Review AIO PC

Dell Inspiron 20 3000, AIO untuk Pemula

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 13 Sep 2016 21:19 WIB
review laptop
Dell Inspiron 20 3000, AIO untuk Pemula
Tampilan Inspiron 20 3000 dari Dell.

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun Dell berkata bahwa mereka ingin fokus pada laptop 2-in-1, tapi mereka juga menyediakan All-in-One alias AIO. AIO PC biasanya ditujukan untuk orang-orang yang ingin komputer bertenaga tapi tetap hemat ruang, AIO dapat menjadi alternatif dari laptop. Salah satu AIO yang Dell sediakan adalah Inspiron 20 3000.

Dengan jajaran Inspiron 20 3000, Dell tampaknya menyasar pengguna pemula. Hal ini terlihat dari desainnya yang terkesan sederhana dan komponen-komponennya yang cukup mumpuni tapi tidak luar biasa. Untuk Inspiron 20 3000, Dell menyediakan varian touchscreen dan non-touchscreen.

Metrotvnews.com mendapatkan versi non-touchscreen. Inspiron 20 3000 memiliki layar yang cukup besar, 19,5 inci dengan resolusi 1600x900 pixel. Ia cukup besar untuk digunakan untuk menonton video bersama keluarga meski sebagian dari Anda mungkin merasa kepadatan piksel pada layar kurang tinggi, membuat gambar menjadi kurang tajam.

Tanpa stand, AIO dari Dell ini memiliki berat 3,22 kg. Meski tidak seringan laptop, tapi Anda dapat memindahkannya dari satu ruangan ke ruangan lain dengan cukup mudah. Karena Inspiron 20 3000 tidak dilengkapi dengan baterai internal, maka Anda harus memastikan ia cukup dekat dengan socket listrik. 

Dalam paket pembelian, Anda akan mendapatkan satu mouse dan keyboard dari Dell. Keduanya merupakan perangkat standar yang terhubung melalui kabel. Baik mouse dan keyboard yang diberikan oleh Dell cukup nyaman untuk digunakan.

Dell menyediakan berbagai opsi untuk Inspiron 20 3000. Kali ini, saya berkesempatan untuk mencoba AIO dengan prosesor Intel Core-i3 dengan VGA Intel HD Graphics 520. Mengingat ia memang ditujukan untuk pengguna pemula, ia cukup bertenaga untuk menjelajah internet, menonton video atau membuka media sosial.

Di bawah ini adalah hasil benchmark untuk Inspiron 20 3000.





Salah satu hal yang ditonjolkan oleh Dell pada Inspiron 20 3000 miliknya adalah karena ia tidak memiliki banyak bloatware. Harus diakui, memang tidak banyak software yang Dell langsung pasang pada AIO miliknya yang satu ini. 

Dari segi sistem operasi, Dell menawarkan Windows 8.1. Dari semua OS yang diluncurkan Microsoft, harus diakui bahwa Windows 8.1 merupakan salah satu sistem operasi yang tidak terlalu populer. OS ini memang fungsional, terutama jika digabung dengan tablet atau PC dengan touchscreen, tapi jika Anda terbiasa menggunakan Windows 7 atau Windows 10, kembali menggunakan Windows 8.1 mungkin akan membuat Anda menjadi sedikit kikuk.

Sayangnya, Microsoft juga sudah tidak lagi menawarkan update gratis ke Windows 10. Jadi, jika Anda ingin melakukan update, Anda harus melakukan pembelian secara terpisah.

Dari segi port, Inspiron 20 3000 dari Dell terbilang cukup lengkap. Di bagian samping, Anda akan menemukan tombol OSD, 2 port USB 3.0, tombol power, card reader, dan audio jack. Sementara di bagian belakang, Anda akan menemukan 2 port USB 2.0, port LAN dan Kensington Lock, yang berfungsi sebagai kunci fisik pada komputer.

Dell Inspiron 20 3000

Dell Inspiron 20 3000 cocok bagi Anda yang ingin menggunakannya sekadar untuk melakukan tugas-tugas tidak berat atau menjadikannya sebagai sistem hiburan keluarga. Ia juga cocok digunakan untuk anak-anak atau pengguna pemula yang tidak membutuhkan PC dengan performa tinggi.

Namun, jika Anda adalah seorang gamer atau memerlukan PC untuk melakukan proses berat seperti mengolah video, maka AIO dari Dell ini mungkin kurang tepat. Kelebihan utama dari AIO ini adalah karena ia memiliki bodi yang ringkas meski memiliki layar yang cukup lebar. Jadi, Anda tidak perlu bingung memikirkan tempat untuk meletakkan komputer ini.

 
  Dell Inspiron 20 3000
Prosesor Intel Core™ i3-6100U
GPU Intel HD Graphics 520
RAM 4GB 
Penyimpanan 500GB 
Bobot 3,22 kg (tanpa stand) 
Paket Penjualan Adapter, Manual, Setup Instruction, Warranty Card, Mouse, Keyboard
Harga Rp8.129.000 (kisaran)



(MMI)

Video /