Review Peripheral

Logitech Z337, Paket Audio dengan Konektivitas Lengkap

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 19 Jul 2018 16:41 WIB
Logitech Z337, Paket Audio dengan Konektivitas Lengkap
Logitech Z337.

Jakarta: Saat ini perangkat audio seperti speaker nirkabel yang mengandalkan konektivitas Bluetooh lebih disukai, alasannya karena tidak ribet. 

Beberapa waktu lalu Logitech meluncurkan speaker yang menunjang konektivitas kabel dengan plug 3,5mm sekaligus nirkabel lewat Bluetooth bernama Logitech Z337. Produk ini hadir dengan paket 2.1, yakni satu buah subwoofer sekaligus bass serta dua buah speaker utama.

Melihat desainnya, Logitech Z337 yang dibanderol Rp1,4 juta di situs resminya memang terlihat biasa saja seperti speaker yang ada di pasar. Menurut kami Logitech seharusnya bisa memberikan sedikit sentuhan tambahan, selain dari penggunaan material dengan warna hitam yang memiliki kesan elegan tapi sebetulnya kurang menarik.

Untuk kedua speaker pendamping terhubung dengan kabel yang cukup pendek. Ini membuat posisi dua speaker tidak bisa berada jauh dari subwoofer.



Beruntungnya proses pemasangannya tidak sulit. Namun, akan lebih baik apabila tersedia velcro untuk mengikat kabelnya sehingga lebih rapi. Sebelum menjajal kualitas audionya, Medcom.id lebih dulu mengenali konektivitas yang disediakan.

Konektivitas Logitech Z337 boleh dibilang menjadi salah satu keunggulannya. Speaker ini menyediakan konektivitas untuk audio jack 3,5mm dan Bluetooth. Hal ini membuat Logitech Z337 bisa digunakan untuk berbagai perangkat, muali dari PC, smartphone dan laptop, hingga konsol game.

Apabila Anda ingin menggunakan headset agar bisa mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik, Logitech Z337 menyediakan lubang audio jack 3,5mm untuk headset dibagian control pod. Control pod adalah sebuah perangkat kontrol dari Logitech Z337.



Pada control pod tersebut tersedia tombol geser Power serta Bluetooth dan lubang audio jack 3,5mm untuk headset. Persis di bagian atasnya terdapat kenop putar untuk mengatur volumenya sementara tombol serupa untuk mengatur dentuman bass tersedia di bagian belakang unit speaker Subwoofer.

Sayangnya, Logitech tidak menyertakan tombol maupun aplikasi yang menyediakan fitur equalizer audio. Jadi, kualitas audio yang disajikan benar-benar racikan dari Logitech Z337.

Lantas, bagaimana kualitas audionya?



Medcom.id menjajal speaker Logitech Z337 untuk memutar audio dari konten musik, dari smartphone dan game yang berjalan di PC.

Menurut kami, kualitas audionya cukup memuaskan. Dentuman bass cukup tebal dan tajam. Keterbatasan kustomisasi atau tidak adanya equalizer membuat kami tidak bisa mengubah kualitas audio sesuai jenis konten yang berjalan.

Kesimpulan
Logitech Z337 bukan produk speaker audio yang buruk dari kualitas. Harus diakui tampilannya sangat sederhana. Konektivitas yang memadukan audio jack 3,5mm dan Bluetooth membuat speaker ini bisa terhubung dan digunakan pada beragam perangkat.

Untuk kualitas audionya Logitech Z337 cukup memuaskan. Absennya kustomisasi audio dari produk ini maupun aplikasi pendamping membuatnya tidak bisa menyesuaikan jenis audio yang diputar.
 

 
 
Logitech Z337
Plus
  • Konektivitas lengkap, kabel dan Bluetooth
  • Fitur control pod yang memudahkan kendali volume
  • Mendukung penggunaan headset
  • Kualitas audio cukup memuaskan
Minus
  • Desain kurang menarik
  • Minim equalizer

(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.