Review Motherboard

ASRock X470 Master SLI, Sudah Bertenaga Tanpa Dua VGA

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 29 Sep 2018 10:34 WIB
hardwareasrockreview motherboard
ASRock X470 Master SLI, Sudah Bertenaga Tanpa Dua VGA
ASRock X470 Master SLI.

Jakarta: Fitur SLI (Scalable LInk Interface) adalah teknologi yang dipopulerkan NVIDIA dengan penggunaan kartu grafis atau VGA hingga dua bahkan lebih dengan satu output pada sebuah sistem motherboard.

AMD sebagai kompetitor juga sebetulnya memiliki teknologi serupa bernama AMD Crossfire. Tujuannya tentu saja adalah untuk menyajikan performa pengolahan grafis yang sangat bisa dibanggakan sekaligus memenuhi kebutuhan profesional yang sangat akrab dengan kegiatan pengolahan grafis.

Hal ini turut mendorong munculnya motherboard yang mengusung embel fitur SLI, misalnya ASRock X470 Master SLI. Mengapa tidak dengan embel Crossfire? Medcom.id menduga lantaran pamor NVIDIA di pasar mungkin masih lebih tinggi dari AMD Radeon yang salah satunya terlihat dari harga unit VGA yang lebih mahal.

Mengingat harga VGA yang tengah mahal sebagai efek dari tren cryptomining, mungkin ada sebagian pengguna yang ingin berinvestasi lebih awal dengan memiliki motherboard yang sudah mendukung fitur SLI sebelum memiliki dua kartu grafis.



Bagaimana dengan performa yang ditawarkan ASRock X470 Master SLI? Sebelum berbicara lebih jauh, perlu diketahui bahwa motherboard ini memiliki satu saudara, X479 Master SLI/ac yang langsung memiliki fitur modem WiFi.

ASRock X470 Master SLI hadir dengan papan PCB yang solid dan terlihat kukuh dengan bagian belakang yang memiliki backplate. Hadir dengan tampilan warna monokrom (hitam, putih, abu-abu) beberapa bagian armor yang melekat berdesain seperti diamond cut.

Melihatnya saja Anda bisa menilai bahwa motherboard ini termasuk yang jadi jagoan ASRock. Namun, untuk soal gimmick seperti tampilan LED RGB motherboard ini langsung hadir dengan LED RGB yang mengitari komponen Southbridge, sementara Anda masih disediakan pin untuk LED strip.

Motherboard ini menyediakan soket AM4 yang mendukung prosesor AMD Generasi Ryzen 2 kedua maupun prosesor AMD seri lain yang sebelumnya. Di sini, penggemar prosesor besutan AMD tentu akan merasa dimanjakan.



ASRock X470 Master SLI memiliki 12 Power Phase. Pertama melihatnya Anda juga bisa dengan mudah menemukan motherboard ini mengusung ukuran ATX yang menyediakan empat slot kartu RAM dan dua slot untuk VGA sesuai dengan fiturnya, mendukung SLI dan Crossfire.

Empat slot kartu RAM motherboard ini mendukung fitur Dual Channel DDR4 yang menunjang kapasitas maksimal hingga 64GB dan mendukung performa overclocking (OC). Apabila menggunakan keluarga prosesor AMD Ryzen terbaru (Pinnacle Ridge), slot kartu RAM mampu mendukung frekuensi 3466Mhz dalam mode OC.

Pada slot VGA tersedia dua slot PCIe berdesain steel slot yang terdiri dua PCIe 3.0 x16 yang akan berjalan dalam mode x8 saat digunakan dalam mode fitur NVIDIA SLI dan AMD Crossfire. Motherboard ini juga masih mendukung integrated AMD Radeon Vega untuk prosesor Ryzen seri APU.

Bagaimana dengan opsi penyimpanan atau storage? ASRock X470 Master SLI menyediakan enam port SATA3 6.0 Gbps yang mendukung mode RAID. Tidak ketinggalan motherboard ini sudah menyediakan dukungan penggunanya satu slot Ultra M.2 dan satu slot M.2 SSD.



Fitur lainnya yakni dari sisi konektivitas seperti yang sudah disebutkan bahwa ASRock X470 Master SLI/ac hadir dengan modem WiFi built-in sementara untuk seri ini tidak. Hanya disediakan dukungan Gigabit LAN Intel pada port RJ-45 yang tersedia.

Panel I/O port dari motherboard ini juga tergolong lengkap. TErsedia satu port PS/2, satu port HDMI, satu port USB 3.1 Gen2 Type-A (10Gbps), satu port USB 3.1 Gen2 Type-C (10Gbps) dan enam port USB 3.1 Gen1. Tidak ketinggalan terdapat port audio yang mendukung 7.1 Channel Audio.

Bagaimana performanya?
Medcom.id kemudian melakukan pengujian menggunakan software benchmark yang menjadi standar untuk pengujian kami serta game kelas AAA dengan tingkat kualitas grafis rata kanan alias ultra.

Dalam pengujian kali ini kami tidak menjalakannya dalam mode SLI maupun Crosfire. Meskipun begitu, hasil pengujian ini bisa menjadi dasar tolok ukur performa bawaan dari ASRock X470 Master SLI dalam mode default atau tidak di overclocking bagi pengguna umum.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x 8GB)
VGA Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Logitech G903, Logitech G603
Keyboard Logitech G610 Orion, Logitech G13
Headset Logitech G430, Logitech G633


ASRock X470 Master SLI kami uji dengan memasang prosesor AMD Ryzen 7 2700X yang didukung sistem pendingin Noctua NH-U21S, RAM total 16GB Apacer Panther Rage 2400MHz dan kartu grafis ASUS ROG Strix Vega 64 8GB.

Dalam pengujian yang dilakukan Medcom.id tercatat ASRock X470 Master SLI berhasil menampilkan skor pengujian yang tergolong motherboard dengan skor tinggi di kelasnya.
 
PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R15 (Multi Core) Cinebench R15 (Single Core)
SKOR 5.782 17.691 1.689 172

Selanjutnya dalam pengujian untuk memainkan game ASRock X470 Master SLI berhasil menunjukkan performa terbaiknya saat bermodalkan satu kartu grafis saja. Tercatat dalam tiga game kelas yang kami mainkan untuk pengujian semuanya berhasil menembus framerate 50fps.



Kesimpulan
ASRock X470 Master SLI memang sejatinya ditujukan dengan menonjolkan fitur dukungan untuk menggunakan dua kartu grafis sekaligus. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk hanya menggunakan satu kartu grafis maupun menggunakan integrated GPU dari prosesor jenis APU.

Hal tersebut jelas memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk memilih motherboard ini sebagai modal awal apabila suatu hari ingin memiliki dua kartu grafis untuk digunakan.

Digunakan dengan satu kartu grafis saja performa ASRock X470 Master SLI terbukti tidak buruk. Bicara desain memang motherboard ini jauh dari gimmick LED RGB memukan ala motherboard gaming tapi performanya masih sangat pas untuk desktop gaming mumpuni.

I/O Port maupun slot untuk opsi penyimpanan data atau memori juga sangat lengkap. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan di internet ASRock X470 Master SLI dibanderol di rentang harga kurang dari Rp3 juta, sebetulnya terjangkau di kelas motherboard berfitur lengkap dan bertenaga.
 
 
ASRock X470 Master SLI
Plus
  • Desain material bagus
  • Kompatibel dengan seri varian prosesor AMD
  • Mendukung fitur SLI sekaligus Crossfire
  • I/O Port lengkap
  • Performa masih mumpuni tanpa SLI
Minus
  • Minim tampilan LED RGB
  • Harga agak tinggi

 


(MMI)

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan
Review Mouse Gaming

Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

2 days Ago

Roccat Kone AIMO digolongkan sebagai mouse gaming premium dengan fitur yang sangat pantas dimil…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.