Review Notebook

Lenovo IdeaPad 520S, Menengah dengan Fitur Premium

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 20 Mar 2018 22:16 WIB
lenovoreview laptoplaptop
Lenovo IdeaPad 520S, Menengah dengan Fitur Premium
Lenovo IdeaPad 520S. (Medcom.id)

Jakarta: Lenovo memang dikenal dengan lini ThinkPad miliknya yang ditujukan untuk korporat. Namun, perusahaan asal Tiongkok itu sebenarnya juga menyediakan sekumpulan laptop untuk konsumen.

Ialah lini laptop IdeaPad, yang Lenovo tujukan sebagai laptop konsumen. Salah satu laptop dari lini IdeaPad adalah 520S. Laptop yang masuk kelas menengah ini juga dilengkapi dengan beberapa sentuhan premium dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Desain

IdeaPad 520S memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD. Sebagai laptop dengan ukuran layar 14 inci, IdeaPad 520S memiliki bezel yang cukup tipis meski tidak setipis Dell XPS 13. Tidak heran, mengingat keduanya memang ada di kelas yang berbeda. 

Laptop buatan Lenovo ini memiliki tebal 19,3 mm dengan bobot 1,7 kilogram. Ini menjadikan IdeaPad 520S cukup mudah untuk dibawa berpergian, meski saya tidak akan menyebutkan laptop ini cocok bagi Anda yang perlu membawa laptop kemanapun Anda pergi. 



IdeaPad 520S memiliki bagian atas dan bagian sekitar keyboard yang terbuat dari aluminium, membuatnya tampil layaknya laptop premium. Sayangnya, bagian sisi layar tetaplah terbuat dari plastik. Namun, ini tetaplah lebih baik dari laptop kelas pemula yang seluruh bodinya terbuat dari plastik. 

Untuk soal konektivitas, Lenovo melengkapi IdeaPad 520S dengan satu port USB 2.0, satu USB 3.0 dan satu USB Type-C. Bagi saya yang masih menggunakan aksesori yang memerlukan port USB standar, fakta bahwa Lenovo tidak hanya melengkapi IdeaPad dengan USB Type-C sangat membantu. Selain itu, Lenovo juga memasang port HDMI dan card reader



 

Fitur

Salah satu fitur yang Lenovo tanamkan pada IdeaPad 520S adalah Lenovo Vantage Technologies. Pada dasarnya, ia adalah sekumpulan program utilitas yang berfungsi memudahkan pengguna dalam melakukan perawatan dan optimasi dari laptop.



Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengatur atau memeriksa beberapa hal, seperti pengaturan hardware dan juga pembaruan sistem. Pada pengaturan hardware misalnya, Anda bisa memeriksa baterai, memastikan apakah baterai masih ada dalam keadaan yang baik atau tidak.

Sementara pada system update, Anda bisa mengatur apakah laptop akan secara otomatis mengunduh pembaruan yang bersifat penting atau mengaktifkan pengingat ketika ada update untuk driver



 

Performa

Untuk masalah performa, dengan Intel i5-7200U sebagai prosesor dengan RAM 4GB, IdeaPad 520S memberikan performa yang cukup mumpuni untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti membuka peramban dengan tab hingga belasan bersamaan dengan aplikasi pengolah kata seperti Word.

Lenovo bahkan melengkapi laptopnya yang satu ini dengan kartu grafis dari NVIDIA, 940MX. Memang, kartu grafis itu bukanlah kartu grafis terbaik yang ada saat ini. Tapi, IdeaPad 520S memang tidak ditujukan untuk para game.

Satu hal yang pasti NVIDIA 940MX dapat membuat pengalaman bermain Anda lebih baik daripada jika laptop ini hanya menggunakan kartu grafis buatan Intel. Lenovo IdeaPad 520S sudah bisa digunakan bermain game yang tidak terlalu berat seperti DOTA 2 pada pengaturan yang tidak terlalu tinggi.

Berikut adalah hasil benchmark menggunakan 3DMark dan PCMark. 







Konfigurasi laptop yang saya coba adalah IdeaPad 520S dengan RAM 4GB dan memori 1TB. Jika Anda merasa itu tidak cukup, Lenovo menyediakan beberapa konfigurasi lain. Untuk RAM, Anda bisa memilih varian hingga RAM 8GB dengan 16GB Intel Optane SSD.

Sementara untuk varian memori, Lenovo menyediakan opsi SSD 256GB, SSD 512GB, hingga gabungan antara SSD (128GB) dengan HDD (1TB).  

Lenovo IdeaPad 520S memiliki layar yang cukup baik. Dengan resolusi FUll HD, gambar yang tampil pada layar cukup tajam. Sayangnya, kecerahan layar IdeaPad 520S relatif lebih rendah. Itu artinya, Anda akan mungkin akan kesulitan untuk melihat layar ketika Anda berada di bawah terik matahari. 

Lenovo IdeaPad 520S dapat bertahan selama lebih dari 4 jam ketika diuji menggunakan PCMark. 




Kesimpulan
Lenovo IdeaPad 520S dapat memberikan performa yang memuaskan untuk penggunaan sehari-hari. Laptop ini bahkan bisa digunakan untuk memainkan game kasual. Desain dari laptop ini juga tidak jelek, sedikit menyerupai laptop kelas atas dengan desain layar bezel yang tipis. Untungnya, harga dari laptop ini jauh lebih terjangkau.

Keyboard IdeaPad 520S cukup nyaman untuk digunakan dengan layar yang menghasilkan gambar yang cukup tajam meski layarnya agak kurang terang jika digunakan di luar ruangan di bawah terik matahari. 

Dengan bobot 1,7 kilogram, IdeaPad 520S cukup portabel walau ia bukanlah laptop dengan mobilitas paling tinggi yang ada. 
 
  Lenovo IdeaPad 520S IKB
Ukuran Layar 14 inci resolusi FHD 1920x1080
Prosesor Intel Core i5-7200U @2,5GHz
GPU Intel HD Graphics 620 + NVIDIA GeForce 940MX
RAM 4GB
Memori Penyimpanan 1TB SSD
Bobot  1,7kg
Harga Rp9 juta
 
 
8
Lenovo IdeaPad 520S
Plus
  • Harga terjangkau dengan beberapa fitur premium
  • Performa mumpuni
  • Keyboard nyaman untuk digunakan
Minus
  • Baterai tidak terlalu awet
  • Layar tidak terlalu terang



 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.