Review Notebook

Dell Inspiron 11 3000 2-in-1, Mungil Multifungsi

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 20 Nov 2016 09:35 WIB
dellreview laptop
Dell Inspiron 11 3000 2-in-1, Mungil Multifungsi
Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 series.

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tidak kenal Dell? Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini dikenal luas oleh masyarakat melalui rangkaian produk komputasi. Salah satu produk yang dipasarkannya di Indonesia adalah notebook.

Serupa perusahaan lain, Dell juga menghadirkan berbagai notebook untuk segmentasi berbeda, seperti entry-level dan profesional. Dell umumnya membedakan segmentasi produknya melalui pilihan warna lebih variatif, seperti pada Inspiron 11 3000.

Perangkat 2-in-1 ini hadir dalam pilihan warna menarik seperti merah dan biru. Ditujukan untuk kelas entry-level khususnya pelajar, Dell menawarkan perangkat ini dengan harga yang tergolong terjangkau. Lantas, apa sajakah yang dapat ditawarkan perangkat ini?
 


Desain

Ceria dan muda menjadi kesan yang kami tangkap saat pertama kali melihat Dell Inspiron 11 3000 ini. Kesan ceria muncul berkat suguhan warna merah menyala, sementara kesan muda terlihat dari desain tidak kaku yang diwakili oleh sudut perangkat yang lebih membulat.

Uniknya, bodi Dell Inspiron 11 3000 ini hadir dalam balutan bahan plastik mengkilat, tidak mudah kotor akibat noda sidik jari. Berbeda dari sejumlah produk lain yang juga mengusung bahan plastik mengkilat.



Namun, perangkat ini hadir dengan dimensi yang terbilang tebal, serupa Dell Inspiron 11 versi standar. Bobot perangkat ini tergolong ringan saat dipegang menggunakan dua tangan, atau dijinjing dalam keadaan tertutup. Hal ini akan berguna saat membawa serta perangkat dalam perjalanan.

Mengusung konsep 2-in-1, Dell menempatkan tombol daya di bagian sisi kanan perangkat. Hal ini berbeda dari notebook lain yang umumnya menyematkan tombol daya di atas keyboard. Perbedaan lain dari notebook lain kami temukan pada ketersediaan tombol volume fisik, yang juga terletak di sisi kanan, di atas tombol daya.



Selain itu, Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 ini hadir dengan konektivitas standar seperti port daya, USB, HDMI, dan jack audio 3,5mm. Pada perangkat ini, Dell tergolong murah hati dengan membekalinya tiga buah port USD, yang terdapat satu di sisi kiri dan dua di sisi kanan. Bukannya kartu memori SD, Dell justru melengkapi Inspiron 11 3000 2-in-1 ini dengan slot card reader untuk microSD.

Serupa versi standar, Dell juga tidak membekali perangkatnya ini dengan lampu indikator daya ataupun baterai, sehingga Anda harus mengandalkan informasi yang tertera pada layar untuk mengetahui kapasitas yang telah terisi saat mengisi daya.

Speaker juga dapat ditemukan di atas keyboard notebook ini, meski dengan ukuran berbeda dari perangkat versi standar. Jika pada versi standar speaker hadir dalam ukuran kecil dan terdapat di sebelah engsel, maka pada model 2-in-1 ini, speaker hadir dalam ukuran lebih panjang, dan tersemat di sepanjang bagian atas keyboard dan di antara engsel berbahan metal.

 

Performa

Didukung prosesor Intel Pentium N7310 1,6GHz dan RAM 4GB, performa yang disuguhkan notebook ini cukup baik, meski sempat agak tersendat saat membuka sejumlah tab pada peramban Internet Explorer. Jeda ini juga sempat terasa selama beberapa saat setelah menjalankan aplikasi benchmark.

Dell Inspiron 11 300 2-in-1 memperoleh nilai yang cukup baik pada hasil pengujian aplikasi benchmark 3DMark Cloud Gate, sebesar 1998. Sementara itu, perangkat ini memperoleh nilai sebesar 1202 pada aplikasi benchmark PCMark.



Mengusung ukuran 11,6 inci dengan resolusi 1366x768 pixel, layar Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 ini mampu menyuguhkan gambar dengan warna yang sedikit redup, dengan karakter warna cenderung hangat. Pada beberapa kesempatan, warna cenderung kurang cerah dan tajam.



Sementara itu, perangkat ini mengusung layout keyboard standar tanpa sematan tombol fungsi Home, End, PageUp, dan PageDown. Hal ini membantu mengurangi kesempatan melakukan kesalahan penekanan tombol. Selain itu, keyboard perangkat ini hadir dengan tombol yang tergolong tebal, menghadirkan umpan balik yang baik dan kenyamanan saat digunakan.

Hanya saja, bagian touchpad menggunakan bahan yang tergolong kesat, menimbulkan sedikit kesulitan saat menavigasikannya. Pengalaman kurang menyenangkan juga dihadirkan oleh tombol klik kanan dan kiri, yang membutuhkan tenaga sedikit lebih besar untuk ditekan agar mendapatkan respon sesuai keinginan.



Soal baterai, notebook ini mampu bertahan selama empat jam, yang memungkinkan Anda menikmati satu film berdurasi dua setengah jam. Karenanya, kami menyarankan Anda untuk selalu membawa serta charger saat membawa perangkat dalam perjalanan.

 

Fitur

Mengusung fungsionalitas 2-in-1, Dell Inspiron 11 3000 ini hadir dengan mode yang memungkinkannya digunakan sebagai notebook, tablet ataupun alat display. Dengan fungsionalitas tersebut, tidak mengherankan jika Dell membekali perangkatnya dengan layar sentuh, yang mampu menyuguhkan responsifitas yang baik.

Hal serupa juga hadir di keyboard sentuh yang dapat diakses melalui ikon keyboard di sebelah informasi waktu dan tanggal di kanan bawah layar. Selain itu, tampilan desktop berbeda akan dihadirkan notebook ini saat Anda menekuk layar dan mengubahnya menjadi tablet atau alat display, disertai dengan notifikasi pop-up.



Dell juga membekali perangkat ini dengan sejumlah fitur khasnya, salah satunya adalah Dell Audio. Fitur ini dapat membantu Anda menyesuaikan keluaran suara dari perangkat dengan memanfaatkan sejumlah preset, seperti MaxxSense, Music, dan Movies.

 

Kesimpulan

Selain dengan dimensi bodi yang kompak, notebook ini juga mampu menawarkan kenyamanan melalui dukungan keyboard yang membekalinya. Selain itu, berbagai mode yang ditawarkan turut membantu dalam menjalankan kegiatan komputasi.

Sayangnya, absennya lampu indikator daya ataupun baterai serta backlight pada keyboard turut mempersulit dalam mengetahui kondisi perangkat, dan sedikit mengurangi kenyamanan penggunaan.

                                                                                                                                                 
  Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 2016
Ukuran Layar  11,6 inci (1366 x 768 pixel)
Prosesor Intel Core N3710 1,6 GHz
GPU Intel HD Graphics 515
RAM 4GB
Penyimpanan  500GB
Dimensi 18,45 x 292 x 196 mm
Bobot 1.18 Kg
Baterai 32 WHr, 2-Cell
Harga Rp3.400.000
 

Dell Inspiron 11 3000 2-in-1 2016

 

8

  • Harga terjangkau
  • Tersedia dalam beberapa pilihan warna
  • Ketersediaan tiga mode tambah kesenangan penggunaan
  • Tidak dilengkapi lampu indikator daya dan baterai serta backlit pada keyboard



(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /