Review Smartphone

Xiaomi Mi Mix: Menarik, Kencang, Tapi Belum Sempurna

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 12 Nov 2016 10:03 WIB
xiaomireview gadget
Xiaomi Mi Mix: Menarik, Kencang, Tapi Belum Sempurna
Xiaomi Mi Mix

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa waktu yang lalu Xiaomi merilis ponsel baru yang bernama Mi Mix. Ponsel yang sebelumnya dikenalkan sebagai ponsel konsep ini memang cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, ia merupakan ponsel dengan desain bezel-less yang memiliki rasio layar terhadap bodi hingga 83,6 persen. Artinya, sebagian besar permukaan bagian depan ponsel ini merupakan layar.

Tentu saja keunggulan tersebut merupakan nilai plus yang sulit disaingi. Namun apakah hanya desain layarnya saja yang diunggulkan di ponsel ini?

Unggul di Desain

Kali ini saya salut dengan Xiaomi. Mi Mix merupakan sebuah ponsel yang tampil sangat percaya diri, sama sekali tidak mengekor tren yang telah ada. Tidak seperti ponsel unggulan pada umumnya yang menggunakan bodi metal, Mi Mix justru melakukan pendekatan berbeda dengan menggunakan bodi berbahan keramik.



Bodi berbahan keramik diklaim lebih kuat dan lebih tahan terhadap goresan ketimbang metal. Namun dalam presentasinya, pihak Xiaomi mengatakan bahan keramik ini sulit untuk dibuat. Itu sebabnya mengapa ponsel ini hanya diproduksi sebanyak 10.000 unit per bulannya. Di sisi lain, ini merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh Mi Mix.

Bodi keramik Mi Mix terlihat sangat mengkilap, namun hal tersebut membuat sidik jari pengguna mudah menempel di bodinya. Bodinya juga cukup berat dan sayangnya licin ketika digenggam. Ini juga membuat Mi Mix lebih mudah terselip dari tangan sehingga Anda harus ekstra hati-hati ketika menggenggamnya.



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Mi Mix memang menggunakan desain bezel-less yang artinya bezel yang memisahkan bodi dengan layar hampir tidak kelihatan. Desain tersebut memang sangat menarik dan membuat Mi Mix terlihat mewah dan berbeda. Kelemahannya, Mi Mix juga menjadi lebih ringkih karena bezel yang sangat tipis membuat layarnya mudah rusak jika terbentur.

Untungnya, Xiaomi memberikan pelindung khusus berbahan kulit yang cukup tebal untuk membungkus Mi Mix. Dengan demikian, setidaknya Mi Mix bisa digenggam lebih nyaman dan lebih terlindung dari berbagai benturan ringan.

Antarmuka Lebih Intuitif

Xiaomi Mi Mix merupakan salah satu ponsel yang telah hadir menggunakan sistem antarmuka MiUI 8 yang merupakan versi terbaru. Beberapa perubahan terdapat di sistem antarmuka ini. Salah satu yang pertama kali saya temukan adalah menu tray yang berada di atas layar. 

Kali ini menu tersebut tidak menampilkan semua opsi pengaturan cepat. Anda harus menggeser menu pengaturan yang ada untuk mengakses semua pengaturannya. Ini membuat semua pengaturan cepat mulai dari WiFi, NFC, Bluetooth, GPS, hingga tingkat kecerahan layar bisa ditempatkan dan diakses di satu tempat.



Sistem menu tray yang baru ini bukanlah hal yang paling menarik di MiUI 8. Salah satu perubahan besar yang terdapat di MiUI 8 kali ini adalah adanya sistem antarmuka baru yang bernama Quick Ball. Ia merupakan antarmuka yang memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai pintasan.

Sistem Quick Ball memang mirip dengan yang ada di ponsel Galaxy Note 5 dan Note 7, serta di iOS. Pintasan pada Quic Ball juga bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. Pintasan tersebut hanya menyediakan fungsi-fungsi tertentu. Anda tidak bisa menaruh pintasan tambahan pada Quick Ball.



Xiaomi Mi Mix yang kami uji juga masih menggunakan ROM asal Tiongkok, jadi masih belum berbahasa Indonesia. Beberapa menu juga masih menggunakan bahasa Mandarin. Misal saja di keyboard, beberapa menunya masih berbahasa Mandarin yang kadang menyulitkan saya.

Penggunaan ROM Tiongkok juga membuat Mi Mix tidak hadir dengan aplikasi bawaan Google, termasuk Play Store. Namun hal tersebut masih bisa diakali dengan melakukan instalasi terpisah.

Performa Super Kencang

Performa juga merupakan salah satu hal yang diandalkan oleh Xiaomi di Mi Mix. Ponsel flagship baru Xiaomi ini memang hadir dalam dua varian. Varian tertinggi menggunakan RAM sebesar 6GB dan penyimpanan sebesar 256GB. Sedangkan varian terendah yang kami uji kali ini memiliki RAM 4GB dan penyimpanan 128GB.

Meski demikian, kedua varian ponsel Mi Mix menggunakan chipset Snapdragon 821 yang merupakan chipset mobile Qualcomm yang berada di kasta tertinggi untuk saat ini. Tidak banyak ponsel yang menggunakan chipset ini. Satu-satunya ponsel yang menggunakan Snapragon 821 yang saya ketahui hanyalah ASUS ZenFone 3 Deluxe yang telah dirilis di Indonesia beberapa waktu yang lalu.



Snapdragon yang dipasang di Xiaomi Mi Mix menggunakan konfigurasi quad-core yang terdiri dari dua core 2,35GHz dan dua core 1,6GHz. Snapdragon 821 juga didukung oleh GPU Adreno 530 yang juga merupakan GPU terkini. Kombinasi tersebut memungkinkan Mi Mix untuk melibas berbagai aplikasi berat.

Tidak hanya itu, Mi Mix sejauh ini merupakan ponsel dengan skor tertinggi. Pengujian menggunakan 3DMark Unlimited menunjukkan skor sangat tinggi, yaitu hingga 32.338 poin. Skor tersebut bahkan lebih tinggi dari Samsung Galaxy S7 Edge yang hanya berhasil menghasilkan skor 30.097 poin.



Sementara di pengujian menggunakan PCMark, Xiaomi Mi Mix berhasil meraih skor 5.105 poin. Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7 Edge yang memiliki skor 5.218 poin, Mi Mix tertinggal tipis. Artinya, Mi Mix memiliki performa yang lebih baik dalam hal pengolahan grafis, sementara Galaxy S7 Edge sedikit lebih baik dalam penggunaan ponsel secara umum.



Untuk baterainya, Mi MIx juga tergolong sebagai ponsel yang memiliki daya tahan baterai cukup lama. Ia bahkan bisa bertahan hingga 9 jam di pengujian menggunakan PCMark Battery. Penggunaan baterai berdaya 4400mAh memang memberikan manfaat yang sangat besar pada ponsel ini.

Kamera Mengecewakan

Xiaomi Mi Mix memang memiliki banyak kelebihan. Bodinya menggunakan material keramik, layarnya hadir hampir tanpa bezel, dan performanya juga sangat baik. Yang paling disayangkan dari ponsel ini adalah performa kameranya yang bagi saya sangat tidak memuaskan untuk sebuah ponsel flagship.



Mi Mix memliki kamera utama dengan resolusi cukup tinggi, yaitu 16MP. Kamera tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Electronic Image Stabilization, phase detection auto focus, dual tone flash, hingga face detection dan HDR. Sementara kamera depannya hanya memiliki resolusi 5MP saja.

Yang menjadi masalah bukanlah fitur atau teknologi yang diusung pada kamera ini. Hasil jepretan Xiaomi Mi Mix tergolong kurang memuaskan. Bagi saya, kamera Mi Mix seperti sangat sensitif terhadap cahaya. Beberapa kali saya mencoba memotret menggunakan ponsel ini, hasilnya adalah cahaya yang dihasilkan di foto hampir selalu tampil berlebihan.



Kamera Mi Mix juga kurang bersahabat jika digunakan di kondisi minim cahaya. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya noise yang muncul. Bahkan di kondisi yang bagi saya tergolong terang, noise masih sering muncul di foto yang diambil oleh kamera ponsel ini.



Jika dilihat dari daftar fiturnya, Mi Mix memang tidak memiliki fitur khusus pada kameranya. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat kamera merupakan salah satu fitur paling penting bagi sebagian besar pengguna. Pesaingnya seperti ASUS ZenFone 3 Deluxe yang menggunakan teknologi laser auto focus, atau Huawei P9 yang menggunakan dua lensa bahkan bisa menambahkan nilai lebih di fitur kameranya.

Kesimpulan

Xiaomi Mi Mix memang sangat menggiurkan untuk dimiliki. Selain memiliki bodi yang cantik, layarnya yang sangat lebar dan tampil dengan bezel super tipis merupakan daya tarik tersendiri yang belum ada di ponsel manapun. Performanya juga sangat baik, dan ia memiliki baterai besar yang mampu membuat ponsel ini bertahan seharian.

Meski demikian, bukan berarti Mi Mix merupakan ponsel yang sempurna. Salah satu kelemahan terbesarnya justru terdapat di salah satu fitur yang paling penting, yaitu kamera. Bagi saya, kamera Mi Mix tidak mencerminkan ponsel ini sebagai ponsel flagship premium. Bahkan ponsel Xiaomi lain yang harganya lebih murah bisa mengambil gambar lebih baik dari Mi Mix.

Hingga saat ini Xiaomi juga masih belum memiliki rencana untuk merilis Mi Mix di luar Tiongkok. Hal tersebut juga telah dikonfirmasi langsung oleh Hugo Barra. Mi Mix sendiri dibanderol dengan harga RMB3.499 atau sekitar Rp7,5 juta.
 
  Xiaomi Mi Mix
Prosesor Qualcomm Snapdragon 821 (2 x 2,35 GHz + 2 x 1,6GHz) quad-core
RAM 4GB
OS Android 6.0.1 Marshmallow
GPU Adreno 530
Memori Internal 128GB
Kamera 16MP (belakang), 5MP (depan)
Baterai 4.400 mAh
Layar 6,4 inci (1080 x 2040 pixel)
Harga RMB3.499 (kisaran Rp7,5 juta)

Xiaomi Mi Mix

 

8,1

  • Desain dan bodi yang sangat menarik
  • Baterai tahan lama
  • Layar besar
  • Performa sangat baik
  • Tidak tersedia selain di Tiongkok
  • Kamera mengecewakan
  • Sidik jari mudah membekas



(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /