Review HDD

Seagate Barracuda Pro 10TB, Besar dan Kencang di Kelasnya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 29 Mar 2018 17:59 WIB
seagatereview peripheral
Seagate Barracuda Pro 10TB, Besar dan Kencang di Kelasnya
Seagate Barracuda Pro 10TB.

Jakarta: Memilih perangkat keras penyimpanan untuk komputasi di saat ini, mungkin orang akan lebih memilih SSD.

Meskipun begitu, SSD masih memiliki beberapa kekurangan penggunana meskipun menyediakan kecepatan penyimpanan lebih baik. Pertama adalah kapasitasnya yang tidak hadir lebih besar ketimbang HDD. Kalaupun kapasitasnya besar, biasanya dibarengi harga yang jauh lebih mahal ketimbang HDD.

Seagate bukan pemain baru di industri HDD. Seagate memiliki beberapa lineup HDD, dan yang baru diperkenalkan adalah Seagate Barracuda Pro 10TB (ST 10000DM0004).

HDD ini hadir dengan mengusung form factor 3,5 inci dan memiliki desain tampilan layaknya HDD yang disimpan di dalam PC, bukan ala HDD eksternal. Perangkat ini untuk penggunaan di desktop.



Perangkat tersebut hadir dengan interface SATA 6Gb/s dan mampu bekerja dengan kecepatan putar pelat mencapai 7200RPM dengan laju data terus menerus hingga 250MB/s.

Dibekali dengan garansi hingga lima tahun, Seagate menyebutkan bahwa Barracuda Pro ini memiliki batas beban kerja mencapai 300TB per tahun. Jadi lifecycle perangkat ini terbilang cukup awet untuk sebuah HDD.

Tidak ketinggalan Seagte juga menyebutkan bahwa perangkatnya memiliki konsumsi daya yang rendah untuk form factor 3,5 inci. Seagate BarraCuda Pro oleh Seagate diklaim ditujukan untuk digunakan pada desktop berkinerja tinggi, aplikasi desktop profesional kreatif, dan game.

Berdasarkan pengujian menggunakan CrystalDiskMark, HDD Seagate Barracuda Pro 10 TB mampu menghasilkan kecepatan baca dan tulis di 162MB/s dan 160MB/s saat diuji menggunakan file berukuran 1GB yang dibagi dalam lima segmen.



Kemudian lewat pengujian untuk ekstraksi dan kompresi file berukuran 1GB yang berisi berragam jenis file, waktu yang dibutuhkan terbilang singkat. Untuk proses kompresi hanya dibutuhkan waktu 19 detik dan pada proses ekstraksi butuh waktu 9 detik saja.

Kesimpulan
HDD Seagate Barracuda Pro 10TB masih mampu menawarkan performa yang menjanjikan. Ini cocok bagi konsumen yang ingin memiliki perangkat penyimpanan yang berkapasitas besar.

Harga banderolnya sendiri mungkin masih terbilang mahal yakni Rp6 juta. Namun untuk kapasitasnya yang besar tentu harga tersebut terbilang menarik.

Perangkat ini cocok dianggap sebagai investasi bagi pengguna yang ingin menyimpan file sebanyak mungkin termasuk gamer, mengingat ukuran file game saat ini semakin besar.
 
 
 
Seagate Barracuda Pro 10TB
Plus
  • Kapasitas besar
  • Lifecycle yang tahan lama
  • Kecepatan yang cukup baik di kelasnya
Minus
  • Harganya cukup mahal



 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.