Review Keyboard

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 17 Apr 2017 15:37 WIB
review peripheralcorsair
Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan
Corsair K63

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai salah satu alat kontrol utama di PC, keyboard merupakan salah satu perangkat yang patut diperhitungkan, terutama jika Anda adalah seorang gamer. Itu sebabnya muncul perangkat bernama keyboard gaming yang memang dirancang khusus untuk bermain game.

Perlu diingat, keyboard gaming bukanlah keyboard dengan lampu RGB warna-warni. Keyboard gaming harus memiliki fitur serta kenyamanan untuk menunjang kegiatan bermain game Anda.

Contoh keyboard gaming yang baik adalah Corsair K63. Keyboard dengan desain tenkeyless ini memang memiliki tampilan yang sederhana dan ringkas, namun di balik itu semua ia menawarkan fitur dan kenyamanan yang sangat baik sebagai sebuah keyboard gaming. Tidak hanya itu, ia merupakan salah satu keyboard mekanis dengan harga paling murah di pasar saat ini.



Sebagaimana yang etlah disebutkan sebelumnya, Corsair K63 hadir dengan desain tenkeyless. Artinya, keyboard ini memiliki tombol lebih sedikit dari keyboard standar karena tidak memiliki tombol numpad. Meski demikian, desain tenkeyless memiliki keunggulan tersendiri, yaitu bentuknya lebih ringkas sehingga mudah dibawa bepergian.

Sebagai keyboard mekanis, Corsair K63 memiliki bodi yang cukup tebal. Bodinya juga tergolong sangat kukuh meski semua bodinya menggunakan bahan plastik. Keyboard ini menggunakan tombol (switch) Cherry MX Red yang bagi saya merupakan tombol paling nyaman dari semua tombol Cherry MX karena performanya yang sangat baik ketika digunakan untuk bermain game dan mengetik.



Tombol pada Corsair K63 kali ini juga memiliki traveling distance yang cukup, tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Setiap tombol telah dilengkapi dengan teknologi anti-ghosting sehingga semua input yang Anda berikan akan dikeluarakan dengan tepat. Tidak hanya itu, keyboard ini juga didukung oleh kemampuan report rate hingga 1ms. Artinya, setiap perintah dari keyboard bisa dilaporkan ke CPU dengan sangat cepat, memungkinkan reaksi yang lebih baik ketika bermain game.



Setiap tombol di keyboard Corsair K63 hadir dengan lampu LED backlight. Lampu tersebut juga bisa disesuaikan tampilannya melalui Corsair Utility Engine. Bahkan Anda bisa memilih tombol mana yang dinyalakan bakclight-nya. Sayangnya Corsair hanya menyediakan LED berwarna merah. Namun, hal tersebut bukan masalah bagi saya yang memang lebih mengutamakan performa dan kenyamanan ketimbang tampilan.



Hal terakhir yang membuat Corsair K63 tampil sangat menarik adalah harganya. Keyboard ini dibanderol seharga Rp1,1 juta, sangat terjangkau untuk sebuah keyboard mekanis dengan tombol Cherry MX. Melalui keyboard ini, Corsair tampak ingin memperkuat eksistensinya di pasar menengah.

Kesimpulan

Corsair K63 merupakan salah satu keyboard gaming paling menarik di tahun ini. Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, Corsair masih tetap tidak menurunkan kualitas produknya. Ia juga telah kompatibel dengan Corsair Utility Engine. Artinya, keyboard ini mendukung fitur programable macro yang bisa Anda atur sesuai keinginan. Satu yang kurang dari keyboard ini menurut saya adalah tidak adanya palmrest, padahal slot palmrest terlihat hadir di bagian bawah.
 

Corsair K63

 

9

  • Harga terjangkau
  • Tombol mekanis Cherry MX
  • Nyaman digunakan
  • Ringkas dan kukuh
  • LED backlight hanya tersedia warna merah
  • Tidak ada palmrest



(MMI)

Video /