Review Earphone

Plantronics BackBeat FIT 305, Cocok untuk Pecinta Olahraga

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 02 Mar 2018 22:07 WIB
plantronicsreview peripheral
Plantronics BackBeat FIT 305, Cocok untuk Pecinta Olahraga
Plantronics BackBeat FIT 305.

Jakarta: Plantronics menawarkan earphone BackBeat FIT 305 untuk pecinta olahraga yang ingin beraktivitas sambil mendengarkan lagu. Pada awalnya, saya agak skeptis: apa earphone ini tidak akan terlepas ketika saya menggunakannya sambil berolahraga?

Ternyata, earphone ini tidak mudah terlepas bahkan ketika saya menggunakannya saat bersepeda atau jogging berkat lingkaran plastik ekstra yang ada pada bagian earbud. Selain itu, earphone ini juga sudah dilengkapi IPX5, yang berarti, ia tidak akan mengalami masalah ketika terkena keringat, hujan atau tumpahan air. 



Kabel dari earphone ini juga dibalut dengan kain yang cukup tebal, sehingga saya tidak khawatir kabel akan rentan putus ketika saya meletakkanya di dalam tas. Namun, jika ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan kantong kecil yang Plantronics masukkan ke dalam paket penjualan. Anda juga bisa meletakkan earphone bersamaan dengan kabel charger untuk memastikan kabel charger tidak tertinggal. 

Dari segi suara, BackBeat Fit 305 menghasilkan suara yang cukup baik. Suara yang dikeluarkan cukup jernih. Ketika digunakan untuk mendengarkan musik, earphone ini juga dapat menghasilkan suara bass yang cukup baik.

Karena itu, selain saat berolahraga, saya juga sering menggunakannya saat melakukan tugas di rumah. Saya bisa melakukan kegiatan di dapur sambil mendengarkan lagu sementara ponsel diletakkan di kamar untuk mengisi baterai. 

Plantronics sudah melengkapi BackBeat Fit 305 dengan kendali yang terletak di dekat earbud sebelah kanan. Melalui kendali ini, Anda bisa mengatur volume suara dan sebuah tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan earphone juga menerima dan mematikan panggilan telepon.

Ketika saya menggunakan earphone ini untuk menjawab panggilan telepon, suara yang diterima juga cukup jernih.. 



Sayangnya, satu hal yang kurang saya sukai adalah tombol kendali yang agak sulit untuk dijangkau. Bahkan ketika saya berdiri diam, saya perlu meraba-raba bagian kontrol untuk menekan tombol yang saya inginkan. Tidak jarang saya salah menekan tombol volume padahal saya ingin menekan tombol power -- yang ada di antara tombol volume naik dan turun. 

BackBeat Fit 305 disebutkan memiliki baterai yang bertahan selama enam jam. Dan selama menggunakannya, memang baterai dari earphone ini dapat bertahan selama itu. Setiap kali Anda mengaktifkan earphone, Anda juga akan mendengar peringatan tentang jumlah daya baterai: tinggi, menengah atau bawah. 

Dihargai Rp1,2 juta, BackBeat Fit 305 cocok untuk Anda yang senang berolahraga atau beraktivitas sambil terus mendengarkan musik. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.