Review Motherboard

Menjajal Motherboard Kaby Lake Ringkas, MSI B250M Mortar

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 30 Apr 2017 10:21 WIB
msireview motherboard
Menjajal Motherboard Kaby Lake Ringkas, MSI B250M Mortar
MSI B250M Mortar

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski kebanyakan gamer suka dengan PC berukuran besar dan terlihat keren,
ada juga gamer yang suka dengan PC minimalis dengan ukuran yang ringkas. Tantangannya adalah mereka harus mencari hardware khusus yang juga berbentuk ringkas, salah satunya adalah motherboard dengan ukuran micro-ATX seperti MSI B250M Mortar.

Sesuai dengan namanya, motherboard ini memang bukan merupakan lini tertinggi dari jajaran produk MSI. Motherboard ini berada di kelas menengah, namun masih dikategorikan sebagai motherboard gaming. Tentu saja berbagai fitur gaming seperti GAMING LAN, DDR4 Boost, dan Audio Boost sudah terdapat di motherboard ini.



B250M Mortar tampil dengan kombinasi warna hitam, abu-abu, dan merah. Desainya tergolong lebih simpel dan modern dari seri motherboard Mortar sebelumnya, dan ia juga telah dilengkapi dengan berbagi fitur terkini. Motherboard ini memiliki dua slot PCIe 3.0 x16 dam dua PCIe x1. Sementara untuk penyimpanannya, Anda sudah bisa menggunakan M.2 SSD yang memiliki kecepatan lebih cepat dari SATA.

Tentu saja Anda masih bisa menggunakan perangkat penyimpanan lama karena B250M Mortar telah dilengkapi dengan 6 port SATA III namun masih belum mendukung fitur RAID. Sama halnya dengan memori yang bisa digunakan.

B250M Mortar sudah bisa dipasangi memori DDR4 sebanyak 4 modul dengan kapasitas hingga 64GB. Slot memorinya juga telah mendukung teknologi dual channel namun kecepatan memori yang didukung hanya sampai 2400MHz.



Meski demikian, panel belakang B250M Mortar tergolong hadir dengan port yang cukup lengkap untuk sebuah motherboard micro-ATX. Ia telah dilengkapi dengan port HDMI, DisplayPort, dan DVI. Selain itu, terdapat juga enam port USB yang salah satu di antaranya adalah USB Type-C. Sayang jack audio tidak dilengkapi dengan penanda warna sehingga agak sulit ketika pemasangan speaker.

Untuk performanya, motherboard ini bisa dikatakan cukup kencang di kelasnya. Pengujian menggunakan PCMark 8 yang menghasilkan skor 5443 poin menunjukkan B250M Mortar sudah sangat mumpuni untuk bermain game. Hal tersebut juga terbukti ketika kami menjajal beberapa game terkini seperti Ghost Recon: Wildlands yang bisa berjalan sempurna.



Sementara pengujian multithreading menggunakan Cinebench R15 juga menunjukkan motherboard ini memiliki performa yang tidak buruk dan berhasil meraih skor 943 poin. Bahkan jika dibandingkan dengan beberapa motherboard Z270, B250M Mortar hanya tertinggal belasan poin saja di pengujian ini.

Kesimpulan

MSI memang tidak menciptakan B250M Mortar sebagai motherboard dengan performa dan fitur yang istimewa. Ia ditujukan untuk pengguna kelas menengah yang ingin merakit PC mungil, tetapi masih memiliki performa gaming. Harganya juga berada di tengah, tidak terlalu mahal namun juga tidak murah.

Bagi kami satu-satunya nilai jual pada motherboard ini adalah ukuran serta adanya beberapa fitur gaming yang disematkan di dalamnya. Ingat motherboard ini tidak mendukung overclocking dan tidak memiliki fitur eksklusif Kaby Lake seperti Intel Optane Memory, jadi kami sarankan untuk lebih mempertimbangkan faktor tersebut sebelum membelinya.
 

MSI B250M Mortar

  • Performa cukup baik
  • Punya fitur gaming
  • Banderol harga tidak terlalu istimewa



(MMI)

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3
Review Smartphone

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3

3 days Ago

Sama seperti ponsel Oppo sebelumnya, F3 mengunggulkan kamera depan. Ponsel ini dilengkapi denga…

BERITA LAINNYA
Video /