Review Motherboard

Aorus Z270X-GAMING 9, Fokus ke Fitur

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 03 May 2017 23:24 WIB
gigabytereview motherboard
Aorus Z270X-GAMING 9, Fokus ke Fitur
Aorus Z270X-GAMING 9

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa fitur yang kini sedang banyak dilirik oleh gamer ketika memilih produk gaming? RGB LED adalah salah satu jawabannya. Fitur ini memang tidak memberikan efek apapun dalam hal performa, dan tidak akan membuat game berjalan lebih lancar. 

Namun, keberadaan RGB LED bagi sebagian gamer adalah lebih ke arah dukungan moril. Mereka akan lebih bangga memiliki PC yang punya penampilan menarik dan berbeda dari orang lain meski masih menggunakan perangkat yang sama.

GIGABYTE adalah salah satu produsen hardware yang tampaknya sadar dengan hal tersebut. Melalui jajaran produk gaming barunya, Aorus menghadirkan beragam produk yang dilengkapi dengan fitur RGB LED melimpah, salah satunya adalah motherboard yang akan kami ulas saat ini yaitu Aorus Z270X-GAMING 9.



Sesuai dengan namanya, motherboard ini menempati posisi teratas di lini motherboard Intel Z270 dari Aorus. Sebagai salah satu produk premium, motherboard ini dilengkapi dengan baragam fitur kelas atas. Bahkan fitur RGB LED pada motherboard ini juga disajikan secara istimewa.

Tidak tanggung-tanggung, ada delapan mode tampilan RGB LED yang bisa dipilih oleh Anda di motherboard ini. Mode tampilan tersebut mulai dari Pulse, Magic, Static, hingga Wave dan Color Cycle. Anda juga bisa mengatur warna apa yang ingin ditampilkan.

Masih kurang puas? Gigabyte juga menyuguhkan aplikasi khusus bernama RGB Fusion App untuk perangkat Android dan iOS. Ya, melalui aplikasi ini, Anda bisa mengontrol tampilan RGB LED pada motherboard ini langsung dari ponsel.



Namun apakah hanya RGB LED yang jadi fitur andalan di motherboard ini? Tentu saja tidak.

Aorus Z270X-GAMING 9 juga hadir dengan beragam fitur dan teknologi premium yang telah menjadi ciri khas dari produk GIGABYTE. Salah satu fitur yang patut disorot adalah penggunaan pendingin khusus pada bagian VRM. Berbeda dengan sistem pendingin lain yang hanya berupa heatsink, Aorus Z270X-GAMING 9 menggunakan sistem pendingin hibrida untuk modul VRM-nya.

Sistem pendingin hibrida tersebut dirancang khusus oleh EK Waterblocks yang dikenal dengan produk sistem pendingin cairnya. Sistem pendingin hibrida tersebut memungkinkan Anda mendinginkan modul VRM melalui sistem pendingin cair. Cukup hubungkan saluran pendingin cair pada PC Anda ke heatsink khusus yang ada di motherboard ini dan modul VRM akan beroperasi lebih dingin.



Fitur selanjutnya yang paling kami suka adalah fitur Killer Network yang tertanam di motherboard ini. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen penggunaan bandwidth secara langsung. Keuntungannya adalah Anda bisa mengatur berapa bandwidth yang dialokasikan untuk setiap aplikasi, termasuk game yang sedang berjalan. Dengan demikian, game bisa berjalan lebih lencar dan tidak mengalami lag.

Terakhir dan seperti biasa, GIGABYTE menghadirkan fitur berupa komponen khusus yang membuat motherboard ini lebih tangguh. Beberapa di antaranya adalah lapisan pelindung khusus pada slot PCIe x16 dan slot RAM, serta penggunaan komponen Ultra Durable yang diklaim dapat membuat motherboard dapat bertahan lebih lama dalam pengoperasian ekstrem.

Bagaimana dengan performanya?

Setelah diuji dengan beberapa aplikasi pengujian sintesis seperti Cinebench R15 dan PCMark 8, Aorus Z270X-GAMING 9 ternyata tidak memiliki peningkatan performa yang signifikan dari saudaranya yaitu Aorus Z270X-GAMING 7. Skor keduanya hanya memiliki selisih yang tipis, meski pada akhirnya Aorus Z270X-GAMING 9 menang dari semua pengujian yang kami lakukan.



Kemampuan overclocking motherboard ini juga tergolong sangat baik dan kami berhasil meningkatkan performa Intel Core i7-7700K dari 4,2GHz ke 4,8GHz dengan cukup mudah. Selain itu, motherboard ini juga telah bisa mendukung penggunaan memori DDR4 berkecepatan hingga 3200MHz yang tentu sangat berguna jika Anda memang sangat peduli terhadap performa.

Kesimpulan

Jika dilihat dari segi performa, motherboard ini memang tidak berbeda jauh dari saudaranya yang level-nya berada di bawahnya. Menurut kami, performa bukanlah hal yang ingin ditekankan pada motherboard ini, melainkan fiturnya. Selain itu, motherboard ini adalah salah satu dari sedikit yang masih mendukung fitur Quad SLI dan CrossFire.

Fitur pada Aorus Z270X-GAMING 9 benar-benar menunjukkan motherboard ini memang layak disebut motherboard premium. Tentu saja sebagai motherboard premium, Anda juga harus rela merogoh kocek dompet lebih dalam untuk membawanya pulang.
 

Aorus Z270X-Gaming 9

  • Fitur sangat melimpah
  • Desain menarik
  • Dukung Quad SLI dan CrossFire
  • Performa tidak berbeda jauh dengan Z270X-Gaming 7
  • Jumlah port minim di panel belakang



(MMI)

Video /