review

Runtastic Moment Fun, Gelang Pintar yang Serba Tanggung

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Mar 2016 13:00 WIB
review gadget
Runtastic Moment Fun, Gelang Pintar yang Serba Tanggung
Tampilan Runtastic Moment Fun. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com: Saat ini, mulai banyak wearable device yang beredar di pasar, mulai dari gelang pintar hingga arloji pintar. Biasanya, gelang pintar memiliki satu kelemahan besar, desainnya membosankan dan tidak menarik.

Dengan Moment Fun, Runtastic berusaha untuk memberikan perangkat dengan tampilan yang lebih menarik. Berbeda dengan beberapa fitness tracker yang biasanya memiliki bentuk besar dan kaku, Fun desain yang membuatnya tampil seperti jam biasa.

Fun memiliki muka jam berbentuk bulat dengan tali yang terbuat dari silikon. Ia tersedia dalam 4 warna: Plum, Indigo, Raspberry dan Sand. Kali ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mencoba Fun berwarna ungu. 

Runtastic Moment Fun

Saya memiliki kulit sensitif, jika menggunakan jam tangan dengan tali yang terbuat dari logam selain logam mulia, sudah dipastikan pergelangan tangan saya akan menjadi gatal.

Karena tali dari Fun terbuat dari silikon, saya tak perlu khawatir ia akan terasa gatal di tangan. Sayangnya, debu mudah menempel di bagian tali, yang membuatnya gampang kotor. Untungnya, Fun tahan air. Ia dapat dicelupkan ke dalam air hingga kedalaman 100 meter. Jadi, meski ia mudah tertempel debu, saya bisa mencucinya.

Runtastic Moment Fun

Seperti namanya, Fun, tampaknya Runtastic berusaha untuk memberikan sebuah gelang pintar yang memang lebih memberatkan pada bagian desain daripada kegunaan. Karena lebih fokus pada desain, tidak banyak informasi yang dapat Anda lihat pada muka Fun.

Karena itulah, sebelum menggunakan Fun, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasangkan Fun dengan aplikasi Funtastic Me pada ponsel. Saat saya mencoba untuk memasangkannya dengan ponsel saya, Fun tidak langsung terhubung, ia gagal terhubung beberapa kali sebelum akhirnya ia dapat terkoneksi dengan sempurna.

Anda hanya dapat melihat waktu dan sasaran kegiatan Anda. Secara default, sasaran Anda adalah untuk melangkah sebanyak 8.000. Karena tidak banyak informasi yang terpampang pada muka jam, maka Anda sangat menggantungkan diri pada aplikasi Runtastic Me untuk melihat informasi yang berhasil dikumpulkan.

Aplikasi pendamping ini dapat Anda unduh secara gratis. Namun, seperti biasa, versi berbayar menawarkan fitur yang lebih lengkap. Selain melihat informasi yang terkumpul, melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengganti sasaran kegiatan, dari jumlah langkah menjadi lama Anda aktif, misalnya.

Runtastic Moment Fun

Jika Anda ingin menjadikan kalori, jarak dan durasi tidur sebagai sasaran kegiatan, Anda harus menggunakan versi berbayar dari Runtastic Me. Untuk melihat data terbaru, Fun akan melakukan sinkronisasi dengan aplikasi Runtastic Me. Sayangnya, proses sinkronisasi ini memakan waktu yang cukup lama.

Fun memang bisa mengukur durasi tidur Anda. Ia bahkan dapat memperlihatkan apakah Anda tidur pulas atau tidak. Tapi, ia tidak secara otomatis merekam waktu tidur Anda. Untuk membuat Fun mereka waktu tidur Anda, Anda perlu menekan tombol yang ada di bagian kanan Fun sesaat sebelum tidur. 

Selain sebagai pelacak aktivitas, Fun juga dapat memiliki beberapa fitur ekstra seperti alarm dan notifikasi. Anda dapat memasang alarm pada aplikasi Funtastic Me. Dan pada waktunya, Fun akan bergetar.

Bagi seorang heavy sleeper seperti saya, alarm dengan getaran seperti ini tidak akan dapat membangunkan saya. Meskipun begitu, ia dapat digunakan sebagai alarm untuk hal-hal lain. Misalnya, saat Anda memiliki janji, Anda dapat memasang alarm untuk mengingatkan Anda.

Runtastic Moment Fun

Sama seperti alarm, fitur notifikasi akan membuat Fun bergetar saat ada notifikasi yang masuk ke ponsel Anda. Anda dapat mengatur notifikasi dari aplikasi apa saja yang akan membuat perangkat ini bergetar, mulai dari telepon hingga aplikasi seperti WhatsApp. 

Untuk fitur notifikasi, saya sengaja membatasinya hanya menjadi WhatsApp saja. Saya merasa, terlalu banyak notifikasi yang diaktifkan hanya akan membuat konsentrasi saya terganggu saat sedang beraktivitas.

Melalui aplikasi Funtastic Me, Anda juga dapat memasang "alarm" saat Anda telah lama tidak beraktivitas. Jadi, Fun akan bergetar setelah Anda tidak bergerak aktif selama durasi yang telah ditentukan.

Runtastic Moment Fun

Salah satu kelebihan produk ini adalah karena ia menggunakan baterai lithium, yang dapat bertahan selama hitungan bulan. Hal ini berarti, Anda tidak perlu repot-repot mengisi baterainya setiap hari. Meskipun begitu, Runtastic juga sudah memberikan obeng di kotak Moment Fun. Jadi, saat Anda perlu mengganti baterainya, Anda tidak perlu bingung mencari obeng yang sesuai.

Selama 2 minggu saya memakai Fun, waktu yang ditunjukkan akhirnya menjadi sedikit bergeser, 10 menit lebih lambat dari jam yang seharusnya. Jika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan kalibrasi via aplikasi Funtastic Me. Sayangnya, proses kalibrasi ini agak membingungkan.

Secara keseluruhan, saya merasa dengan harga Rp2,2 juta, fitur yang ada di Moment Fun terlalu sedikit. Ia memang memiliki desain yang menarik, tapi fungsi yang ditawarkannya sangat terbatas.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.