Review Headset

Alcatroz X-Craft HP 5 Pro, Kelas Gaming Surround Terjangkau

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 29 May 2018 22:12 WIB
gamesarmageddonreview headset
Alcatroz X-Craft HP 5 Pro, Kelas Gaming Surround Terjangkau
Headphone gaming Alcatroz X-Craft HP 5 Pro.

Jakarta: Headset menjadi aksesori yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan gaming khususnya esport. Berkat alat ini para pemainnya juga memiliki pendengaran yang tajam saat bermain. Ibaratnya, mereka berada langsung di dalam permainan.

Sayangnya, headset gaming selalu dibanderol dengan harga yang mahal. Hal ini tampaknya berlaku untuk segala perangkat yang memiliki embel "gaming" di belakangnya. 

Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu headset gaming Alcatroz X-Craft HP 5 Pro. Brand X-Craft sendiri sebetulnya memiliki beragam variasi, tapi HP 5 Pro masuk dalam kelas yang terjangkau, dari harganya saja sekitar Rp400 ribu.

Melihat desainnya, memang tidak akan terlalu terlihat bahwa headset ini adalah bertema gaming. Hal tersebut mungkin baru terlihat ketika headset sudah terhubung ke PC atau laptop, sehingga lampu LED RGB di bagian luar earcup kanan dan kirinya menyala.



Sayangnya, nyala LED RGB ini tidak terlalu cerah, ditambah lapisan luar ear cup diberikan aksen grafis yang dan nama merek dari headset ini. Kami juga menemukan bahwa pada ujung tangkai mikrofon  juga terdapat LED berwarna biru.

Keseluruhan rangka headset menggunakan material metal yang ringan, tapi terlihat kurang kukuh. Alasannya, rangkanya tersebut sangat lentur, supaya bisa menyesuaikan ukuran kepala penggunanya.

Desainnya tidak biasa. Panjang tangkai headset tidak bisa di buat panjang pendek, tetapi tersedia sabuk yang berfungsi menyesuaikan ukuran dengan kepala penggunanya. 

Earcup Alcatroz X-Craft HP 5 Pro menggunakan bantalan busa yang dilapisi material karet, jadi akan menjadi lengket apabila penggunanya berkeringat. Meskipun begitu, pengalaman yang diperoleh dalam penggunaan cukup panjang terasa nyaman.

Tidak ada banyak yang bisa ditemukan pada sisi earcup, hanya ada satu tombol putar untuk mengatur volumenya. Hal ini menegaskan bahwa Alcatroz X-Craft HP 5 Pro tergolong headset gaming terjangkau sekaligus sederhana.



Fitur noise canceling yang dihadirkan tidak buruk, meskipun tidak benar-benar kedap. Tangkai mikrofon juga menggunakan material yang lentur sehingga bisa diatur posisinya.

Untuk kualitas suaranya, headset ini mendukung kualitas audio surround 7.1 audio channel sehingga bisa menyajikan audio yang cukup akurat dalam memberikan kesan asal suara. 

Anda bisa mendengarkan arah datangnya suara tembakan atau kendaraan lebih nyata. Berdasarkan pengalaman, fitur ini sangat memuaskan. Kekurangannya adalah ketajaman suaranya saat digunakan untuk mendengarkan musik dengan suara low bass.

Untuk konektivitasnya, Alcatroz X-Craft HP 5 Pro hanya mengandalkan kabel dengan kepala USB dan tidak mendukung audio jack 3.5mm sekaligus. Artinya, Anda harus menyisakan satu USB Port khusus untuk menggunakannya.

Kesimpulan
Alcatroz X-Craft HP 5 Pro sebagai headphone gaming memang memiliki desain yang tidak semewah atau keren seperti headset gaming lainnya. Terlepas dari kondisi tersebut harganya yang terjangkau juga masih menyediakan rasa nyaman dan kualitas audio yang cukup memuaskan.

Di saat headset gaming mengklaim kualitas suaranya yang immersive, Alcatroz menepati janjinya dengan menyediakan kualitas audio 7.1 channel. Kelebihan ini tetap membuat X-Craft HP 5 Pro sebagai headset gaming terjangkau yang layak dimiliki.
 
 
7.5
Alcatroz X-Craft HP 5 Pro
Plus
  • Bobot ringan dan nyaman
  • Audio channel 7.1 surround sound
  • Tangkai mikrofon fleksibel
  • Harga terjangkau
Minus
  • Desain biasa saja
  • LED RGB kurang menarik
  • Hanya mendukung konektivitas port USB
  • Software kurang optimal

 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.