Review Peripheral

Logitech MK235, Solusi Keyboard dan Mouse Wireless Terjangkau

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 13 May 2016 23:56 WIB
review peripheral
Logitech MK235, Solusi Keyboard dan Mouse Wireless Terjangkau
Logitech MK235

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika biasanya kami mengulas perangkat gaming, kali ini giliran perangkat standar kantor dan rumahan yang akan dibahas, yaitu Logitech MK235. Ini merupakan paket keyboard serta mouse wireless dari Logitech. Artinya, dua perangkat ini hanya memiliki satu pemancar dalam penggunaannya.

Keyboard pada Logitech MK235 memiliki desain "khas" kantoran. Keyboard full format ini hadir dengan bodi plastik berwarna abu-abu. Bobotnya juga sangat ringan dan keseluruhan bodinya tidak terlalu tebal. Terdapat juga penyangga yang bisa dilipat di bagian bawahnya agar penggunanya bisa lebih nyaman ketika mengetik di atas meja.



Untuk sebuah keyboard kantor atau rumahan, keyboard Logitech MK235 cukup lengkap fungsinya. Di deretan tombol functions, keyboard ini memiliki fungsi tambahan yang bisa diakses sambil menekan tombol Fn. Beberapa fungsi tambahan tersebut adalah fungsi seperti menaikkan dan menurunkan volume suara, membuka aplikasi multimedia, hingga membuka aplikasi kalkulator.

Tombol pada keyboard ini juga didesain cukup nyaman. Tombolnya memang hadir sangat berdempetan, namun setiap tombol memiliki permukaan yang lebar, sehingga tingkat akurasi pengetikannya masih tinggi. Keyboard ini juga menggunakan dua baterai AAA untuk tenaganya. Sayangnya, bahan plastik pada bodinya terasa ringkih, meski desain strukturnya memang sudah terlihat kokoh.



Sementara itu, mouse wireless yang terdapat di Logitech MK235 sama dengan Logitech M170. Jika tidak percaya, Anda bisa lihat sisi belakangnya. Mouse ini menggunakan sebuah baterai AA untuk tenaganya dan memiliki bentuk bodi cukup ergonomis. Namun bagi saya, mouse ini terasa terlalu pendek hingga bagian telapak tangan saya tidak bisa menyentuh punggung mouse ini. Ia juga hanya dilengkapi tiga tombol dan sebuah roda scroll.



Menariknya, mouse dan keyboard ini memiliki respon yang cukup baik di kelasnya. Saat dijajal untuk bermain game, mouse ini juga masiih nyaman. Namun, tentu saja performa gaming saya tidak maksimal karena bermain game sejatinya memang menggunakan perangkat gaming seperti mouse Logitech G502 Proteus Spectrum.

Kesimpulan

Logitech MK235 merupakan paket kombinasi yang praktis, nyaman, serta terjangkau bagi Anda yang ingin menggunakan perangkat wireless untuk PC di kantor atau rumah. Desainnya cukup ergonomis dan penggunaannya tidak memerlukan instalasi tambahan. Satu-satunya kekurangannya adalah bahan plastiknya tergolong ringkih, namun perlu dimaklumi karena ia bukan merupakan perangkat premium dengan harga selangit.
 

Logitech MK235

 

8,5

  • Harga terjangkau
  • Cukup nyaman dan ergonomis
  • Material ringkih



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.