk opsi penyimpanan, X99A GAMING PRO CARBON telah hadir dengan 10 port SATA III yang semuanya telah mendukung konfigurasi RAID. Masih kurang cepat? Motherboard ini juga memiliki opsi penyimpanan melalui SATA Express serta M.2 PCIe yang masing-masing terdapat satu slot.

Di panel belakang, X99A GAMING PRO CARBON tampil dengan 8 port USB. 8 port tersebut terdiri dari USB 3.0, USB 3.1, dan USB 3.1 Type-C. Tidak ketinggalan juga USB 2.0 yang menawarkan fitur konektivitas dengan perangkat lama. Selain itu terdapat juga port LAN yang telah dilengkapi dengan teknologi KILLER, serta port Audio 7.1 untuk kualitas suara maksimal saat bermain game.



Bagaimana dengan performanya?

MSI X99A GAMING PRO CARBON juga memiliki performa kelas atas seperti motherboard kelas ekstrem lainnya. Performanya masih rata-rata dengan motherboard sekelasnya. Namun, ada satu hal yang bisa diunggulkan di motherboard ini, yaitu kemampuan overclocking.



MSI X99A GAMING PRO CARBON memiliki sistem overclocking khusus yang memungkinkan penggunanya untuk menaikkan performa prosesor dengan mudah. Menariknya, overclocking juga bisa dilakukan secara langsung tanpa harus mengakses UEFI BIOS, yaitu melalui kenop khusus yang ada.



Diuji menggunakan prosesor Intel Core i7-6950X, X99A GAMING PRO CARBON ternyata mampu memacu prosesor tersebut dari 3GHz ke 4,4GHz. Semuanya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan bagi kami ini merupakan kelebihan utama dari X99A GAMING PRO CARBON.

Kesimpulan

Jika Anda merupakan gamer yang siap menghabiskan banyak uang untuk merakit sebuah PC, X99A GAMING PRO CARBON bisa dijadikan pilihan karena menawarkan fitur gaming yang sangat lengkap. Sayangnya, performa dari motherboard ini tidak terlalu hebat secara keseluruhan. Namun, Anda masih bisa mendongkrak performanya melalui fitur overclocking yang sangat mumpuni.
 

MSI X99A GAMING PRO CARBON

  • Tampilan mewah
  • Fitur gaming lengkap
  • Kemampuan overclock sangat bagus
  • Performa standar
  • Tidak memiliki WiFi



(MMI)

Video /