Review Headset

SteelSeries Siberia 840, Semakin Serba Bisa

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 22 Aug 2016 21:19 WIB
review peripheral
SteelSeries Siberia 840, Semakin Serba Bisa
SteelSeries Siberia 840

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih ingat dengan headset wireless premium SteelSeries Siberia X800 yang pernah kami ulas tahun lalu? SteelSeries tampaknya masih belum puas dengan headset tersebut, dan baru-baru ini merilis Siberia 840. Headset wireless yang masih "serba bisa" ini kembali hadir dengan berbagai penambahan fitur sehingga ia telah berubah dari serba bisa menjadi "semakin serba bisa".

Siberia 840 masih mengadopsi bentuk bodi yang sama dengan Siberia X800. Headset ini masih hadir dengan bodi hitam dan memiliki sebuah bridge yang dilapisi dengan bantalan untuk mengurangi tekanan di bagian atas kepala. 



Karena menggunakan koneksi nirkabel (wireless), headset ini memiliki tempat untuk menyimpan baterai di bagian earcup sebelah kirinya. Headset ini juga memiliki mikrofon dan dua buah port audio sama seperti pendahulunya.

SteelSeries memang tampak sengaja tidak mengubah desain dari headset ini karena memang sudah sangat nyaman. Siberia 840 dapat bertengger di kepala kami hingga berjam-jam, dan ia tidak menyebabkan rasa sakit atau pegal sama sekali meski ukurannya tergolong besar. 



Hal tersebut berkat adanya bantalan tebal dan engsel khusus pada earcup. Selain itu, bantalan pada earcup juga membuat telinga dapat terisolasi secara penuh, membuat suara dari luar dapat diredam secara maksimal oleh headset ini.

Siberia 840 kembali hadir dengan perangkat pemancar (transmitter) khusus yang juga berfungsi sebagai soundcard eksternal. Sama seperti transmitter di Siberia X800, transmitter di Siberia 840 juga memiliki berbagai macam preset dan pengaturan untuk suara yang akan dihadirkan di headset



Menariknya lagi, transmitter pada Siberia 840 juga telah dilengkapi dengan berbagai opsi input dan output. Melalui transmitter ini, Siberia 840 bisa dihubungkan ke berbagai macam perangkat, mulai dari PC, ponsel, televisi, home theatre, hingga konsol PlayStation dan Xbox, dan aksesori adapter juga telah disediakan di paket penjualan Siberia 840.

Kemampuan untuk terkoneksi dengan banyak perangkat sebenarnya merupakan kelebihan utama dari Siberia 840. Anda bahkan bisa menghubungkan lebih dari satu perangkat ke dalam transmitter Siberia 840 dan bisa mengganti saluran inputnya secara langsung melalui controller khusus yang berada di earcup headset.



Tidak hanya itu, salah satu upgrade paling menarik di Siberia 840 adalah headset ini telah dilengkapi dengan Bluetooth sehingga ia dapat terkoneksi secara langsung dengan berbagai perangkat mobile tanpa transmitter. 

Selain itu, Anda juga masih bisa menghubungkan headset ini dengan perangkat mobile secara langsung dengan menggunakan kabel audio 3.5mm. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat menggunakan headset ini meski baterainya habis.



Sayangnya dari segi suara, headset ini memiliki kualitas yang tidak terlalu hebat. Jika dibandingkan dengan headset khusus seperti headset gaming dan musik, performa Siberia 840 memang tidak terlihat istimewa. Meski demikian, untuk sebuah headset multifungsi, ia sudah sangat lebih dari mumpuni. Selain itu, headset ini masih sangat layak dimiliki, meski harganya berada di kisaran Rp4,5 juta.
 

SteelSeries Siberia 840

 

9,3

  • Kompatibel dengan banyak perangkat
  • Nyaman
  • Multifungsi
  • Dapat digunakan tanpa transmitter
  • Kualitas suara tidak terlalu istimewa



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.