Review Smartphone

ASUS ZenFone 4 Selfie, Jodoh Penggemar Selfie

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 25 Oct 2017 19:17 WIB
asusreview gadget
ASUS ZenFone 4 Selfie, Jodoh Penggemar Selfie
Asus Zenfone 4 Selfie.

Metrotvnews.com, Jakarta: Selfie menjadi tren yang masih digandrungi oleh sejumlah produsen smartphone, termasuk ASUS, yang secara khusus menghadirkan ponsel dengan keunggulan kemampuan untuk memanjakan konsumen dalam hal memotret menggunakan kamera depan tersebut.

Mengunggulkan kemampuan memotret dengan kamera depan, ASUS membekali ZenFone 4 Selfie dengan kamera depan ganda 20MP dan 8MP. Tidak hanya soal kamera, ponsel ini juga menyuguhkan sejumlah fitur lain. Lantas bagaimana performanya? Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahuinya.

 

Desain

Menjadi salah satu perangkat yang menyasar konsumen kelas menengah, ASUS membalut bodi ZenFone 4 Selfie ini dengan bahan alumunium.

Tidak hanya menghadirkan kesan elegan pada perangkat, balutan bahan tersebut mampu menghadirkan kenyamanan saat menggenggam ponsel, sebab bobot yang diusung tergolong ringan dan permukaan bodi bertekstur mengurangi kesan licin dan kekhawatiran terjatuh saat digenggam.



Usungan layar 5,5 inci ASUS ZenFone 4 Selfie juga mendukung kenyamanan saat menggunakan ponsel, sebab tidak hanya mampu menyuguhkan tampilan gambar yang cukup tajam dan detil, juga menghadirkan cukup kenyamanan saat menggunakan perangkat dengan satu tangan akibat kesan pas dalam genggaman.

Sementara itu di bagian atas layar perangkat, Anda dapat menemukan kamera depan ganda yang mendukung ponsel ini, berdampingan dengan speaker untuk fungsi telepon di bagian tengah dan lampu flash LED khusus. Sedangkan di bagian bawah layar, terdapat tombol menu utama sentuh kapasitif, dengan tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.



Untuk bagian belakang, Anda dapat menemukan garis antenna di bagian atas dan bawah, serta logo ASUS yang tersemat di bawah kamera belakang, yang didampingi oleh lampu flash LED. Sedangkan di sisi kanan, tersemat tombol volume dan daya.

Menariknya, posisi jack audio menjadi pembeda dari ASUS ZenFone 4 Selfie dan saudaranya, ZenFone 4 Selfie Pro, yang mengusung desain serupa. Untuk ZenFone 4 Selfie, ASUS menyematkan jack audio 3,5mm di sisi atas perangkat, sedangkan ZenFone 4 Selfie Pro terletak di sisi bawah perangkat.



Baik ZenFone 4 Selfie maupun Selfie Pro berbekal port microUSB untuk mengisi daya dan melakukan transfer file via kabel, serta speaker dan mikrofon berbentuk lubang di kanan dan kiri port, yang tersemat di sisi bawah ponsel cerdas ini. Sementara itu, slot kartu SIM nano dan microSD dapat Anda temukan di sisi kiri perangkat.

 

Software dan Antarmuka

Menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat, ASUS masih membekali ZenFone 4 Selfie ini dengan sentuhan khasnya via ZenUI. Penggunaan ZenUI turut menghadirkan kesan familier jika Anda pernah menggunakan perangkat karya ASUS lainnya sebelum ZenFone 4 Selfie ini, meski dengan usungan sejumlah fitur baru.



Salah satu fitur baru tersebut adalah Page Marker pada peramban, yang memungkinkan Anda untuk menandai halaman situs menarik untuk dapat diakses kembali dengan mudah di kemudian hari. Untuk dapat memanfaatkannya, Anda perlu menghubungkan peramban dengan akun Google Drive.

Sebab fitur ini akan menyimpan halaman situs yang Anda tandai di Google Drive, sehingga dapat diakses melalui sejumlah perangkat lainnya yang juga terhubung dengan layanan cloud karya Google tersebut. Page Marker hadir dalam bentuk menu melayang semi transparan di halaman peramban, yang dapat dipindahkan atau dihilangkan dan tersemat di bar atas layar.

Serupa perangkat generasi sebelumnya, Asus juga membekali ZenFone 4 Selfie dengan dukungan aplikasi bawaan, meski jumlahnya tidak sebanyak generasi pendahulunya, mendampingi aplikasi bawaan yang dihadirkan Google melalui sistem operasi karyanya.

Juga didukung oleh fitur multi-windows, salah satu smartphone terbaru ASUS ini mampu menyuguhkan pengalaman multitasking menyenangkan, berkat absennya lag saat memanfaatkan fitur ini untuk membuka aplikasi sekaligus dan beraktivitas menggunakan aplikasi tersebut.

 

Kamera dan Video

Serupa nama yang diusungnya, ASUS ZenFone 4 Selfie ini mengunggulkan kemampuan kamera depan, dengan dukungan resolusi lensa 24MP primer aperture f/2.0 dan lensa sekunder 5MP dengan sudut pandang 120 derajat.

Selain itu, menyadari kegemaran konsumen untuk berfoto bersama rekan menggunakan kamera depan, ASUS juga membekali ZenFone 4 Selfie dengan mode Wide Angle, memungkinkan kamera mencakup ruang lebih luas jika dibandingkan dengan mode selfie standar.

Hanya saja, saat memanfaatkan mode Wide Angle ini, kami mendapati sejumlah hal yang mungkin mampu mengurangi kesenangan dalam menggunakan kamera depan ini. Saat memotret diri menggunakan mode standar, kami mendapati hasil foto yang tergolong terang dan minim noise.

Hal berbeda kami dapati saat memotret diri menggunakan mode Wide Angle. Dalam kondisi pencahayaan redup, hasil foto tampil dengan cakupan ruang lebih luas, namun lebih gelap dan sedikit terganggu oleh noise yang cukup terlihat.

ASUS juga membekali Zenfone 4 Selfie dengan fitur Beautification pada kamera depan ponsel ini tergolong agresif, memungkinkan wajah Anda tampil sangat mulus pada hasil foto yang diambil dengan memanfaatkan fitur ini. Menariknya, fitur ini hadir dalam aplikasi terpisah khas ASUS, bernama Selfie Master, memungkinkan Anda menikmati fitur ini tidak hanya pada foto, juga pada video, baik di perangkat, maupun fungsi kamera di media sosial.



Sementara pada kondisi pencahayaan cukup, hasil foto kamera depan pada mode standar beberapa kali kami temukan terlalu fokus untuk menjaga wajah terlihat terang sehingga menghilangkan pemandangan di belakang yang menjadi tidak terlihat akibat terlalu terang.

Pada mode Wide Angle, kami juga menemukan sedikit distorsi yang menyebabkan garis yang terfoto di latar belakang gambar terlihat tidak lurus dan menimbulkan kesan cembung. Namun, ZenFone 4 Selfie tidak melulu soal kamera depan, sebab ASUS juga membekali perangkat dengan kamera belakang 16MP, yang juga mampu menghasilkan gambar baik di kondisi pencahayaan redup maupun cukup.

Hasil foto kamera depan  





Hasil foto kamera belakang




 

Performa dan Baterai

Asus mendukung ZenFone 4 Selfie dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 1,4GHz octa-core, GPU Adreno 505, dan RAM 4GB. Ponsel cerdas ini mampu menyuguhkan respons yang baik, dan dapat menangani proses multitasking yang baik.

Pengalaman penggunaan yang menyenangkan kami dapati saat mengakses dua aplikasi secara bersamaan memanfaatkan fitur multi-windows, yang menyuguhkan pengalaman tanpa gangguan lag berarti. Pengalaman serupa juga kami juga kami dapati saat memainkan game Asphalt 8: Airbone.



Tidak hanya pada pengalaman penggunaan sehari-hari, performa tersebut juga ditampilkan ASUS ZenFone 4 Selfie pada hasil pengujian benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian benchmark 3DMark Unlimited, ponsel ini meraih nilai sebesar 9432, sedangkan pada pengujian 3DMark Sling Shot sebesar 570, dan pada PCMark Work 2.0 sebesar 3.660.

Sementara itu untuk urusan baterai, berkapasitas 3.000 mAh yang mampu menyuguhkan daya tahan dengan jangka waktu cukup lama, yaitu lebih dari 11 jam, dengan kondisi penerimaan sinyal jaringan operator seluler yang berbeda.



Selain akibat daya tahan yang lama, kesenangan yang disuguhkan oleh baterai Asus ZenFone 4 Selfie juga didukung oleh dukungan teknologi pengisian daya cepat atau fast charging. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk terisi penuh sejak kondisi kosong hingga penuh dalam kurun waktu kurang lebih satu jam.

Kesimpulan
Asus ZenFone 4 Selfie mampu menghadirkan kesenangan dalam penggunaan sehari-harinya, yang juga mampu memanjakan pecinta selfie berkat dukungan sejumlah fitur dan teknologi pada kamera depannya. Pengalaman tersebut juga didukung oleh kemampuan baterai untuk bertahan dalam waktu lama, serta pengisian ulang daya baterai yang cepat.

Perangkat ini sesuai untuk konsumen yang gemar berfoto dengan menggunakan kamera depan, meski harus sedikit berkompromi dengan hasil foto yang terganggu oleh noise saat memotret dengan mode Wide Angle pada kondisi pencahayaan redup.

 
  Asus Zenfone 4 Selfie
Prosesor Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 1,4GHz
RAM 4GB
OS Android 7.0 Nougat dengan ZenUI 4.0
GPU Adreno 506
Memori Internal 64GB
Kamera 16MP belakang; 24MP + 5MP depan)
Dimensi 154,02 x 74,83 x 6,85 mm
Bobot 147 gram
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci 1920 x 1080 piksel
Harga Rp3.499.000
 

Asus Zenfone 4 Selfie

 

8

  • Hasil foto kamera depan mode standar terang pada kondisi pencahayaan redup
  • Bodi tipis tetap nyaman digenggam
  • Baterai tahan lama dan fast charging
  • Hasil foto kamera depan mode wide angle di kondisi pencahayaan redup sedikit terganggu noise



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

10 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /