Review VGA

Uji Zotac GTX 1070 Ti Mini, Si Kecil Cabe Rawit

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 08 Dec 2017 07:25 WIB
review kartu grafis
Uji Zotac GTX 1070 Ti Mini, Si Kecil Cabe Rawit
Zotac GTX 1070 Ti Mini

Jakarta: Salah satu "kejutan" NVIDIA di akhir tahun 2017 adalah mengumumkan kartu grafis GTX 1070 Ti. Menurut beberapa pengamat, kartu grafis ini merupakan reaksi terhadap AMD yang merilis kartu grafis RX Vega 56. Benarkah demikian?

Kali ini kami berkesempatan menguji salah satu kartu grafis GTX 1070 Ti versi after market, yaitu Zotac GTX 1070 Ti Mini. Performa kartu grafis ini akan menjawab apakah NVIDIA memang ingin menjegal RX Vega 56 melalui kartu grafis barunya kali ini.



Mungil

Sesuai dengan namanya, Zotac GTX 1070 Ti Mini memang memiliki ukuran yang sangat kecil untuk sebuah kartu grafis modern. Panjangnya kira-kira 2/3 panjang rata-rata kartu grafis kelas atas. Karena ukurannya yang sangat kecil, kartu grafis ini sangat cocok untuk digunakan di PC dengan form factor mungil seperti mATX atau mini ITX.

Meski mungil, kartu grafis ini memiliki sistem pendingin yang tergolong sangat mumpuni dan bisa menjaga suhu komponennya tetap rendah. Zotac GTX 1070 Ti Mini menggunakan dua kipas berukuran 80mm dan dukungan heatsink serta heatpipe yang terbuat dari tembaga. Kartu grafis ini juga sudah dilengkapi dengan backplate agar strukturnya lebih kokoh.



Yang menarik adalah konsumsi dayanya. Berbeda dengan pesaingnya yaitu Vega 56 yang membutuhkan daya besar, kartu grafis ini hanya memerlukan daya sebesar 180W yang disalurkan melalui satu konektor power 8-pin. Dengan demikian, ia sudah bisa beroperasi menggunakan power supply berdaya 500W.


Sangar

Jangan tertipu dengan kartu grafis ini. Meski kecil, Zotac GTX 1070 Ti Mini memiliki performa yang cukup sangar. Secara spesifikasi kartu grafis ini juga masuk ke dalam jajaran kartu grafis kelas atas. Ia bahkan sudah memiliki sertifikasi VR dari NVIDIA.

Didukung dengan memori GDDR5 8GB dan 2432 CUDA core, kartu grafis ini berjalan dengan base clock 1607MHz dan boost clock 1683MHz. Kartu grafis ini memang bukan versi overclock namun Anda masih bisa meningkatkan clock-nya menggunakan aplikasi pihak ketiga.



Dalam pengujian menggunakan 3DMark, kartu grafis ini berhasil menang dengan selisih poin cukup jauh dibandingkan dengan Vega 56. Secara otomatis, kartu garfis ini juga berhasil mencatat lompatan performa yang cukup signifikan dari GTX 1070.



Sementara di pengujian menggunakan game, Zotac GTX 1070 Ti Mini berhasil tampil dengan rata-rata framerate yang lebih baik di semua game pengujian kami. Hanya saja, selisihnya tidak signifikan seperti pada pengujian 3DMark dibandingkan dengan kompetitornya.

Kesimpulan

Dari seluruh pengujian yang telah dilakukan, bisa dipastikan bahwa GTX 1070 Ti merupakan upaya NVIDIA untuk menyaingi Vega 56. Hal tersebut terlihat dari performa yang dihadirkan. Di pengujian kami sebelumnya, Vega 56 terbukti memiliki performa yang lebih baik dari GTX 1070. 

Kali ini Vega 56 pun berhasil dikalahkan oleh GTX 1070 Ti. Dengan demikian, NVIDIA berhasil mempertahankan salah satu tahtanya di pasar kartu grafis kelas atas.



Secara khusus, kami juga sangat suka dengan Zotac GTX 1070 Ti Mini. Selain mungil, ia juga tergolong bertenaga dan mampu memainkan berbagai game AAA dengan kisaran framerate 60fps di resolusi 1080p dan pengaturan grafis maksimal. 

Di Indonesia, kami hanya menemukan kartu grafis ini dengan versi VRAM 11GB dan harganya cukup fantastius yaitu di kisaran Rp10,5 juta. Harga tersebut hampir menyaingi GTX 1080 yang dirilis tahun lalu.

Zotac GTX 1070 Ti Mini

  • Mungil
    + Performa kencang
    + Konsumsi daya rendah
     
  • Harga tergolong tinggi
     



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /