Review Kamera

Canon EOS 5D Mark IV, Fokus ke Profesional

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 13 Mar 2017 20:26 WIB
canonreview kamera
Canon EOS 5D Mark IV, Fokus ke Profesional
Canon EOS 5D Mark IV

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika membeli sebuah kamera, apa yang Anda prioritaskan?

Kebanyakan pengguna mainstream memang biasanya memilih kamera dengan berangkat dari merek tertentu, kemudian memilih fitur dan mempertimbangkan harga. Bahkan mungkin tidak sedikit dari Anda yang memilih kamera berdasarkan bentuk bodinya yang terlihat modern atau canggih.

Namun, tidak demikian dengan para fotografer profesional. Biasanya, mereka memilih spesifikasi dan fitur di atas segalanya sebelum akhirnya mempertimbangkan harga dan desain. Hal tersebut dikarenakan para fotografer profesional lebih mengutamakan kualitas gambar yang dihasilkan. Selain itu, fotografer profesional juga mengutamakan kamera yang tangguh dan memiliki berbagai fitur yang bisa menunjang kebutuhan karirnya karena kamera tersebut akan digunakan untuk mencari uang.



Pasar kamera profesional memang masih cukup besar. Tidak heran jika produsen kamera juga masih membidik pasar ini. Canon misalnya yang belakangan ini merilis kamera DSLR EOS 5D Mark IV. Kamera kelas profesional ini merupakan pembaruan dari 5D Mark III yang tampil sebagai salah satu kamera paling legendaris dari Canon.

Hadir sebagai kamera full-frame, 5D Mark IV memiliki sensor CMOS 30,4MP yang sangat sensitif dan memiliki rentang ISO hingga ISO 32.000. Anda bahkan bisa meningkatkan rentang ISO-nya hingga ISO 102.400 sehingga memungkinkan Anda untuk mengambil gambar di kondisi low light dengan lebih mudah. Noise pada kamera ini juga baru terlihat di ISO 15.000.



Salah satu upgrade yang fungsinya paling bisa dirasakan dari kamera ini adalah adanya dukungan terhadap teknologi Dual Pixel CMOS. Teknologi tersebut merupakan sistim yang memungkinkan 5D Mark IV bisa menyajikan auto focus (AF) yang sangat cepat. Ini sangat berguna ketika Anda mencoba untuk memotret objek yang bergerak karena fokus yang dihasilkan tergolong sangat akurat dan cepat.

Secara penampilan, 5D Mark IV mirip seperti pendahulunya yaitu 5D Mark III. Kamera ini lebih besar dari EOS 80D yang telah kami ulas beberapa waktu yang lalu, dan tentu saja lebih berat. Namun, di balik bobotnya yang berat tersebut, 5D Mark IV memiliki baterai yang sangat awet apalagi jika Anda jarang menyalakan layar LCD-nya dan hanya mengandalkan layar monokrom yang ada di bagian atas bodinya.



Tidak seperti kamera dengan kelas di bawahnya, 5D Mark IV tidak memiliki lampu flash. Layarnya memang sudah menggunakan teknologi layar sentuh, namun tidak menggunakan desain yang bisa diputar ke depan. Hal tersebut dikarenakan tujuan utama penggunaan kamera ini adalah untuk kegiatan profesional yang sebagian besar tidak memerlukan fitur tersebut.



Untuk hasil jepretannya, Canon EOS 5D Mark IV memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dipadukan dengan lensa zoom Canon EF24-105mm f/4L IS II USM, kamera DSLR full-frame ini mampu menangkap warna dengan sangat baik dan bisa menyajikan detail gambar yang tinggi. 



Ketika mengambil gambar objek yang bergerak cepat seperti pemain skateboard, kamera ini juga mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan fokus akurat berkat teknologi Dual Pixel CMOS. Dengan kemampuan tersebut, kamera ini sangat cocok digunakan baik indoor maupun outdoor.



Sementara untuk video, 5D Mark IV yang telah mampu merekam video beresolusi 4K 60p. Kualitas gambarnya tergolong bagus dan cukup stabil berkat dipadukan dengan lensa EF24-105mm f/4L IS II USM yang telah dilengkapi dengan teknologi image stabilization. Ia juga memiliki fitur lain untuk mendukung pengambilan video, seperti 3.5mm jack input dan output sehingga kamera ini bisa dihubungkan dengan mikrofon dan headphone.

Kesimpulan

Jika Anda ingin membangun usaha fotografi atau mulai berkarir sebagai fotografer, Canon EOS 5D Mark IV cocok untuk dilirik sebagai solusi jangka panjang. Selain memiliki teknologi terkini, kamera ini mampu digunakan di berbagai skenario berkat fasilitas dan fiturnya yang melimpah. Harganya memang cukup mahal, namun fitur yang ditawarkan sebanding dengan harganya. 

Satu kekurangan yang kami temukan adalah kamera ini hanya bisa mengambil gambar sebanyak 7 fps. Dibandingkan dengan kamera lain dengan harga sekelasnya, kemampuan pengambilan gambarnya memang lebih lambat. Untungnya, kamera ini memiliki sistim AF yang sangat baik sehingga kekurangan tersebut bisa cukup dikompensasi.
 

Canon EOS 5D Mark IV

 

9

  • Kualitas gambar bagus
  • Fitur melimpah
  • Baterai tahan lama
  • Bobot cukup berat
  • Pengambilan gambar hanya 7fps di mode burst



(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 hours Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /