Review Motherboard

ASRock A320M-HDV, Menggiurkan di Kelas Pemula

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 26 Aug 2017 23:17 WIB
asrockreview motherboard
ASRock A320M-HDV, Menggiurkan di Kelas Pemula
ASRock A320M-HDV

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda selalu memantau Metrotvnews.com, beberapa hari yang lalu saya sempat mengulas ASUS Prime A320M-K, sebuah motherboard ekonomis dengan fitur yang cukup lengkap termasuk slot M.2. Kali ini saya akan kembali mengulas motherboard pesaingnya, yaitu ASRock A320M-HDV.

Secara umum, ASRock A320M-HDV memang sangat mirip dengan pesaingnya yang namanya sudah disebutkan sebelumnya. Motherboard ini tampil dengan form-factor m-ATX, sehingga coocok untuk Anda yang ingin merakit PC berukuran mungil. Motherboard ini juga hanya dilengkapi dengan dua slot DIMM yang mendukung RAM DDR4 hingga 3200Mhz.



Slot eskpansi pada motherboard ini juga tergolong minimalis, tetapi sudah sangat mumpuni untuk kelas motherboard m-ATX. ASRock A320M-HDV hadir dengan masing-masing satu slot PCIe x16 dan x1. Dengan demikian Anda hanya bisa memasang satu kartu grafis dan satu perangkat PCIe lainnya. Jumlah slot-nya memang lebih sedikit dari yang ditawarkan oleh pesaingnya.

Meski demikian, ASRock A320M-HDV masih unggul dalam hal variasi display output melalui panel belakangnya. Motherboard ini menawarkan opsi display output berupa HDMI, DVI, dan D-Sub melalui panel belakangnya. Selain opsi output tersebut, ASRock juga menyediakan dua port USB 2.0 dan empat port USB 3.1 Gen 1. Di panel belakangnya, ASRock A320M-HDV juga menyajikan satu port PS/2. Ini berbeda dengan pesaingnya yang memilih untuk menyajikan dua port PS/2.



Perbedaan lain antara ASRock A320M-HDV dengan pesaingnya adalah motherboard ini memiliki 7-phase VRM sehingga menjanjikan daya yang lebih stabil. Sementara opsi penyimpanan masih sama, yaitu menggunakan empat port SATA 6Gbps dan satu slot M.2 dengan mode PCIe dan SATA.

Soal tampilan, Anda tidak bisa berharap banyak di motherboard ini. ASRock A320M-HDV sama sekali tidak menyediakan ospi untuk pemasangan RGB LED. Ia bahkan tidak memiliki LED sama sekali di board-nya.

Bagaimana dengan performanya?

Setelah diuji menggunakan prosesor AMD Ryzen 1300X dan kartu grafis ASUS Radeon RX480 STRIX, saya bisa menyimpulkan performa motherboard ini sangat mirip dengan yang ditawarkan oleh pesaingnya. ASRock A320M-HDV unggul tipis di beberapa pengujian seperti PCMark 8 dan Cinebench R15 multi threading. Namun, ia juga tertinggal tipis di pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike dan Cinebench R15 single threading.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil pengujian ASRock A320M-HDV:



Sementara untuk gaming, motherboard ini juga cukup mumpuni dan bisa menopang kartu grafis kelas menengah-atas seperti RX 480 tanpa indikasi bottleneck. Dengan demikian, ia masih bisa menjadi motherboard yang diandalkan terutama jika dana Anda sangat terbatas.



Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp820 ribu saja, ASRock A320M-HDV memang tampil sangat menggiurkan bagi mereka yang memiliki dana terbatas. Meski slot PCIe sangat terbatas, motherboard ini masih menawarkan performa dan fitur yang cukup untuk membuat sebuah PC gaming hemat.
 

ASRock A320M-HDV 

  • Murah
  • Performa dan fitur cukup mumpuni
  • Slot PCIe lebih sedikit dari pesaing



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /