Review Monitor

AOC I2481FXH, Monitor Super Ringkas

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 05 Apr 2017 23:13 WIB
review peripheral
AOC I2481FXH, Monitor Super Ringkas
AOC I2481FXH bisa digunakan untuk kegiatan desain standar

Metrotvnews.com, Jakarta: Memilih monitor secara serius memang tidak hanya selalu ketika kita ingin merakit sebuah PC gaming. Ketika membeli PC kelas rumahan pun seharusnya Anda juga memilih mana monitor yang tepat.

Jangan sampai monitor yang dibeli pada akhirnya sukit digunakan karena terlalu tebal atau memiliki warna dan sudut pandang yang buruk sehingga menurunkan pengalaman penggunaan PC secara keseluruhan.

Di lini monitor all-round atau monitor untuk berbagai kebutuhan, AOC mengandalkan I2481FXH. Monitor super tipis ini tampil sangat elegan. Selain bodinya yang memiliki kesan moden, sangat tipis dan ringkas, monitor ini ternyata juga memiliki beragam fitur dan keunggulan yang patut dilirik.



Bodi I2481FXH tergolong sangat ringan, bahkan saya bisa membawanya dengan satu tangan saja. Tidak hanya itu, monitor ini juga sangta ringkas dan hanya memiliki ketebalan layar 7,5mm saja. Desain tersebut memungkinkannya untuk ditempatkan di ruangan yang minimalis, seperti meja kantor atau apartemen.

AOC I2481FXH juga memiliki penyangga yang unik. Bentuknya sederhana, seperti batang besi yang dibengkokkan secara khusus untuk menyangga bodi utamanya. Sayangnya, penyangga I2481FXH tidak bisa dilepas. Dengan demikian, monitor ini tidak bisa ditempelkan di dinding dan hanya dirancang untuk digunakan di atas meja.



Kekurangan lain yang terdapat di monitor ini adalah tidak adanya DisplayPort. Ia hanya dilengkapi dengan dua port HDMI dan satu D-Sub. Terdapat pula satu port audio 3.5mm jika Anda ingin menggunakan fasilitas audio output yang dibawa melalui HDMI. Namun, semua fiturnya tergolong relevan karena target penggunanya merupakan pengguna umum kelas menengah yang kemungkinan besar masih mengandalkan HDMI dan D-Sub.

Satu kelebihan yang paling saya suka dari monitor ini adalah reproduksi warnanya yang tergolong sangat bagus untuk sebuah monitor kelas menengah. Monitor ini telah dilengkapi dengan mode SRGB sehingga cukup mumpuni untuk kegiatan desain standar. Sayangnya, di situs resminya AOC tidak memberikan tingkat akurasi warna SRGB yang ditampilkan oleh monitor ini.



Karena menggunakan panel IPS, AOC I2481FXH yang memiliki resolusi Full HD ini juga memiliki sudut penglihatan (viewing angle) yang lebar. Ia bahkan masih bisa dilihat dengan jelas dari sudut 178 derajat.

Kesimpulan

Untuk sebuah monitor all-round yang dibanderol Rp2,2 juta, AOC I2481FXH patut diperhitungkan. Selain memiliki bodi yang sangat ringkas dan ringan, ia juga memiliki reproduksi warna yang sangat baik untuk monitor di kelasnya, bahkan telah dilengkapi dengan mode SRGB. Jika Anda ingin memiliki varian dengan layar yang lebih besar, AOC juga menyediakan ukuran 27 inci yang dibanderol Rp3,8 juta.
 

AOC I2481FXH

SCORE

  • Ringkas dan ringan
  • Layar tipis
  • Bodi elegan
  • Reproduksi warna sangat bagus
  • Tidak memiliki DisplayPort
  • Penyangga tidak bisa dilepas dari bodi



(MMI)

Video /