Review Motherboard

ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6, Menarik Berkat Harga

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 25 Sep 2017 08:43 WIB
review motherboard
ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6, Menarik Berkat Harga
ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6

Metrotvnews.com, Jakarta: Saya sudah mengulas satu motherboard X299, yaitu AORUS X299 GAMING 9. Kali ini giliran pesaingnya, yaitu ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6. Sesuai dengan namanya, motherboard ini merupakan bagian dari keluarga motherboard gaming Fatal1ty dari ASRock. Beberapa variannya bahkan sudah sering diulas di Metrotvnews.com.

Berbeda jauh dengan AORUS X299 GAMING 9 yang dibahas kemarin, motherboard ini justu tampil secara "low profile". Hiasannya tidak mewah, dan hanya dibalut dengan warna hitam dan sedikit kombinasi warna silver serta merah. Satu-satunya RGB LED yang ada di motherboard ini terdapat di bagian heatsink chipset-nya.



ASRock juga masih menghadirkan fitur yang cukup lengkap untuk pengguna motherboard ini meski tidak semewah motherboard AORUS pesaingnya. Fatal1ty X299 GAMING K6 dilengkapi dengan delapan slot RAM DDR4 yang mendukung kecepatan hingga 4400MHz dan masih bisa ditingkatkan melalui overclocking.

Selain itu, motherboard ini hadir dengan empat slot PCIe x16 sehingga Anda bisa memasang kartu grafis ganda melalui teknologi SLI atau CrossFireX. Tiga di antara slot PCIe x16 tersebut dilapisi pelindung khusus, sedangkan satu lagi tidak. 



Satu keunggulan yang membedakan motherboard ini dibanding motherboard AORUS yang menjadi pesaingnya adalah keberadaan slot PCIe x1. Ya, Fatal1ty X299 GAMING K6 masih memungkinkan Anda untuk memasang berbagai perangkat yang menggunakan slot PCIe x1. Hal tersebut wajar mengingat ia tidak memiliki fitur selengkap yang ditawarkan motherboard sekelas AORUS X299 GAMING 9.

Untuk urusan penyimpanan, motherboard ini mengandalkan tiga slot M.2 dan 8 port SATA3. Khusus untuk port SATA, motherboard ini mendukung teknologi RAID 0, RAID 1, RAID 5, dan RAID 10. Sementara untuk urusan konektivitas, Fatal1ty X299 GAMING K6 memang tidak tergolong sangat lengkap, tetapi sudah mumpuni.



Ia memiliki dua port ethernet yang menggunakan controller Intel Gigabit LAN. Fatal1ty X299 GAMING K6 juga memiliki port USB 3.1 di panel belakangnya, salah satu port bahkan sudah menggunakan USB Type-C. Sisanya, Anda bisa menemukan port USB 3.0, USB 2.0, serta PS/2.

Bagi overclocker, ASRock menyediakan fasilitas berupa tombol khusus untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke semula. Selain itu motherboard ini juga sudah dilengkapi dengan lampu indikator BIOS sehingga Anda bisa mendeteksi kesalahan pengaturan BIOS secara langsung. Fatal1ty X299 GAMING K6 juga memiliki 11-phase power design untuk menunjang kegiatan overclocking.


Performanya?

Jika telah membaca ulasan saya mengenai motherboard AORUS AX299 GAMING 9 kemarin, seharusnya Anda tahu seberapa kencang motherboard ini. Ya, secara performa Fatal1ty X299 GAMING K6 memang masih di bawah pesaingnya tersebut. Hal yang mengejutkan adalah perbedaan performanya tidak terlalu signifikan, baik di pengujian sintesis, maupun pengujian game.

Berikut adalah grafik hasil pengujiannya:




Kesimpulan


ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6 memang tidak semewah salah satu pesaingnya yang diulas kemarin. Namun, bukan berarti motherboard ini tidak pantas dimiliki. Ia justru memiliki kelebihan dari segi harga yang dibanderol jauh lebih murah, yaitu hanya Rp5,1 juta. Selisihnya dengan AORUS X299 GAMING 9 mencapai lebih dari Rp3 juta dan menurut kami hal tersebut sangat layak dipertimbangkan.

Diibaratkan, AORUS X299 GAMING 9 merupakan motherboard yang menawarkan solusi lengkap untuk penggunanya. Sementara Fatal1ty X299 GAMING K6 menawarkan solusi optimal dengan harga yang lebih terjangkau.
 

ASRock Fatal1ty X299 GAMING K6

  • Fitur mumpuni
  • Harga lebih terjangkau
  • Performa standar



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.