Review Motherboard

ASUS TUF Z270 Mark I, Mewah untuk Kalangan Enthusiast

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 14 Jan 2017 11:53 WIB
asusreview motherboard
ASUS TUF Z270 Mark I, Mewah untuk Kalangan Enthusiast
ASUS TUF Z270 Mark I

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan pasar motherboard Z270 semakin sengit. Berbagai vendor telah merilis produk andalannya di ajang CES 2017 kemarin. Semuanya hadir dengan beragam fitur unik untuk menarik konsumen.

Sebelumnya, kami telah menguji dua motherboard Z270, yaitu MSI Z270 GAMING M5 yang merupakan motherboard gaming, serta ASRock Z270 Extreme 4 yang merupakan motherboard untuk pengguna profesional. Kali ini kami akan mengulas salah satu motherboard Z270 dari ASUS, yaitu TUF Z270 Mark I.

Sama seperti seri The Ultimate Force (TUF) sebelumnya, TUF Z270 Mark I juga masih ditujukan untuk para pengguna kelas enthusiast yang menginginkan motherboard dengan fitur lengkap dan performa kelas atas. Motherboard ini juga masih tampil dengan ciri khasnya, yaitu memiliki lapisan pelincung (armor) khusus yang menutupi hampir seluruh permukaannya.



Lapisan tersebut hadir bukan hanya sekadar memberkan kesan mewah semata. Di situs resminya, ASUS menjabarkan armor tersebut khusus dirancang untuk melindungi motherboard dari berbagai hal, mulai dari kecelakaan saat memasang komponen, hingga dari debu. Lapisan TUF Z270 Mark I juga dirancang khusus agar motherboard lebih kokoh secara fisik dan tidak mudah rusak.

Kami juga cukup terkejut ketika membuka isi paket penjualan motherboard ini. Di dalam kotaknya, TUF Z270 Mark I dilengkapi dengan beragam pernak-pernik. Salah satu pernak-pernik tersebut adalah pelindung socket PCIe x16 dan PCIe x1. Jadi jika socket-nya tidak digunakan, Anda bisa memasang pelindung tersebut agar tidak mudah terkena debu.



Menariknya lagi, TUF Z270 Mark I juga memiliki sistem pendingin khusus yang tidak pernah kami temukan di motherboard lain. TUF Z270 Mark I dibekali dengan fitur bernama ICe. Fitur tersebut memungkinkan  pemantauan suhu secara menyeluruh dengan akurasi yang tinggi. Semua itu bisa dicapai berkat kehadiran sebuah chip khusus yang ditanam di motherboard ini.

Pengguna motherboard ini juga bisa memantau aktivitas hampir dari setiap komponen penting yang ada di motherboard ini melalui fitur Thermal Radar 2+. Fitur tersebut memungkinkan pengguna TUF Z270 Mark I untuk memonitor status CPU dan GPU, mengontrol aliran daya di motherboard, hingga memantau sekaligus mengatur konfigurasi setiap kipas yang terhubung.



Masih kurang? ASUS menyediakan fitur TUF Detective. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk memantau status PC melalui aplikasi ponsel khusus. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai pengaturan serta mengetahui diagnosis pada sistem ketika terjadi kesalahan atau error. Semua bisa dilakukan tanpa menghidupkan PC Anda.

Fitur premium pada juga bertengger di ASUS TUF Z270 Mark I. Sebut saja Aura Sync yang merupakan fitur untuk mengatur tampilan RGB LED pada motherboard ini. Selain itu, terdapat juga teknologi overclocking khusus bernama ASUS PRO Clock yang memungkinkan pengguna untuk menaikkan kecepatan prosesor Kaby Lake hingga 425MHz dengan hanya menekan satu tombol.



Fitur lainnya yang terdapat di motherboard ini juga sangat lengkap. TUF Z270 Mark I telah dilengkapi dengan tida slot PCIe x16, dua slot M.2, SATA3, SATA Express, USB 3.1 (Type-A dan Type-C), serta USB 3.0 yang jumlahnya tergolong banyak. Selian itu, ia juga memiliki dua port Ethernet (LAN) dan kipas khusus di bagian armor agar seluruh suhu komponen tetap terjaga.

Lalu bagaimana dengan performanya?

Hingga artikel ini dimuat, ASUS TUF Z270 Mark I merupakan motherboard Z270 dengan performa terbaik yang pernah kami uji. Ketika diuji menggunakan prosesor terbaru Intel Core i7-7700K, TUF Z270 Mark I terbukti mampu bekerja secara lebih optimal ketimbang kompetitornya.



ASUS TUF Z270 Mark I berhasil menghasilkan skor 5830 poin pada pengujian menggunakan PCMark 8. Sementara pengujian Cinebench R15 berhasil meraih 1035 poin. TUF Z270 Mark I merupakan motherboard LGA 1151 pertama yang kami uji berhasil meraih skor Cinebench R15 di atas 1000 poin. Tentu saja ini menandakan TUF Z270 Mark I merupakan motherboard yang mampu menawarkan performa sangat baik dan di atas para kompetitornya.

Kesimpulan

Jika Anda adalah pengguna yang mengutamakan performa dan fitur di atas segalanya, ASUS TUF Z270 Mark I adalah pilihan yang tepat. Motherboard ini teruji memiliki performa yang sangat baik. Selain itu, ia juga sangat kokoh dan memiliki fitur premium yang sangat lengkap. 

Minusnya, motherboard ini agak sulit dipasangi sistem pendingin berukuran besar, seperti Noctua NH-C14S yang kami gunakan sebagai standar pengujian. Selain itu, harga motherboard ini juga sudah dipastikan akan di atas rata-rata mengingat fitur yang ditawarkan sangat banyak.
 

ASUS TUF Z270 Mark I

  • Fitur melimpah
  • Port dan slot banyak
  • Performa sangat baik
  • Desain kokoh
  • Agak sulit dipasangi pendingin prosesor berukuran besar
  • Harga premium



(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /