Review Motherboard

ASRock Fatal1ty H270 Performance, Sedikit Tanggung

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 01 Feb 2017 19:10 WIB
review motherboard
ASRock Fatal1ty H270 Performance, Sedikit Tanggung
ASRock Fatal1ty H270 Performance

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejauh ini kami sudah mengulas empat motherboard Intel Z270 terbaru. Semuanya mampu membuktikan performa prosesor Intel Core i7-7700K dengan sangat baik.

Kali ini giliran motherboard seri H270 yang kami ulas, dimulai dari ASRock Fatal1ty H270 Performance. Sesuai dengan namanya, motherboard ini merupakan salah satu lini motherboard gaming dari ASRock yang mengedepankan performa.

Fatal1ty H270 Performance telah hadir dengan berbagai fitur khas gaming, termasuk memiliki tampilan yang mencolok dan lampu LED RGB.



Masih sama seperti seri motherboard Fatal1ty sebelumnya, motherboard ini masih dibalut dengan nuansa merah menyala. Desainnya memang tidak jauh berbeda dengan berbagai motherboard gaming yang ada di pasar saat ini, dengan heatsink yang hanya menutupi beberapa bagian saja seperti modul VRM dan chipset. Selebihnya, Fatal1ty H270 Performance hanya dilengkapi dengan pelindung port panel belakangnya.

Sementara itu, fitur perlindungan lain yang terdapat di berbagai motherboard gaming juga minim terlihat di motherboard ini. Satu-satunya pelindung tambahan yang terlihat adalah pada satu slot PCIe x16 saja. Slot RAM dan socket M.2 terlihat tidak mendapatkan fitur pelindung khusus tersebut.



Selain terlihat tanggung secara tampilan karena hanya satu slot PCIe x16 saja yang ditambahkan fitur pelindung, motherboard ini juga terlihat tanggung dalam hal fitur teknisnya. Dalam daftar spesifikasi teknisnya, Fatal1ty H270 Performance hanya mendukung teknologi kartu grafis ganda AMD CrossFire. Sedangkan dukungan teknologi NVIDIA SLI tidak disebutkan.

Meski demikian, Fatal1ty H270 Performance memiliki port dan slot yang tergolong sangat lengkap untuk ukuran motherboard H270. Selain mendukung penggunaan empat keping RAM DDR4, motherboard ini juga telah mendukung penggunaan media penyimpanan melalui socket M.2. Selain itu, terdapat juga 6 buah port SATA 3 untuk penggunaan media penyimpanan lama Anda.



Bagian panel belakang motherboard ini juga memiliki port yang lengkap. Anda bisa menemukan port modern di panel belakang Fatal1ty H270 Performance, salah satunya adalah USB 3.1 Type-C. Bagi Anda yang masih menggunakan monitor lama dengan port D-Sub, ASRock juga masih menyediakan fasilitas tersebut di motherboard ini.

Satu hal yang menarik adalah terdapatnya dua lubang kecil pada panel belakang motherboard ini. Dua lubang tersebut merupakan tempat untuk memasang antena WiFi yang bisa dihadirkan melalui modul khusus. Sayangnya, modul WiFi tersebut tidak disertakan di paket penjualan motherboard ini.

Bagaimana dengan performanya?

Dari beberapa pengujian yang telah kami lakukan, ASRock Fatal1ty H270 Performance tdiak menunjukkan peningkatan performa yang signifikan dari pendahulunya, yaitu motherboard seri H170. Hal tersebut bisa dilihat dari penguijian menggunakan PCMark yang hanya berkisar di angka 5300 poin, mirip dengan skor yang diperoleh oleh motherboard H170. 

Padahal, prosesor yang kami gunakan kali ini adalah Intel Core i7-7700K yang seharusnya lebih kencang dari Core i7-6700K yang digunakan saat menguji motherboard H170.



Meski demikian, bukan berarti motherboard ini tidak menunjukkan adanya peningkatan performa. Pengujian CPU menggunakan Cinebench R15 menunjukkan lompatan performa yang cukup signifikan dari platform H170 ke H270. Fatal1ty H270 Performance bisa memperoleh skor hingga 957 poin. 

Angka tersebut memiliki selisih hampir 100 poin dari rata-rata hasil pengujian di motherboard H170. Namun skor tersebut masih belum mengalahkan jajaran motherboard Z270 yang kami uji beberapa waktu yang lalu.

Kesimpulan

ASRock Fatal1ty H270 Performance bisa dikatakan sebagai motherboard yang tanggung. Selain beberapa fiturnya memang terkesan tanggung, seperti hanya mendukung CrossFire, secara performa keseluruhan motherboard ini juga tidak terlalu jauh berbeda dengan motherboard seri H170.

Meski demikian, bukan berarti ia tidak memiliki kelebihan. Selain hadir dengan port dan slot yang tergolong sangat lengkap, Fatal1ty H270 Performance juga terbukti mampu mengoptimalisasi prosesor Kaby Lake dengan baik, terutama saat melakukan encoding-decoding serta rendering. Selain itu, motherboard ini juga telah mendukung fitur terbaru Kaby Lake, salah satunya adalah Intel Optane.

ASRock Fatal1ty H270 Performance

  • Port dan slot lengkap
  • Optimal dengan prosesor Kaby Lake
  • Mendukung teknologi terbaru
  • Performa keseluruhan kurang memuaskan
  • Beberapa fitur tampil tanggung



(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /