Review Laptop

HP Omen 15, Si Sangar nan Minmalis

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 24 Sep 2017 20:12 WIB
hpreview laptop
HP Omen 15, Si Sangar nan Minmalis
Tampak luar dari HP Omen 15, salah satu jajaran laptop gaming terbaru milik HP

Metrotvnews.com, Jakarta: Laptop gaming identik desain yang dari luarnya sudah terlihat bahwa laptop ini ditujukan untuk para gamers namun tidak begitu dengan laptop gaming buatan HP seri Omen 15, atau dengan nama lengkap Omen 15-ce086TX. Desainnya yang sedemikian rupa tetap memberi kesan minimalis.

Saya sendiri seorang yang mudah kepincut dengan tampilan visual laptop gaming, tetapi beberapa desain justru terlihat norak apabila saya pergunakan di tempat umum bahkan membuat laptop semakin tebal dan berat.

 

Desain

HP Omen 15 tampil desain pola saling silang atau X dengan motif metal brush dan aksen warna di beberapa bagian yang menjadi ciri khas dari HP Omen. Laptop gaming ini hadir dengan menggunakan material fiber carbon sehingga membuat bobotnya hanya 2,57kg dengan ketebalan 24,8mm.



Angka ketebalannya memang masih belum setipis laptop gaming lain, yang bisa mencapai kurang dari 20mm. Tetapi ketika digenggam dengan satu tangan, laptop ini terasa tidak terlalu berat. Ketebalan laptop ini tampaknya efek dari desain casing yang tidak terlalu heboh serta desain lubang kipas yang tidak berbaris di bagian belakang layar.

 

Fitur

Ketebalan yang masih terbilang tipis tersebut tampak masih muat untuk menaruh lubang port untuk berbagai konektivitas, seperti satu port HDMI, satu Mini Display port, 1 port ethernet, satu port Thunderbolt 3, dan tiga port USDB 3.1 yang menudukung fitur HP Sleep and Charge sehingga laptop ini berfungsi sbegaai powerbank. Tidak ketinggalan masih ada port untuk membaca SD card.

Pada HP Omen 15-ce086TX, lubang kipas berada di sisi kanan dan kiri belakang layar serta di permukaan bagian bawah laptop ini yang bisa dibuka sehingga bisa pengguna bisa membersihkan sendiri bagian kipas dan komponen lainnya dari laptop ini.

Pada sisi kanan dan kiri di bagian dalam ketika laptop dibuka, akan tampak lubang yang merupakan grill speaker hasil racikan Bang & Olufsen yang menghasilkan suara. Kemampuan audio HP Omen 15-ce086TX ini berpadu dengan layar 15,6 inci IPS beresolusi 1920 x1080 Full HD dengan sudut pandang yang lega membuat laptop ini menyajikan video dan audio yang sudah memuaskan.



Sebagai sebuah laptop gaming, tentu saja kehadiran fitur backlit pada keyboard sudah seharusnya hadir. Penggunaan backlit pada HP Omen 15-ce086TX seperti wajib dipergunakan setiap saat. Soalnya, karakter pada keyboard laptop ini dituliskan menggunakan warna merah dengan latar keyboard berwarna hitam sehingga sering sekali saya mengalami typo saat mengggunakannya.

Ada dua jenis mode backlit yang dihadirkan HP Omen 15-ce086TX, yaitu mode Dragon Red dengan backlit berwarna merah dan mode satu lagi yang hanya akan mengaktifkan backlit pada tombol WASD saja. Keyboard laptop hadir dengan ukuran yang lega dan nyaman dengan tombol panah full size sehingga tidak akan terjadi 'salah pencet'.
 

Performa

Masuk ke dapur pacunya, HP Omen 15-ceo086TX dibekali prosesor Intel Core i7-7700HQ berpadu RAM 16GB DDR4 dan ruang penyimpanan jenis SSD Nvme berkapasitas 256GB dan SSHD kapasitas 1TB. Untuk kartu grafis laptop ini dipergunakan NVIDA GTX 1050Ti dengan VRAM 4GB DDR5.



Berdasarkan pengujian yang dilakukan pada tiga jenis game berkelas AAA, yaitu The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of the Singularity, dan Ghost Recon: Wildlands laptop ini mampun berjalan di resolusi 1080p atau Full HD dengan rata-rata 24fps. Pada pengujian baterainya menggunakan aplikasi PCMark 8 mampu bertahan hingga 3 jam dalam penggunaan terus menerus.


Kesimpulan
HP Omen 15-ce086TX hadir sebagai sebuah laptop gaming dengan desain elegan dan sangat menegaskan bahwa penggunanya gamer. Anda dijamin tidak akan merasa menjadi pusat perhatian ketika menggunakannya di tempat umum.

Lewat sentuhan Bang & Olufsen di bagian audio serta kemampuan laptop ini untuk menjalankan game berkelas AAA setidaknya menjadi sebuah paket pengalaman laptop gaming yang utuh. Para gamer bisa bermain cukup mobile karena dari sisi bobotnya pun terbilang masih ringan sekali untuk sebuah laptop gaming, meskipun bukan yang paling ringan.

Dengan banderol harga Rp20 juta, saya rasa HP Omen 15-ce086TX sudah menawarkan kualitas dan kemampuan laptop gaming yang sepadan dengan harganya.
 
  HP Omen 15-ce086TX
Ukuran Layar  15,6 inci IPS (2560x1440 pixel)
Prosesor Intel Core i7-7700HQ
GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB
RAM 16GB
Penyimpanan  M.2 SSD 512GB + SSHD 1TB
Bobot 2,62 Kg
Harga Kisaran Rp20 juta
 
 

HP Omen 15-ce086TX

8

  • Desain minimalis dan bobot ringan
  • Layar besar
  • Audio memuaskan lewat sentuhan Bang & Olufsen
  • Lubang kipas di bagian bawah sehingga membuat permukaan keyboard terasa hangat
  • Keyboard gelap sehingga butuh backlit yang terus menerus menyala



(MMI)

Video /