Review Laptop

ASUS ROG G752VY, Super Kencang Meski Tidak Terlalu Portabel

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 15 Oct 2016 17:45 WIB
review laptop
ASUS ROG G752VY, Super Kencang Meski Tidak Terlalu Portabel
ASUS ROG G752VY

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu keunggulan laptop gaming adalah bentuknya yang lebih praktis dari PC, sehingga memungkinkan Anda untuk bermain game secara lebih fleksibel. Sayangnya, tidak semua laptop gaming memiliki bentuk yang cukup ringkas untuk dibawa bepergian. 

Beberapa laptop gaming seperti ASUS ROG STRIX GL502 dan MSI GS40 memang cukup ringkas untuk dibawa bepergian. Namun ada juga laptop seperti MSI GT72 2QE Dominator Pro yang memiliki bodi bongsor dan kurang portabel, meski performanya sangat hebat.



Berbeda dengan semua laptop gaming tersebut ASUS ROG G752VY berada di posisi tengah. Laptop ini memang tergolong tidak terlalu ringkas jika dibandingkan dengan ROG STRIX GL502, namun sebagai kompensasinya ia dilengkapi dengan sistem pendingin yang jauh lebih baik serta performa yang lebih bertenaga.

Tidak seperti produk ROG lainnya yang biasanya dibalut oleh bodi dengan kombinasi warna hitam-merah, ROG G752VY justru hadir dengan balutan warna silver dan emas. Desain bodinya juga masih sangat mirip dengan laptop ASUS ROG G751 yang cukup fenomenal, hanya saja ROG G752VY memiliki beberapa modifikasi pada tampilan terutama di bagian belakangnya yang merupakan tempat pembuangan udara panas.



ASUS ROG G752VY hadir dengan full-size keyboard dengan LED backlight. Secara layout, keyboard tersebut sangat mirip dengan ROG GL502V, namun ROG G752VY memiliki tepian keyboard yang lebih luas. Perbedaan lain pada keyboard di laptop gaming ini adalah adanya tombol makro yang bisa diatur dan diprogram melalui aplikasi khusus yang telah disediakan.

ASUS ROG G752VY juga memiliki lima buah port USB yang salah satu di antaranya merupakan USB 3.1 Type-C. Tentu saja keberadaan USB 3.1 Type-C tersebut akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki perangkat atau gadget tipe baru.  Untuk keluaran tampilan, ASUS menghadirkan opsi penggunaan pot HDMI dan Mini DisplayPort. 



Sementara untuk audio, ROG G752VY hadir dengan tiga buah port audio 3.5mm yang didukung oleh software khusus. Menariknya lagi, di dalam laptop gaming ini juga sudah ditanamkan fitur Sonic Radar yang memungkinkan Anda untuk mengetahui posisi musuh melalui antarmuka khusus, yang didapat dari hasil analisis suara di dalam game.

Sistem pendingin adalah salah satu nilai jual utama dari ROG G752VY. Didukung oleh dua buah kipas besar dan bertenaga, ROG G752VY dapat tetap menjaga suhu meski digunakan untuk menjalankan pekerjaan berat, seperti bermain game atau melakukan video editing. Ya, laptop ini sangat mumpuni untuk digunakan sebagai sarana video editing.



Bagaimana dengan performanya?

Ditenagai oleh prosesor prosesor Intel "Skylake" Core i7-6700HQ yang memiliki cache 6MB dan kecepatan 3,5GHz dan didukung oleh chip grafis NVIDIA GeForce GTX 980M dengan VRAM GDDR5 8GB, tentu saja laptop gaming ini bisa menjalankan seluruh game yang ada saat ini tanpa kompromi. Apalagi ia telah mendapatkan dukungan RAM DDR4 hingga 64GB.



Kami menguji laptop ini dengan berbagai macam game, mulai dari GTA V, The Witcher 3, The Division, hingga Ashes of The Singularity yang dikenal "rakus" dalam hal performa. Semuanya berjalan dengan sangat lancar dengan rata-rata framerate berkisar di 50-60fps. Perlu diketahui kami menguji di pengaturan grafis tertinggi.

Di pengujian sintesis, ROG G752VY juga terbukti mampu meraih skor yang tinggi. 3DMark Fire Strike berhasil berjalan dengan skor lebih dari 8000 poin. Sedangkan pengujian PCMark Creative Conventional berhasil diraih dengan skor hampir 4000 poin. 



ASUS ROG G752VY memang tidak memiliki baterai yang mampu bertahan lama seperti laptop saat ini pada umumnya, yaitu hanya sekitar 2 jam penggunaan saja. Namun hal tersebut cukup wajar mengingat hardware yang digunakan di laptop ini tergolong sangat tinggi dan semuanya membutuhkan konsumsi daya yang besar. 

Kesimpulan

Tidak bisa disangkal ASUS ROG G752VY adalah salah satu laptop gaming dengan performa terbaik yang ada saat ini. Tidak ada satupun game yang tidak bisa dimainkan di laptop gaming ini. Bahkan berbagai game terbaru masih bisa dimainkan dengan konfigurasi grafis terbaik dan dapat berjalan di performa yang sangat baik.

Minusnya, ROG G752VY memang sedikit bongsor. Namun ia masih bisa dibawa kemana-mana, hanya saja Anda membutuhkan tas yang cukup besar untuk membawanya. Halangan lainnya adalah adapter dari laptop gaming ini cukup besar dan berat, jadi Anda harus menyediakan ruang ektra untuk membawanya.

 
  ASUS ROG G752VY
Ukuran Layar  17,3 inci IPS (1920 x 1080 pixel)
Prosesor Intel "Skylake" Core i7-6700HQ 3,5GHz
GPU NVIDIA GeForce GTX 980M 8GB
RAM Up to 64GB 
Penyimpanan  2x PCIe SSD (256GB / 512GB) + 1TB HDD 
Dimensi 385 x 255 x 32,4mm
Baterai 8Cells 90 Wh
Harga Mulai dari Rp30.299.000
 

ASUS ROG G752VY

 

8,2

  • Performa kencang
  • Sisitem pendingin sangat bagus
  • Dukungan teknologi Sonic Radar
  • Masih kurang portabel



(MMI)