Review Notebook

Lenovo IdeaPad 720s, Tipis dan Performa Oke

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 Jan 2019 11:01 WIB
lenovohardwarereview laptop
Lenovo IdeaPad 720s, Tipis dan Performa Oke
Lenovo IdeaPad 720s. (Medcom.id)

Jakarta: Saat ini, ada berbagai tuntutan yang membuat Anda bekerja dari luar kantor. Karena itu, banyak pekerja yang mulai mencari laptop dengan bodi tipis yang bisa mereka bawa kemana-mana.

Menyadari hal ini, para perusahaan pembuat laptop pun menyediakan laptop ultraslim. Salah satunya adalah Lenovo. 

Salah satu laptop ultraslim yang disediakan oleh perusahaan asal Tiongkok itu adalah IdeaPad 720s 13-ARR. Pada laptop ini, mereka menanamkan Ryzen 7 2700U dari AMD. Bagaimana performanya?

 

Desain

Mungil dan ringan. Itu dua hal yang pertama kali saya sadari ketika menggunakan Lenovo IdeaPad 720s. Dalam balutan warna Platinum Silver, IdeaPad 720s terlihat simpel dan elegan. Satu-satunya hiasan pada bagian belakang laptop adalah tulisan Lenovo berwarna perak. 

Meskipun berbodi kecil, IdeaPad 720s terkesan kokoh. Tidak heran, mengingat Lenovo menggunakan aluminium dan magnesium sebagai material pada belakang laptop. Meskipun begitu, bezel pada layar masih terbuat dari plastik, membuatnya terkadang terasa goyah. 



Untungnya, Lenovo membuat engsel IdeaPad 720s dapat memutar hingga 180 derajat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir engsel akan patah ketika layar laptop terdorong ke belakang. Laptop ini memiliki layar 13,3 inci. Namun, berkat bezel yang tipis, laptop buatan Lenovo itu akan terlihat layaknya laptop 12 inci. 

Laptop ini juga memiliki bodi tipis. Bagian tertebalnya hanya mencapai 1,36 cm. Selama menggunakan laptop ini, saya bisa membawanya menggunakan tas jinjing biasa dan bukannya tas khusus untuk membawa laptop.

Bobotnya pun hanya mencapai sekitar 1,1 kilogram. Jadi, membawa laptop ini berpergian bukanlah masalah. 



Sayangnya, bodi yang tipis berarti port yang tidak banyak. Pada sebelah kiri, Anda akan menemukan port USB 3.1 Type-C untuk mengisi baterai, satu port USB Type-A 3.1, dan satu port USB Type-C 3.1 lain. Kedua port Type-C bisa Anda gunakan sebagai DisplayPort. 

Sementara pada sisi kanan laptop, Anda akan menemukan satu port USB Type-A dan audio jack 3,5mm. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan slot SD card. 

 

Performa & Fitur

Lenovo menggunakan Ryzen 7 2700U dengan RAM 8GB untuk IdeaPad 720s. Untuk sekadar melakukan tugas sehari-hari, seperti menjelajah internet dan membuka aplikasi Office dan software kantoran lainnya. 

Seperti biasa, kami juga melakukan pengujian dengan benchmark. 

 
Pengujian PCMark 10  3DMark Cloud Gate 
Skor 2.584 7.255

Satu hal yang menarik, ketika kami melakukan pengujian dengan Cinebench, nilai benchmark pertama mencapai nilai 545. Namun, pada pengujian ketiga dan seterusnya, angka ini menurun menjadi sekitar 350-an. Ini menunjukkan bahwa IdeaPad 720s hanya dapat memanfaatkan performa terbaik prosesor hanya dalam waktu singkat. 

Untuk masalah kartu grafis, AMD Ryzen 7 2700U sudah hadir dengan kartu grafis terintegrasi Radeon RX Vega 10. Meskipun Lenovo membanggakan IdeaPad 720s sebagai laptop ultraslim dan tidak ditujukan untuk kalangan gamer, laptop tipis ini sudah cukup mumpuni untuk memainkan game mainstream seperti DOTA 2. 

Dengan pengaturan grafik yang paling rendah, dengan IdeaPad 720s, Anda dapat memainkan game DOTA 2 dengan rata-rata framerate sekitar 50 fps. Sementara jika Anda menaikkan pengaturan grafik pada pengaturan medium, framerate memang turun menjadi sekitar 30 fps. Angka itu masih ada di ambang batas yang memungkinkan bermain dengan lancar. 

Saat diuji dengan PC Mark untuk baterai, IdeaPad 720s dapat bertahan sekitar 4 jam. Mengingat benchmark merupakan simulasi untuk menggunakan laptop tanpa henti, ketika Anda menggunakan laptop di dunia nyata, maka baterai akan bertahan lebih lama. Untuk laptop dengan bodi yang kecil seperti IdeaPad 720s, daya tahan baterainya cukup memuaskan. 



IdeaPad 720s memang memiliki bodi yang mungil, tapi keyboard pada laptop ini cukup lega, jarak antara tombol tidak terlalu kecil, yang dapat membuat Anda kesulitan untuk mengetik.

Keyboard IdeaPad 720s juga sudah dilengkapi dengan backlight, memudahkan Anda untuk mengetik di tempat gelap. Selama menggunakan laptop ini, saya dapat mengetik dalam waktu lama dengan nyaman, tanpa masalah. 



Untuk fitur, Lenovo melengkapi IdeaPad 720s dengan sensor sidik jari. Sensor berbentuk persegi ini akan Anda temukan di sebelah kanan dari touchpad. Keberadaan sensor sidik jari akan memudahkan Anda untuk membuka kunci laptop. Anda tidak perlu untuk mengetik password atau PIN. Sebagai gantinya, Anda cukup meletakkan jari pada sensor sidik jari.




Kesimpulan
Jika Anda adalah orang yang sering bekerja di luar kantor, Lenovo IdeaPad 720s adalah salah satu laptop yang harus Anda pertimbangkan. Ia memiliki performa yang cukup baik dan baterainya pun dapat bertahan cukup lama. Dan yang paling penting, laptop ini memiliki bodi kecil, tipis, dan ringan, memudahkan Anda untuk membawanya berpergian. 

Seandainya Anda senang bermain game, IdeaPad 720s juga masih cukup tangguh untuk digunakan memainkan game kasual seperti DOTA 2. 

 
SPESIFIKASI Lenovo IdeaPad 720s-ARR (Ryzen 7)
Prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U
RAM 8GB
Memori Internal 512GB
Layar 13,3 inci IPS (1920 x 1080)
GPU Radeon RX Vega 10
Bobot Mulai dari 1.14 kg
Dimensi 30,59 x 21,38 x 1,36 cm
Harga Rp15.499.000
 
 
8
Lenovo IdeaPad 720s-ARR (Ryzen 5)
Plus
  • Bodi ramping dan ringan
  • Baterai awet
  • Mumpuni
Minus
  • Performa maksimal tidak bertahan lama
  • Tidak ada slot SD card



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.