Review Smartphone

Xiaomi Redmi Note 4, Rasa Premium di Kelas Menengah

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 23 Apr 2017 16:58 WIB
xiaomireview gadget
Xiaomi Redmi Note 4, Rasa Premium di Kelas Menengah
Xiaomi Redmi Note 4.

Metrotvnews.com, Jakarta: Xiaomi memang bukan lagi nama baru di Indonesia, yang telah menarik perhatian konsumen Indonesia sejak kemunculannnya. Keberadaannya di Indonesia juga kian terdukung oleh kehadiran komunitas pecinta merek dan produknya tersebut.

Namun, kehadirannya di Indonesia sempat terhenti akibat sandungan regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Kepergian Hugo Barra turut dinilai akan mempengaruhi eksistensinya tersebut. Kedua faktor ini coba dibantah Xiaomi dengan menghadirkan rangkaian perangkat Redmi baru, termasuk Redmi Note 4.

Secara global sendiri, Redmi Note 4 bukanlah perangkat terbaru Xiaomi dan telah diumumkan sejak delapan bulan lalu. Redmi Note 4 yang hadir saat ini merupakan versi pembaruan dari versi yang diluncurkan lebih dahulu tersebut, dengan bekal prosesor Snapdragon 625.

 

Desain

Xiaomi Redmi Note 4 hadir dengan tampilan elegan dalam balutan warna hitam dan berbahn alumunium. Bahan dan desain yang diusungnya tersebut mampu menghadirkan kenyamanan saat menggenggam smartphone ini.

Mengusung nama Note, Redmi Note 4 hadir dengan layar berdimensi lebih besar jika dibandingkan dengan perangkat Redmi lainnya, yaitu 5,5 inci. Meskipun demikian, hal tersebut juga tidak menghilangkan kenyamanan menggenggam dan menggunakan perangkat, termasuk dengan satu tangan.



Seperti ponsel cerdas Xiaomi pada umumnya, Redmi Note 4 juga dilengkapi dengan tombol menu utama di bagian bawah layar. Selain itu, Anda juga dapat menemukan tombol daya dan volume di sisi kanan perangkat. Posisi kedua tombol ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan pada ponsel lain, menghadirkan umpan balik balik saat ditekan.

Di sisi lainnya, Anda dapat menemukan slot SIM hibrida, salah satu slot dapat digunakan sebagai slot SIM atau sebagai slot kartu MicroSD. Kedua slot kartu SIM tersebut mendukung konektivitas 4G LTE, namun slot kedua hanya akan mendukung jaringan 3G jika kedua slot digunakan untuk kartu SIM.



Sementara itu, jack audio dapat ditemukan pada bagian atas perangkat, sementara micro USB berada di bagian bawah perangkat, diapit oleh lubang speaker. Sedangkan di bagian belakang, Anda dapat menemukan kamera belakang, didampingi oleh sensor pemindai sidik jari dengan susunan vertikal.



 

Software & Antarmuka

Hadir sebagai perangkat kelas menengah dan pertama kali diluncurkan di tahun lalu, Xiaomi masih membekali Redmi Note 4 dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Ponsel cerdas ini didukung dengan antarmuka pengguna versi terbaru Xiaomi, yaitu MIUI 8.

Antarmuka versi baru ini memungkinkan Anda menampilkan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur ini sangat membantu terutama saat menyematkan dua akun WhatsApp dan menggunakan ponsel cerdas ini dengan kartu SIM ganda.



Perangkat ini juga hadir dengan fitur bernama Second Space, memungkinkan Anda menciptakan profil sekunder pada perangkat. Pada fitur ini, Anda dapat memilih sejumlah pengaturan untuk diterapkan pada kedua profil, dengan tema homescreen dan layout berbeda.



Dukungan MIUI 8 juga dilengkapi dengan mode satu tangan, memudahkan Anda untuk mengakses menu dan aplikasi saat digunakan dengan satu tangan. Untuk mengakses mode ini juga tergolong mudah, dengan mengusap layar dari kiri ke kanan dari bagian bawah.

Mode ini memungkinkan perangkat menampilkan layar dengan berbagai ukuran, yaitu dari 4 inci, 4,5 inci atau 3,5 inci. Tersedia juga fitur Quick Ball, memungkinkan Anda mengakses shortcut dengan mudah. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada phablet Xiaomi Mi Max.

 

Kamera & Video

Pada Redmi Note 4, Xiaomi membekalinya dengan kamera belakang 13MP bersensor CMOS BSI, PDAF ultra-cepat 0,1dtk, aperture f/2.0 dan lampu flash LED warna ganda. Kamera Xiaomi Redmi Note 4 secara umum mampu menghasilkan gambar yang baik pada kondisi pencahayaan normal.

Pada hasil foto di kondisi pencahayaan tersebut, kamera mampu menyuguhkan detil cukup baik, meski gambar terlihat sedikit melembut di beberapa foto. Kemampuan fokus yang disuguhkan kamera ponsel cerdas ini juga tergolong cepat.





Pada kondisi pencahayaan redup, Redmi Note 4 menyuguhkan hasil foto dengan detil kurang terjaga, serta dengan tingkat noise yang tinggi. Di sisi lain, hal ini cenderung dapat dimaklumi mengingat Redmi Note 4 merupakan perangkat kelas menengah.





Menariknya, bekal sensor pemindai jari pada bagian belakang Redmi Note 4 memungkinkan Anda memanfaatkannya sebagai pengganti tombol shutter, memudahkan saat memotret diri menggunakan kamera belakang. Selain itu, Redmi Note 4 juga menyediakan tombol shutter pada layar, di lokasi yang sama dengan titik fokus yang dapat diketuk.

 

Performa & Baterai


Didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2,02GHz dan RAM 3GB, Redmi Note 4 mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, tanpa gangguan lag saat menjelajahi galeri berisi banyak foto atau sekadar berpindah dari satu menu aplikasi ke menu lainnya.

Tidak hanya saat berpindah antar menu aplikasi, kenyamanan penggunaan tanpa gangguan lag juga terasa saat mengakses sejumlah tab pada peramban bawaan Xiaomi Redmi Note 4 ini. Sesuai dengan segmentasi menengah, performa yang disuguhkannya tidak sebaik ponsel unggulan lain. Meskipun demikian, performanya tersebut cukup baik untuk pengguna kasual.



Aktivitas multitasking juga ditampilkan Redmi Note 4 dengan baik. Perangkat ini juga mampu menangani game dengan tingkat grafis intensif seperti yang kami temukan saat memainkan game Asphalt 8: Airbone. Panas yang dihasilkan juga tergolong normal, mengingat bodi belakang menggunakan material aluminium yang mudah menghantarkan panas. 

Untuk baterai, Xiaomi Redmi Note 4 berbekal baterai yang tidak dapat dilepas dengan kapasitas 4.100 mAh. Kombinasi kapasitas besar tersebut dengan software optimisasi dan efisiensi daya milik Snapdragon 625, mampu menyuguhkan performa baterai yang memuaskan pada Redmi Note 4.

Pada penggunaan aktif, baterai Redmi Note 4 mampu bertahan selama 13 jam 27 menit. Sementara itu pada penggunaan normal, perangkat ini mampu bertahan hampir selama 15 jam. Sayangnya, Xiaomi tidak membekali Redmi Note 4 dengan fitur Quick Charging, sehingga untuk mengisi penuh baterai perangkat ini, Anda perlu menunggu lebih dari 30 menit.


Kesimpulan

Performa baik tanpa gangguan lag, serta daya tahan baterai dalam jangka waktu lama, menjadikan perangkat ini sesuai bagi Anda yang dengan mobilitas tinggi.

Selain itu, penawaran harga terjangkau sebesar Rp2,4 juta turut menjadi daya tarik lain untuk Xiaomi Redmi Note 4 ini, sesuai untuk konsumen dengan anggaran terbatas. Anda harus sedikit bersabar dengan performa kameranya pada kondisi pencahayaan redup.
 
  Xiaomi Redmi Note 4
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz
RAM 3GB
OS Android 6.0 Marshmallow + MIUI 8
GPU Adreno 506 650MHz
Memori Internal 32GB
Kamera Depan 5MP, Belakang 13MP
Baterai 4.100 mAh
Layar 5,5 inci HD (1920x1080 piksel)
Harga Rp2.499.000
 

Xiaomi Redmi Note 4

 

8,1

  • Daya tahan baterai lama
  • Performa baik
  • Desain ringkas
  • Tidak mudah panas
  • Performa kamera pada kondisi pencahayaan redup agak mengecewakan



(MMI)

Video /