Review IP Camera

D-Link DCS-2630L, Fitur Banyak, Bisa Deteksi Gerakan

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 25 Nov 2016 23:37 WIB
review peripheral
D-Link DCS-2630L, Fitur Banyak, Bisa Deteksi Gerakan
D-Link DCS-2630L

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsep rumah pintar atau smart home memang telah sering terdengar, namun belum banyak yang mengetahui, apa saja komponen di dalamnya.

Salah satu komponen yang cukup penting adalah sistem keamanan cerdas. Saat ini sistem keamanan cerdas untuk smart home telah banyak tersedia, salah satunya adalah IP camera yang bisa digunakan untuk mengawasi rumah Anda. Apakah semua IP camera sama? Ternyata tidak.

D-Link DCS-2630L adalah contohnya. IP camera terbaru D-Link ini tidak sekadar memungkinkan Anda  mengawasi rumah di berbagai tempat melalui berbagai perangkat. Ia telah dielngkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk segera mengetahui jika ada pergerakan di rumah, atau suara yang mencurigakan. Tidak hanya itu, ia juga dilengkapi dengan lensa khusus yang memungkinkanya menampilkan gambar 180 derajat.



DCS-2630L merupakan IP camera yang menggunakan WiFi sebagai transmisi utama dan satu-satunya. Satu-satunya kabel yang dihubungkan ke kamera ini adalah kabel power yang menggunakan konektor Micro USB. Karena hanya memiliki opsi konektivitas WiFi, sudah pasti Anda harus memiliki router WiFi agar DCS-2630L bisa berfungsi.

Kamera ini memiliki bentuk yang cukup unik. Bodinya tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil, namun cukup berat. Untungnya, ia disokong oleh penampang yang terbuat dari metal. Penampang tersebut juga memiliki lubang penyangga khusus sehingga Anda bisa menempatkan kamera ini di dinding rumah.



Keistimewaan pertama dari DCS-2630L adalah terdapatnya sensor gerak (motion sensor), serta mikrofon tertanam di dalamnya. Keduanya membuat DCS-2630L bisa mendeteksi keberadaan objek yang bergerak atau suara yang mencurigakan. Jika terhubung ke internet, sistem kamera ini akan memberi peringatan kepada Anda jika terdapat objek bergerak atau suara asing terekam olehnya.

Selain itu, kamera ini juga memiliki mode perekaman malam. Mode tersebut juga bisa diaktifkan melalui sebuah aplikasi khusus atau dengan cara login ke dalam situs D-Link. Ya, DCS-2630L sudah bisa terintegrasi dengan aplikasi bernama My D-Link. Aplikasi tersebut bisa digunakan di berbagai perangkat mobile berbasis Android atau iOS.



Fungsi utama aplikasi My D-Link adalah untuk melakukan pengawasan dari berbagai jenis perangkat, tentunya selama kamera dan perangkatnya terhubung ke jaringan internet. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap kamera, bahkan mengambil foto.

Sementara untuk perekaman, DCS-2630L mengandalkan sistem perekaman yang disimpan ke dalam MicroSD yang bisa disematkan langsung di dalam kamera ini. Sistem ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya, kamera masih dapat melakukan perekaman meski koneksi ke internet terputus. Namun sebagai gantinya Anda harus menyediakan MicroSD secara terpisah.



Kelemahan lain pada DCS-2630L adalah opsi konektivitasnya yang hanya menyediakan hubungan menggunakan WiFi. Fitur tersebut memang memudahkan pengguna dalam melakukan pengaturan awal, karena cukup dengan menggunakan aplikasi My D-Link dan mengikuti beberapa langkah saja, kamera sudah bisa digunakan.

Namun kami menemukan beberapa kasus, salah satunya kamera ini tidak mau terkoneksi dengan router WiFi yang kami miliki. Entah apa penyebabnya, yang jelas dari tiga router, satu di antaranya tidak bisa terhubung dengan kamera ini. Lain ceritanya jika kamera ini memiliki opsi pengaturan melalui konektivitas lain, seperti kabel ethernet misalnya.



Di luar itu, DCS-2630L merupakan produk yang sangat bagus. Ia telah mempu melakukan perekaman beresolusi Full HD (1080p) dan yang terpenting adalah memiliki sudut pandang yang sangat luas. Bahkan kami belum pernah menemukan IP camera yang bisa menangkap gambar 180 derajat.

Kesimpulan

Secara fitur, DCS-2630L merupakan salah satu IP camera terbaik yang pernah kami uji selama ini. Selain memiliki kualitas perekaman yang baik dan sudut pandang yang sangat lebar, DCS-2630L juga bisa mendeteksi gerakan dan suara. Aplikasinya juga cukup intuitif dan memiliki banyak fitur. Sayangnya, opsi konektivitas pada kamera ini terbatas pada koneksi menggunakan WiFi.


(MMI)

Video /