Review Headset Gaming

ASUS ROG Centurion 7.1, Jelmaan STRIX 7.1 yang Lebih Baik

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 31 Jan 2017 16:15 WIB
asusreview peripheral
ASUS ROG Centurion 7.1, Jelmaan STRIX 7.1 yang Lebih Baik
ASUS ROG Centurion 7.1

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih ingat dengan headset ASUS STRIX 7.1? Menurut ulasan kami sebelumnya, ia memang merupakan salah satu headset gaming dengan kualitas suara terbaik yang pernah kami jajal selama ini. Tidak hanya itu, desainnya juga sangat nyaman dan tidak menggangu selama sesi bermain. Headset tersebut kini kembali hadir, namun dengan desain yang lebih baik di bawah nama Republic of Gamer (ROG).

Headset bernama ASUS ROG Centurion 7.1 ini memang sangat mirip dengan STRIX 7.1. Tidak hanya dari segi desain, ROG Centurion 7.1 juga tampil dengan sebuah Audio Station khusus seperi halnya STRIX 7.1.

Perangkat tersebut masih memiliki fungsi yang sama, yaitu mengontrol keluaran suara pada headset, mulai dari volume, mikrofon, hingga mode keluaran suaranya.



Audio Station ini juga masih mengandalkan dua kabel USB sebagai sarana penghubung ke PC. Dari Audio Station tersebut, Anda bisa menghubungkan headset melalui port HDMI yang disediakan, atau menghubungkan speaker melalui ekstensi port audio yang juga telah disediakan di paket penjualannya.

Audio Station pada ROG Centurion 7.1 memiliki kontrol yang serupa dengan yang ada di STRIX 7.1. Anda bisa memilih beragam preset yang telah disediakan dan mengubah pengaturan suara di setiap channel secara langsung.

Bedanya, di ROG Centurion 7.1 kali ini terdapat pengaturan lampu pada headset. Sisanya, sama persis dengan yang ada di STRIX 7.1.



Desainnya secara fisik juga sedikit mengalami perubahan meski tidak banyak. Selain kini tidak ada lagi logo STRIX yang bertengger, ROG Centurion 7.1 juga kini memiliki mirofon yang bisa dilipat. Desain ini terasa lebih nyaman karena ketika tidak digunakan, mikrofon bisa dilipat sehingga tidak mengganggu pengguna.

Selebihnya, tingkat kenyamanan headset gaming ini masih sama baiknya dengan STRIX 7.1. Desain bridge yang unik, ditambah dengan bantalan khusus dan sistem over ear membuat headset ini sangat nyaman digunakan apalagi Anda menginginkan headset yang bisa memblokir suara dari sekitar.

Untuk kualitas suara, ROG Centurion 7.1 merupakan salah satu headset dengan suara terbaik yang pernah kami jajal. Kualitasnya memang mirip dengan STRIX 7.1 yang mampu mereproduksi suara surround dengan sangat baik.

Hal tersebut dapat dihadirkan berkat digunakannya lima speaker yang ditempatkan secara khusus di setiap earcup-nya.



Speaker tersebut juga berkualitas tinggi karena menggunakan magnet neodymium yang kuat. Kombinasi tersebut berhasil menghadirkan detail suara yang baik dengan posisi surround yang tepat.

Sementara mikrofon ROG Centurion 7.1 hadir dengan tingkat sensitivitas yang tinggi. Ini membuat sistem voice recognition di beberapa game menjadi lebih mudah mengenali suara kami. Selain itu, sistem noise cancelling pada mikrofon ini juga sangat berguna ketika berkomunikasi dengan pemian lain di dalam game karena suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Kesimpulan

ASUS ROG Centurion 7.1 memang tidak berbeda jauh dengan STRIX 7.1. Headset ini masih hadir dengan Audio Station untuk mengontrol sistem audio pada headset secara langsung. Headset ini juga tidak memerlukan driver atau software apapun, sehingga Anda bisa menggunakannnya langsung.

Tingkat kenyamanan dan kualitas suaranya juga masih dipertahankan, sehingga ROG Centurion 7.1 mampu tempil sebagai salah satu headset gaming terbaik yang pernah mendarat di meja pengujian kami. Minusnya, headset ini khusus dirancang untuk PC, tidak bisa digunakan dengan perangkat mobile, dan memakan dua slot USB untuk pengoperasiannya.
 

ASUS ROG Centurion 7.1

 

9,5

  • Suara sangat bagus
  • Nyaman
  • Instalasi tidak rumit
  • Desain menarik
  • Hanya bisa digunakan dengan PC
  • Menggunakan dua port USB



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.