Review Peripheral

AOC G2460PF, Monitor Gaming Kaya Port

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 16 Mar 2016 18:40 WIB
review peripheral
AOC G2460PF, Monitor Gaming Kaya Port
AOC G2460PF Gaming Monitor

Metrotvnews.com, Jakarta: Monitor adalah sebuah perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah PC desktop. Terlebih lagi, PC tersebut merupakan PC yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming atau desain. Monitor merupakan salah satu perangkat yang pemilihannya harus dipertimbangkan dengan matang, karena akan berpengaruh langsung pada pengalaman penggunannya.

Hadirnya kebutuhan tersebut pun melahirkan berbagai monitor yang memang dirancang secara spesifik. Monitor gaming AOC G2460PF misalnya. Ia merupakan salah satu monitor yang dirancang khusus untuk kebutuhan bermain game yang hadir dengan berbagai teknologi serta fitur spesifik khusus untuk para gamer.



Teknologi AMD Freesync adalah salah satu teknologi gaming yang melekat di monitor gaming ini. Teknologi yang diciptakan oleh AMD tersebut memungkinkan tampilan gambar di game tidak memiliki efek stuttering dan screen tearing atau efek seakan gambar menjadi terbelah. Teknologi ini juga memungkinkan monitor bekerja dengan refresh rate yang tinggi, yaitu hingga 144Hz, sehingga game pun dapat berjalan hingga 144fps. Tentunya Anda harus menggunakan kartu grafis kelas atas untuk mencapai framerate setingkat tersebut.

Dari segi kualitas gambar, AOC G2460PF mampu menghadirkan gambar dengan cukup baik. Meski saya tidak melihat adanya kelebihan dari segi kualitas gambar, saya tidak protes dengan kualitas gambar yang disajikan oleh monitor ini.



Fitur yang paling saya suka dari AOC G2460PF adalah jumlah port yang banyak dan lengkap. Monitor gaming pada umumnya cenderung "rasis", dalam artian mereka biasanya hanya didukung oleh pilihan input dan output yang sangat terbatas. Misalnya, hanya menghadirkan DisplayPort sebagai sarana input.

Namun AOC G2460PF berbeda. Ia hadir dengan sederet port input yang sangat lengkap. Saya bahkan masih menemukan port D-SUB yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan di monitor gaming lainnya. Selain D-SUB, terdapat juga port DVI, HDMI, dan tentu saja DisplayPort. Keberadaan port tersebut membuat monitor ini dapat dijadikan sebagai investasi bagi Anda yang ingin melakukan upgrade PC secara bertahap.



Sebagai tambahannya, monitor ini juga dilengkapi dengan empat port USB yang terletak di bagian belakang dan samping bodinya. Selain itu, terdapat juga dua port audio 3.5mm untuk memudahkan penggunanya memasang headset atau sistem audio lainnya. AOC G2460PF juga memiliki speaker bulit-in jika Anda ingin menggunakannya.

Bodi AOC G2460PF juga sangat fleksibel. Layarnya dapat diputar hingga 90 derajat sehingga dapat digunakan dalam mode vertikal. Penopangnya juga dapat diputar dan memiliki fitur pengaturan ketinggian dan sudut layar.



Kekurangan monitor ini terletak di tombol pengaturannya. Tombol pengaturan AOC G2460PF terletak di bagian kanan bawah layar, seperti halnya kebanyakan monitor di pasar. Posisi tombol pengatiran ini bagi saya kurang nyaman, apalagi ketika saya mencoba untuk menjajal berbagai fitur melalui tombol tersebut.

Selain itu, saya juga sulit mengidentifikasi fungsi tombol pengaturan di monitor ini, apalagi dalam keadaan gelap karena tulisannya tidak terlihat.



Kesimpulan

AOC G2460PF merupakan monitor gaming dengan fitur yang cukup menarik. Selain memiliki performa gaming yang cukup mumpuni, monitor ini juga memilik pilihan input yang sangat lengkap, sehingga cocok untuk dijadikan investasi bagi yang ingin melakukan upgrade PC secara bertahap. Sayang, tombol konfigurasinya kurang nyaman.
 
  • Port sangat lengkap dan banyak
  • Respon kencang
  • Refresh rate tinggi
  • Tombol pengaturan kurang nyaman



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.