Review Motherboard

MSI Z370 Gaming Pro Carbon, Masih Oke untuk Gaming

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 29 Nov 2017 22:42 WIB
review motherboard
MSI Z370 Gaming Pro Carbon, Masih Oke untuk Gaming
MSI Z370 Gaming Pro Carbon

Jakarta: Beberapa waktu yang lalu kami sudah mengulas tuntas kemampuan prosesor Intel Coffee Lake terbaru, yaitu Core i7-8700K dan Core i5-8400.

Keduanya merupakan prosesor yang sangat menarik mengingat ini adalah kali pertamanya Intel mengubah konfigurasi core dan thread di jajaran prosesor Intel Core. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada banyak hal, salah satunya adalah kemampuan multithreading.

Munculnya jajaran prosesor Coffee Lake juga diiringi dengan dirilisnya jajaran motherboard baru salah satunya adalah jajaran motherboard Intel Z370. Motherboard dengan chipset baru tersebut bakal sangat menarik, sebab jika Anda ingin menggunakan prosesor Coffe Lake, Anda harus menggunakan motherboard baru tersebut, meski motherboard sebelumnya masih menggunakan socket LGA 1151 yang sama.



Salah satu motherboard Z370 yang ada saat ini adalah MSI Z370 Gaming Pro Carbon. Jika dilihat sekilas ia memang berbeda dengan pendahulunya yaitu Z270 Gaming Pro Carbon. Namun, pada dasarnya motherboard ini masih menggunakan desain dan fitur yang serupa meski ada beberapa perubahan.

Desain Berubah

Salah satu perubahan yang ditampilkan adalah darti sisi desain. Z370 Gaming Pro Carbon memiliki desain heatsink yang sedikit berbeda. Kali ini MSI menambahkan elemen warna putih di heatsink-nya sehingga motherboard ini menjadi lebih sedap dipandang. Bentuk heatsink juga sedikit berubah dan yang terpenting adalah kini heatsink tersebut tampil lebih lebar dan sepertinya memiliki performa pendinginan yang lebih baik.



Perubahan juga terlihat di penempatan M.2 Shield. Jika dulu aksesori yang diklaim bisa mendinginkan M.2 SSD tersebut ditempatkan di slot bagian bawah, kini M.2 Shield ada di slot bagian atas. Ini sangat baik mengingat slot M.2 di bagian atas lebih dekat dengan berbagai sumber panas, seperti kartu grafis dan prosesor.

Sisanya, tidak ada yang berubah. Z370 Gaming Pro Carbon masih memiliki empat slot DIMM DDR4 dengan dukungan XMP. Motherboard gaming ini juga tampil dengan tiga slot PCIe x16 yang dua di antaranya sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung khusus.



Jumlah port SATA dan USB di motherboard ini juga masih tetap sama. Ia memiliki enam port SATA III 6Gbps yang bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat. Sementara di panel belakang, satu-satunya perbedaan adalah hilangnya port DVI yang digantikan oleh DisplayPort. Sisanya, masih tetap sama dan tergolong standar.

Performanya?

Dibandingkan dengan salah satu pesaingnya, yaitu ASUS ROG STRIX Z370-E GAMING, motherboard ini memang unggul di beberapa aspek. Namun, ia juga masih kalah di sebagian pengujian. Diuji menggunakan kartu grafis yang sama yaitu MSI GTX 1080 Gaming 8G, motherboard ini terlihat unggul di pengujian PCMark dan 3DMark.

Sementara di pengujian Cinebench R15 ia kalah dari pesaingnya, baik dari segi multi threading dan single threading.

Berikut adalah hasil pengujiannya:



Dari pengujian gaming, motherboard ini sudah sangat mumpuni dan pantas jika disebut sebagai motherboard gaming. Tiga game pengujian yang kami gunakan yaitu Ghost Recon Wildlands, Ashes of The Singularity, dan The Witcher 3 semuanya berjalan dengan framerate yang cukup tinggi. Terutama di The Witcher 3 yang bisa dijalankan dengan rata-rata framrate 79fps.



Kesimpulan

MSI Z370 Gaming Pro Carbon memang masih merupakan motherboard yang sangat mumpuni bagi para gamer, sama seperti pendahulunya. Hanya saja kali ini MSI tidak menghadirkan fitur tambahan baru. Yang berubah hanyalah sebagian kecil desain dan dukungan prosesor baru.

Kabar baiknya, harga motherboard ini masih ada di kisaran yang sama yaitu Rp3,4 juta. Sementara pesaingnya hadir dengan harga yang lebih mahal. Jika Anda masih mengutamakan kenyamanan bermain game dan tidak terlalu memperhatikan fitur, motherboard ini bisa jadi pilihan terutama karena harganya yang tergolong terjangkau untuk sebuah motherboard Z370.
 

MSI Z370 Gaming Pro Carbon

  • Performa oke
    + Harga cukup terjangkau

  •  
  • Hampir tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan pendahulunya
     



(MMI)