Review Peripheral

Menjajal ASUS ZenBeam Go E1Z, Proyektor Sekaligus Pengisi Daya Ponsel

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 13 Jul 2017 23:34 WIB
asusreview peripheral
Menjajal ASUS ZenBeam Go E1Z, Proyektor Sekaligus Pengisi Daya Ponsel
ASUS ZenBeam Go E1Z

Metrotvnews.com, Jakarta: Kegiatan sehari-hari kita memang tidak bisa lepas dari gadget seperti smartphone dan tablet. Hal tersebut dikarenakan gadget yang ada saat ini bisa memenuhi hampir semua kebutuhan, mulai dari berkomunikasi, hingga menikmati hiburan. Tidak sedikit orang yang memilih untuk menonton film kesayangannya melalui ponsel, terutama dengan semakin banyaknya layanan streaming saat ini.

Namun, bukan berarti menonton film di smartphone hardir tanpa halangan. Layar smartphone yang kecil membuat detail minor di film menjadi mudah terlewat. Selain itu, kebanyakan orang juga akan lebih nyaman jika menonton film di layar yang lebih besar karena nuansa yang dihadirkan akan lebih nyata. Itulah yang menurut kami menjadi inspirasi ASUS untuk merancang ZenBeam Go E1Z.



Sebelum mengulas lebih jauh, izinkan kami untuk menobatkan ZenBeam Go E1Z sebagai salah satu perangkat paling unik yang pernah diulas di Metrotvnews.com. Mengapa? Sekilas perangkat ini memang seperti sebuah powerbank dan Anda yang menebak pertama kali bahwa ZenBeam Go E1Z adalah powerbank memang tidak salah.

ASUS ZenBeam Go E1Z merupakan sebuah powerbank dengan kapasitas 6.400 mAh. Daya tersebut lebih dari cukup untuk mengisi sebagian besar ponsel yang ada saat ini. Bahkan beberapa model ponsel perangkat ini mungkin bisa digunakan dalam dua kali pengisian daya.



ZenBeam Go E1Z bukan sekadar powerbank biasa. Perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai proyektor mini. Ya, Anda memang tidak salah baca, perangkat ini adalah proyektor sekaligus powerbank untuk gadget Anda.

Kualitas proyeksinya juga tergolong sangat baik. Meski resolusinya hanya 854x480 pixel, ZenBeam Go E1Z masih bisa menampilkan gambar dengan sangat baik dalam ukuran proyeksi 120 inci. Kualitas gambarnya juga sangat jelas dan cukup terang. Meski demikian, kami sangat menyarankan agar Anda menggunakannya di kondisi gelap untuk pengalaman maksimal.



ZenBeam Go E1Z sudah dilengkapi dengan sebuah speaker, meski suaranya tidak terlalu baik namun cukup keras. Opsi lain adalah menggunakan speaker eksternal yang bisa dihubungkan melalui port audio 3.5mm. Yang membuatnya menarik adalah perangkat ini sangat fleksibel dan bisa ditempatkan di berbagai orientasi yang berbeda karena layarnya akan menyesuaikan diri dengan orientasi tersebut.

Kesimpulan

Bagi Anda yang gemar menonton film melalui smartphone atau tablet, ZenBeam Go E1Z merupakan perangkat unik yang patut dimiliki. Dengan segala kelebihannya yang telah dijabarkan di atas, perangkat ini sangat cocok sebagai teman hiburan Anda.

Minusnya, ZenBeam Go E1Z tidak bisa digunakan bersama perangkat yang tidak kompatibel dengan aplikasi khususnya yaitu DisplayLink. Ia juga menggunakan koneksi USB pada ponsel untuk menampilkan gambar, sehingga Anda tidak bisa mengisi daya sambil menonton film melalui perangkat ini. Ia hanya bisa mengisi daya perangkat lainnya, bukan yang sedang digunakan untuk memproyeksikan gambar. Semua itu juga harus ditebus seharga Rp4.900.000.
 

ASUS ZenBeam Go E1Z

  • Ringkas dan fleksibel
  • Hasil proyeksi jelas
  • Bisa digunakan dengan PC
  • Bisa jadi powerbank
  • Hanya bisa digunakan di perangkat yang kompatibel dengan aplikasi DisplayLink
  • Hanya bisa mengisi daya perangkat lain sambil digunakan, bukan perangkat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar



(MMI)

Video /