Review Notebook

Menguji Notebook Rp5 Juta, ASUS TP201S

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 07 Oct 2016 22:31 WIB
review laptop
Menguji Notebook Rp5 Juta, ASUS TP201S
ASUS TP201S

Metrotvnews.com, Jakarta: ASUS memiliki jajaran notebook yang sangat banyak. Jika diadu dengan kompetitornya, ASUS termasuk salah satu produsen dengan jajaran notebook di kelas menengah yang cukup variatif. Notebook ASUS selanjutnya yang kami jajal kali ini adalah VivoBook TP201S.

Menyediakan spesifikasi dan dimensi yang terbilang berimbang, ASUS VivoBook TP201S cukup bersaing di kelasnya. Seperti apa fitur, kelebihan, dan kekurangan dari notebook dengan harga sekitar Rp5 juta ini?

 

Desain

ASUS VivoBook TP201S adalah notebook elegan, yang langsung terlihat dari bodinya. Unit laptop yang kami uji kali ini menyematkan warna Icicle Gold, balutan warna emas dengan tekstur khusus yang terlihat seperti warna perak. Tekstur ini cukup mengkilap dan mudah dibersihkan. Aspek desain yang unik bukanlah berasal dari warna yang tersemat, melainkan dari antarmuka yang terpasang.

Tombol power yang biasanya terpasang tidak jauh dari tombol keyboard, kini berada di samping kiri, yang biasanya dipakai untuk ruang sirkulasi udara atau port lainnya. Alhasil, pinggiran kiri ASUS VivoBook TP201S cukup ramai karena juga menyediakan tombol power yang agak panjang.



Untuk antarmukanya secara keseluruhan, ASUS VivoBook TP201S terbilang lumayan lengkap. Anda bisa melihat satu port USB Type-C, port HDMI, slot micro SD, dan port USB 3.0. Port khusus mengisi baterai juga terletak di pinggir kiri, sementara satu port USB 3.0 berikutnya dan jack audio 3,5mm berada di sisi berlawanan. Sementara untuk indikator power, baterai, dan caps lock, Anda bissa melihatnya di pinggiran belakang.

Masih membicarakan desain, ASUS VivoBook TP201S mempunyai satu perbedaan yang mencolok dengan notebook lainnya, yaitu ketiadaan ruang sirkulasi udara. Adapun lubang di sisi bawah adalah ruang untuk speaker. Sekadar informasi  tambahan, penempatan speaker ini sudah tepat karena behimpit dengan kaki yang memiliki ketinggian berbeda.



Anda tidak akan menemukan lubang udara yang cukup besar di notebook ini, termasuk di bagian penutup bawah. Hal ini biasanya mengundang pertanyaan ke konsumen, dan sering membuat kekhawatiran akan masalah panas. Untungnya, prosesor yang tertanam tidak akan menciptakan masalah tersebut.

Satu-satunya kekurangan ASUS VivoBook TP201S adalah material bodi pada bagian engsel yang berbeda dengan bagian lainnya. Bagian engsel ini mudah lecet jika Anda sering menggunakan notebook ini dalam mode tablet, karena bagian yang pada umumnya tertutup di notebook standar, menadji mudah bersentuhan dengan objek lain.

 

 

Performa

Menjanjikan adalah kata pertama yang melintas di pikiran saya ketika menjajal performa ASUS VivoBook TP201S. Notebook ini dirancang untuk keperluan kerja, dan saya bisa mengatakan laptop ini bisa memenuhi keperluan tersebut. ASUS VivoBook TP201S menggunakan prosesor Intel Pentium N3710 1,6GHz quad-core. Prosesor Braswell ini sanggup menghasilkan kecepatan hingga 2,6GHz, dengan konsumsi daya maksimum mencapai 6W. Prosesor tersebut berduet dengan RAM 4GB dan memori internal HDD 500GB. 

Seperti yang sudah dijelaskan, penggunaan prosesor Intel Pentium N3710 membuat ASUS VivoBook TP201S tidak menghasilkan panas yang berlebihan. Hal ini terbukti ketika notebook ini menjalankan aplikasi PCMark, termasuk dalam pengujian daya tahan baterai. Panas tentunya masih tetap ada, dan Anda akan merasakannya pada pinggiran sisi kiri keyboard. Alasannya adalah pemasangan antarmuka yang sebagian besar ada di bagian ini.

Penggunaan prosesor pastinya berpengaruh pada konsumsi daya baterai. ASUS VivoBook TP201S mampu bertahan hingga 7 jam dalam skenario dipakai untuk mengetik, memutar lagu, atau sambil menonton film. Meskipun prosesornya termasuk kelas bawah, ia masih sanggup menjalankan Windows 10 64-bit. Kinerjanya terasa lambat hanya pada saat notebook pertama kali dinyalakan.








 

Fitur

ASUS VivoBook TP201S memiliki layar sentuh karena termasuk ke dalam kategori 2-in-1. Ya, layar notebook ini bisa diputar 360 derajat, memungkinkannya beroperasi dalam mode tablet yang mematikan fungsi keyboard secara otomatis. Fitur ini membuat ASUS VivoBook TP201S termasuk ke dalam laptop ringkas multifungsi. Selain itu, tampilan layarnya juga memiliki sudut pandang hingga 178 derajat dan sentuhan 10 jari di saat yang bersamaan.

Dari aspek software, seperti biasa, ASUS menanamkan jajaran aplikasi internal mereka, yang lebih berfokus pada layanan purna jual dan keperluan lainnya. 

 

 

Kesimpulan

ASUS VivoBook TP201S adalah notebook 2-in-1 yang cukup menarik, baik dari segi desain dan spesifikasi yang ditawarkan. Dari aspek harga, notebook ini masih kompetitif, walau harus diakui masih ada produk lain dengan harga yang lebih murah.

Biasanya, harga yang lebih murah ini memiliki kekurangan tersendiri, misalnya ketiadaan dukungan touchscreen atau kapasitas penyimpanan yang lebih kecil. Spesifikasi yang tertanam juga berbeda, mungkin saja prosesor yang dipakai memiliki performa yang lebih baik.
 
  ASUS TP201S
Ukuran Layar  11,6 inci (1366 x 768 pixel)
Prosesor Intel Pentium N3710 1,6GHz
GPU Intel HD Graphics
RAM 4GB 
Penyimpanan  HDD 500GB
Dimensi 297 x 201.3 x 21.95 mm
Bobot 1,39Kg (termasuk baterai)
Baterai 3 cells
Harga Rp4.990.000
 

ASUS TP201S

 

8

  • Performa dan desain menarik
  • Tidak panas
  • Mode tablet dan sudut pandang layar tinggi
  • Bagian engsel mudah lecet



(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /